Tidak perlu melakukan make over bahkan operasi plastik dengan risiko kesehatan yang besar untuk mengubah penampilan dan membuat orang lain tertarik dengan diri Anda.

Coba lakukan beberapa hal berikut ini dan buktikan sendiri, orang-orang di sekitar Anda akan memperhatikan Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Perhatian Orang Lain = Menentukan Masa Depan Kesuksesan

Tahukah Anda bahwa keberhasilan jangka panjang, salah satunya ditentukan oleh ketertarikan dan perhatian orang lain terhadap Anda?

Misalnya, jika atasan tidak tertarik dan memperhatikan kinerja Anda, bagaimana Anda bisa meyakinkannya akan ide-ide cemerlang, bahkan promosi kenaikan jabatan pun akan sulit Anda dapatkan.

Selain itu, jika anggota tim tidak memperhatikan Anda, bagaimana Anda dapat memengaruhi mereka untuk sampai pada tujuan yang ingin dicapai?

Di sisi lain, jika klien tidak menangkap perhatian Anda, bagaimana Anda bisa menjalankan bisnis Anda tetap langgeng?

Demikian juga dalam upaya mencari pasangan bagi Anda yang masih belum mendapatkannya.

Tahukah Anda bahwa salah satu yang membuat orang lain tertarik untuk menjadi pasangan adalah sebuah kemapanan dalam hal finansial?

Miliki kemapanan finansial dari sekarang dengan mengelola keuangan dengan baik melalui E-Book Panduan Mengelola Keuangan yang dapat Anda unduh secara gratis dari Finansialku berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Perhatian dan ketertarikan dari orang lain juga menentukan keberhasilan seseorang.

“Attention is the most important currency that anybody can give you,” Steve Rubel of Edelman

 

“Perhatian adalah mata uang paling penting yang dapat diberikan siapa pun kepada Anda,” Steve Rubel dari Edelman

 

Menurut Steve Rubel, perhatian adalah sesuatu yang sangat berharga melebihi uang bahkan harta benda yang mahal sekalipun.

Tetapi sangat sedikit orang yang tahu ilmu di balik memikat dan mendapat perhatian dari orang lain.

Tertarik-Dengan-Diri-02-Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Bagaimana Orang Sukses Menanggapi Permasalahan?]

 

Berangkat dari keingintahuannya, Ben Parr seorang penulis Captivology: The Science of Capturing People’s Attention (HarperOne, 2015) menghabiskan waktu setidaknya dua tahun untuk meneliti sebuah subjek untuk buku barunya.

Ben Parr menyaring lebih dari 1.000 studi psikologi, neurologi, ekonomi, dan sosiologi. Ia juga mewawancarai lusinan peneliti terkemuka dan para pemimpin dunia yang menarik perhatian, termasuk diantaranya Sheryl Sandberg, Steven Soderbergh, dan David Copperfield.

Selain itu, Ben Parr juga mendapat pengalaman dengan startup, baik sebagai Co-Editor of Mashable dan seorang kapitalis ventura.

 

Kenali 7 Cara Menarik Perhatian Orang Lain

Melalui penelitiannya itu, Ben Parr menemukan setidaknya ada 7 hal yang dapat memicu ketertarikan dan perhatian orang lain.

#1 Automaticity – Perhatian Secara Otomatis

Ben Parr menggambarkan layaknya ketika seseorang menembakkan pistol ke udara. Apa yang akan Anda lakukan?

Tentu Anda akan memutar kepala Anda dan mencari sumber bunyi tersebut, atau menundukkan kepala Anda.

Secara otomatis tentu Anda akan melakukannya tanpa ada yang memberi instruksi atau arahan. Isyarat sensorik seperti ini mengarahkan perhatian kita secara otomatis.

Keadaan seperti gambaran di atas adalah sebuah mekanisme keselamatan dan kelangsungan hidup yang membantu kita bereaksi lebih cepat daripada yang dapat dipikirkan oleh otak kita.

Untuk memikat perhatian dan ketertarikan orang lain, Ben Parr dalam hal ini tidak menyarankan Anda berbicara lebih keras daripada orang lain atau mengenakan gaun merah atau mungkin kaus kaki yang membius perhatian orang.

Namun, pikirkan cara yang lebih halus untuk “bermain” dengan naluri manusia untuk menarik perhatian.

Misalnya, cobalah memberi klien Anda secangkir kopi atau teh panas. Sebuah studi yang diterbitkan di Science menemukan bahwa cara yang memberikan kehangatan semacam itu membuat mereka memberi apa yang Anda mau dan bersikap lebih ramah.

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Kesejahteraan hidup merupakan salah satu daya tarik tersendiri kepada orang lain, lho.

Ketika taraf hidup Anda meningkat dan semakin sejahtera, tentu orang-orang di sekitar Anda, terutama orang-orang yang Anda kenal secara otomatis akan memberi perhatian lebih tentang bagaimana cara Anda bisa hidup semakin mapan dan sejahtera.

Miliki kehidupan finansial yang mapan dan semakin sejahtera dengan membiasakan diri mencatat setiap arus keuangan sehari-hari dengan bantuan Aplikasi Finansialku yang memudahkan Anda dalam pencatatan keuangan melalui gadget pintar Anda.

Cek juga kesehatan keuangan pribadi dengan Aplikasi Finansialku.

 

#2 Framing – Perhatian Secara “Pembingkaian”

Pandangan kita tentang dunia dibentuk oleh pengalaman biologis, sosial, pribadi kita, dan bias (bias secara kognitif adalah kesalahan dalam berpikir, menilai, mengingat, atau proses kognitif).

Kerangka acuan ini menuntun kita untuk merangkul dan memperhatikan beberapa gagasan dan mengabaikan yang lain secara keseluruhan.

5 Hal Menarik yang Harus Diketahui Investor Milenial yang Mulai Berinvestasi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Bong Chandra: “Insting Terbentuk dari Beberapa Kali Kesalahan” Baca 40 Kata Bijak Lainnya]

 

Untuk memanfaatkan pemicu ini, Ben Parr menganjurkan bahwa Anda harus beradaptasi dengan bingkai audien (orang lain) atau mengubahnya.

Sebuah teknik yang disarankan oleh Ben Parr adalah teknik pengulangan agar orang lain menangkap perhatian Anda.

Sebuah studi klasik dari tahun 1970-an menemukan bahwa jika Anda mengekspos subjek ke pernyataan yang sama berulang kali, mereka akan mulai percaya bahwa itu benar.

Jadi jangan takut untuk mengulang pesan jika Anda ingin pesan itu masuk, membuat orang lain percaya kepada Anda, dan mendapatkan perhatian mereka.

 

#3 Disruption – Perhatian yang Didapat Karena Adanya “Gangguan”

Kita tentu akan memberi perhatian khusus pada apa pun yang mengganggu harapan kita. Hal ini terjadi karena kita memiliki kebutuhan bawaan untuk mengetahui apakah insiden atau gangguan itu menandakan ancaman atau sebuah hal yang positif.

Di kalangan akademisi, ini dikenal sebagai teori pelanggaran harapan (expectancy violations theory).

Semakin besar sebuah gangguan, maka akan semakin besar pula perhatian dan ketertarikan terhadap gangguan itu.

Ini Dia Cara Berpenampilan Menarik Meski Keuangan Terbatas 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mari Melihat King Auto Interior, Bagian dari King Auto Grup yang Meraja di Bisnis Otomotif]

 

Untuk mendapatkan perhatian atasan, klien, dan kolega Anda, cobalah “mengejutkan” mereka dengan gangguan yang positif, misalnya dengan mengajukan pertanyaan yang tidak terduga yang membuat ketertarikan klien.

Anda bisa membuat atasan Anda memperhatikan Anda dengan menyelesaikan tugas sebelum deadline atau tenggat waktu. Ini akan meningkatkan ketertarikan atasan Anda atas hasil kinerja Anda yang positif.

Buat kolega Anda memberi perhatian khusus kepada Anda dengan bekerja secara “do the extra miles

Namun, untuk mendapat perhatian jangka panjang, bunga bank saja ternyata tidak cukup untuk membuat kelangsungan kehidupan finansial Anda menjadi terjamin.

Investasi adalah sebuah kendaraan yang mampu menghantarkan kita masuk dan mengalami kebebasan finansial.

Tak perlu modal besar untuk memulai investasi Anda, cukup dengan Rp100 ribu saja, Anda bisa memulai perjalanan merajut masa depan finansial yang gemilang melalui investasi Reksa Dana.

Segera download E-Book gratis Panduan Cara Berinvestasi Reksa Dana dari Finansialku dan nikmati masa-masa bahagia bersama pasangan dengan hari tua yang sudah terjamin secara finansial dari sekarang.

 

#4 Reward – Perhatian Melalui “Penghargaan atau Hadiah”

Banyak orang percaya bahwa neurotransmitter dopamine menyebabkan kita merasakan kenikmatan.

Tapi, menurut Dr. Kent Berridge dari University of Michigan, neurotransmitter dopamine jauh lebih selaras dengan sebuah antisipasi dan motivasi.

Dengan adanya hormon neurotransmitter dopamine keinginan kita akan terdorong untuk “menginginkan” berbagai hal yang kita mau, seperti makanan, seks, uang atau lebih banyak penghargaan secara intrinsik seperti kepuasan diri dan rasa puas akan tujuan yang tercapai.

Keinginan untuk mendapatkan semua hal tersebut di atas (semua hal yang ingin dimiliki) akan membuat kita semakin memberi perhatian.

6 Strategi Ampuh Menjadi Affiliate Marketer yang Sukses 02 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

Tujuan Anda haruslah untuk mengidentifikasi hal-hal yang paling menarik bagi karyawan, kolega, dan atasan Anda. Tentu saja ada akhirnya adalah perhatian yang dapat Anda ambil dari mereka.  

Hadiah yang bisa kita sentuh, pengalaman, atau bahkan hanya memvisualisasikan saja dapat memberikan dampak yang lebih besar pada perhatian kita.

Anda bisa memikat perhatian tim Anda dengan memberikan hadiah liburan bagi setiap anggota tim yang bisa mencapai target kerja, atau setidaknya penghargaan berupa sebuah gadget baru setelah berakhirnya sebuah proyek sukses yang dilakukan bersama.

 

#5 Reputation – Perhatian Melalui Adanya “Reputasi”

Suatu ketika dalam sebuah argumentasi Steven dan Albi mengenai jajan makanan sembarangan.

Steven mengemukakan tentang bahwa kesehatan yang akan diderita oleh orang yang jajan dengan sembarang dengan mengutip beberapa fakta yang ia ambil dari para ahli gizi dan kesehatan.

Mendengar setiap pernyataan yang diberikan, hal ini membuat Albi merasa bahwa ia harus mengikuti saran Steven berdasarkan setiap paparan fakta yang telah ia jabarkan.

Tahukah Anda, bahwa orang-orang akan tertarik kepada kita dalam sebuah percakapan ketika kita mengetahui hal-hal penting berdasarkan fakta yang diambil dari para ahli.

Ada alasan ilmiah mengenai hal ini.

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Dalam sebuah penelitian di tahun 2009, seorang Neuro-economist dari Neore-econom Emory University bernama Greg Berns menemukan bahwa pusat pengambilan keputusan di otak kita akan bekerja lambat atau bahkan mati ketika kita menerima saran dari seorang ahli atau ungkapan beberapa fakta dari mereka.

Dr. Robert Cialdini menyebut hal ini sebagai “penghormatan yang diarahkan” (directed deference).  

Jadi, ketika Anda akan mencoba untuk menangkap perhatian orang lain dalam sebuah pembicaran, jangan ragu untuk memimpin sebuah percakapan (bukan mendominasi) dan  membangun keahlian Anda dalam berkomunikasi dengan mengutip kata-kata fakta dari orang lain yang paling berpengetahuan tentang topik yang sedang Anda bahas.

 

#6 Mystery – Mendapat Perhatian dari Sebuah “Misteri”

Di sebuah malam, Darren, seorang anak berusia 10 tahun sedang mendengarkan cerita dari ayahnya mengenai sebuah misteri yang pernah dialami oleh sang ayah.

Ayah Darren membuat kisah pengalamannya sebagai sebuah bunga tidur bagi anaknya, sekaligus menutup kisah “to be continued” nya malam itu dengan sebuah tugas untuk Darrean agar ia dapat mendapatkan nilai “A” saat tes matematika pada esok hari.

Jika Darren mendapatkan nilai tersebut, sang ayah akan melanjutkan ceritanya pada malam itu di malam berikutnya.

Cerita tersebut tentu membuat Darren tak sabar untuk mendengar cerita selanjutnya, ditambah lagi ia harus menantang diri mendapatkan nilai “A” dan membuktkan pada ayahnya bahwa ia layak mendengar cerita selanjutnya.

KosKost - Finansialku

 

[Baca Juga: Apakah Edukasi Keuangan di Tempat Kerja Dapat Meningkatkan Employee Engagement?]

 

Pernahkah Anda begitu tidak sabar untuk menonton kelanjutan dari sebuah film yang paling Anda sukai atau film yang paling booming seperti Avenger “Infinity War” dan berbagai film kesukaan Anda.

Ada begitu banyak pertanyaan dan ingin segera mendapatkan jawabannya.

Tahukah Anda bahwa ingatan kita sebenarnya bekerja dengan sangat baik ketika mengingat cerita dan tugas yang tidak lengkap atau masih berupa misteri yang belum terungkap.

Secara ilmiah, ini disebut sebagai efek Zeigarnik (Zeigarnik effect). Nama ini diambil dari psikolog Soviet yang menemukan studi ilmiah ini.

Sebuah misteri dan pertanyaan yang ditimbulkan dalam pikiran akan mampu menyedot perhatian orang lain.

Ide ini bisa Anda gunakan ketika bertemu dengan klien baru. Anda bisa membuatnya untuk datang di pertemuan kedua dengan Anda dengan sebuah “tugas yang berlum terselesaikan” atau “pertanyaan yang belum terjawab”.

Mereka akan mendapat atensi atau perhatian dari Anda dengan datang di pertemuan kedua demi mengobati keingintahuan mereka dengan mendapatkan jawabannya dari Anda.

 

#7 Acknowledgement – Mendapat Perhatian dengan Memberikan “Pengakuan”

Thomas de Zengotita, seorang antropolog media dan penulis dari Mediated, ia percaya bahwa sebuah acknowledgement atau pengakuan (kebutuhan kita untuk validasi dan empati dari orang lain) adalah salah satu kebutuhan paling penting bagi umat manusia.

Dengan kata lain, kebutuhan akan sebuah pengakuan yang dapat meningkatkan self-esteem atau rasa penghargaan atas diri sendiri.

“Only human beings need acknowledgment.” – Thomas de Zengotita

 

Semua manusia membutuhkan sebuah perhatian.

 

Hanya manusia yang membutuhkan pengakuan. Kebutuhan akan pengakuan akan terpenuhi ketika seseorang memiliki komunitas yang peduli tentang perkembangan setiap orang yang ada dalam komunitas.

Ciptakan rasa peduli terhadap orang lain dalam sebuah komunitas yang positif, maka orang tersebut akan membalas Anda dengan perhatian.

Cara Mengatasi Stres Untuk Ibu Rumah Tangga Selama Pandemi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Buktikan! 7 Tips Mengajukan KPR Supaya Pengajuan Anda Segera Diterima Bank]

 

Tahukah Anda bahwa Finansialku memiliki komunitas positif di mana para anggota di dalamnya selalu ingin bertukar pikiran tentang pengetahuan tentang mengelola keuangan yang benar.

Mari bergabung dengan Komunitas Finansialku untuk mengembangkan pengetahunan tentang pentingnya pengelolaan keuangan yang juga dipandu oleh Konsultan Perencana Keuangan Profesional. 

 

Dapatkan Perhatian dengan Memberi Perhatian kepada Orang Lain

Siapa yang tidak ingin diperhatikan?

Setiap orang, termasuk Anda dan saya tentu ingin mendapatkan perhatian dari orang lain.

Selain meningkatkan penghargaan atas diri atau selfesteem, perhatian dari orang lain dapat memberikan motivasi kepada kita untuk semakin sukses dan berhasil.

 

Apakah Anda memiliki tips lain mengenai cara mendapatkan ketertarikan dan perhatian dari orang lain? Berikan tanggapan, ide, dan komentar Anda pada kolom yang tersedia di bawah ini. Siapa tahu opini Anda dapat memberikan sumbangsih positif bagi orang lain.

 

Sumber Referensi:

  • Ben Parr. 3 Maret 2015. 7 Ways to Capture Someone’s Attention. Hbr.org. https://goo.gl/Gb86u6
  • World Economic Forum – Richard Feloni. 19 Maret 2015. 7 Scientifically Proven Ways To Capture Someone’s Attention. Weforum.org – https://goo.gl/cJejCv
  • Randall Trani. 29 Desember 2015. 6 Scientific Ways to Catch Someone’s Attention. Govexec.com – https://goo.gl/WhjjYX
  • Richard Feloni. 18 Maret 2015. 7 scientifically proven ways to capture someone’s attentionBusinessinsider.com – https://goo.gl/u8xAMe

 

Sumber Gambar:

  • Tertarik Dengan Diri 1 – https://goo.gl/GwgW78
  • Tertarik Dengan Diri 2 – https://goo.gl/fwnVmj