Bagaimana langkah pencegahan bunuh diri yang benar? Ternyata, peran orang sekitar sangat penting untuk menyelamatkan mental seseorang.

Kenali pencegahan dan ulasan lengkapnya dalam artikel Finansialku berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pencegahan Bunuh Diri yang Harus Dilakukan Secara Masif

Pencegahan bunuh diri harus diperhatikan. Kini persaingan ekonomi semakin ketat dari tahun ke tahun. Beban masyarakat semakin berat. Belum lagi tuntutan kebutuhan yang tinggi.

Terkadang pemasukan keuangan tidak seimbang dengan jumlah pengeluaran. Tidak jarang orang mengalami stres karena persoalan hal tersebut. Fenomena bunuh diri di Indonesia setiap tahun masih terus ditemui.

 

Gerakkan Komunitas Cegah Bunuh Diri Secara Optimal dan Serius

Terdapat berbagai komunitas di Indonesia yang bertujuan mencegah masyarakat untuk menyakiti dan membunuh diri sendiri. Tingginya tingkat bunuh diri di Indonesia membuat keprihatinan bangsa.

Komunitas cegah bunuh diri tersebut diantaranya, Into The Light, LSM Jangan Bunuh Diri, Get Happy, KPSI dan lain sebagainya. Komunitas tersebut berupaya untuk mengubah pandangan masyarakat terhadap mental illness.

WASPADA! Ini 5 Langkah Pencegahan Bunuh Diri 02

[Baca Juga: Para Karyawan, Waspada Tentang 6 Hal ini Agar Tetap Semangat Kerja Di Perusahaan]

 

Salah satu trik dari komunitas ini dengan memberikan pendampingan pada orang terdekat yang mengalami gangguan mental. Layanannya membuka sesi curhat. Semua komunitas tersebut bisa dihubungi untuk memberikan ketenangan jiwa.

 

Cara Pencegahan Bunuh Diri

Pencegahan bunuh diri harus dilakukan. Terdapat berbagai cara untuk mencegah bunuh diri yang bisa diketahui yaitu sebagai berikut.

 

#1 Mengenali Peringatan Bunuh Diri

Sebenarnya seseorang yang ingin mengambil keputusan untuk mengakhiri hidupnya itu terdapat pertanda sebelumnya. Biasanya orang yang ingin mengakhiri hidupnya itu sedang dalam kondisi pikiran stres.

Jiwa yang tidak menentu karena adanya masalah yang tidak kunjung selesai. Ketertekanan jiwa terjadi karena merasa adanya suatu masalah yang tidak ada jalan keluarkan, sedangkan terdapat tuntutan lain yang harus dipenuhi.

Orang yang sedang mengalami kegoncangan jiwa biasanya sering melamun dan merasa tidak memiliki tujuan hidup. Ekspresi pun juga tampak sangat gelisah.

 

#2 Dekati dan Bersedia Menjadi Teman Curhat

Dekati dengan kehangatan, jadilah teman curhat yang bijak. Secara psikologi mencurahkan ketertekanan dapat memperingan beban jiwa.

Sebaliknya, jika ketertekanan terpendam membuat jiwa tidak stabil, cepat marah, bahkan tega menyakiti dirinya sendiri. Kenali terlebih dahulu bagaimana perasaannya.

Janganlah terburu untuk memberikan nasihat, apalagi membanding kan atau menyalahkannya.

 

#3 Jadilah Teman yang Memberikan Rasa Aman

Peka terhadap keadaan perasaan seseorang ini sangat penting. Jika mengetahui pertanda tersebut, terutama bagi keluarga harus menciptakan suasana yang nyaman.

Berikan sugesti bahwa masalah bisa diselesaikan hanya saja persoalan waktu saja. Semua masalah diri orang tersebut bisa dipikul dengan banyak orang.

 

#4 Hindarkan Semua Barang yang Bisa Digunakan untuk Melukai Diri

Barang yang terdapat di rumah banyak yang bisa disalahgunakan untuk menyakiti diri sendiri. Semisal saja, pisau, obat-obatan, racun serangga, tali, dan lain sebagainya.

Sebagai keluarga hendaknya lebih perhatian dan menjaga keamanan dengan menghindarkan semua benda tersebut.

 

#5 Berikan Pemahaman Agama

Iman yang kuat lebih tangguh terhadap ujian. Setiap manusia pasti diberikan ujian dan tidak luput dari masalah.

Iman dan pengetahuan yang mendalam tentang ajaran agama bisa membuat seseorang lebih kuat menghadapi segala hal. Tidak mudah putus asa walaupun ditengah masalah yang amat berat.

 

JANGAN SAMPAI MASALAH KEUANGAN MEMBUNUHMU

INI YANG KAMU BUTUHKAN!

DOWNLOAD GRATIS!!!! E-book Perencanaan Keuangan Untuk Usia 20-an dan 30-an!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Sekarang

 

#6 Mengobati Berpikir Positif dan Hilangkan Dendam

Emosi jiwa yang berkepanjangan membuat jiwa depresi. Orang yang sedang bermasalah dengan jiwanya perlu diajak untuk merilekskan diri.

Berbagai upaya meningkatkan suasana senang penting dilakukan. Seperti melakukan kegiatan kesukaannya agar diri terhibur dan melupakan sejenak beban.

 

#7 Carilah Bantuan

Jika berbagai cara telah dilakukan, perlu mendatangkan bantuan dari orang lain. Bantuan tidak harus pergi ke psikolog.

Dengan berdiskusi masalah dengan keluarga atau siapa pun yang mungkin bisa menolong dapat meredakan ketertekanan jiwa.

 

Perlunya Butuh Kerjasama Dengan Berbagai Pihak

Pencegahan bunuh diri di Indonesia menjadi persoalan yang serius. Berbagai komunitas harus bergerak secara optimal. Masyarakat sekitar pun harus peduli antar sesama.

Pada intinya terbuka terhadap masalah ini menjadi suatu solusi. Tidak mungkin di dunia ini tidak ada yang bisa menolong jika terbuka dengan keluhan. Percayalah semua pasti ada jalan keluar.

 

Setelah mengetahui informasi di atas, maka ayo berbagi artikel tersebut pada orang terdekat, agar bisa saling melindungi, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Reni Susanti. 4 November 2019. Ketahuilah, 5 Langkah demi Mencegah Bunuh Diri. Lifestyle.kompas.com – https://bit.ly/2EuY0OB
  • Audi Natasha Putri. 18 November 2018. Cegah Bunuh Diri dengan Nomor Darurat Berikut Ini. Kompas.com – https://bit.ly/2Qx6nLK

 

Sumber Gambar:

  • Pencegahan Bunuh Diri 01 – https://bit.ly/2EHIajb
  • Pencegahan Bunuh Diri 02 – https://bit.ly/32tNuPI