Larry Tesler, penemu fitur ‘copy’, ‘cut’, dan ‘paste’, meninggal dunia Senin, 19 Februari 2020 lalu. Bagaimana kisah hidupnya?

Selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Mengenang Jasa Larry Tesler, Penggagas Copy Cut Paste!

Siapa yang tidak mengenal istilah copy paste? Siapa pun yang pernah menggunakan komputer tentu mengenal istilah ini.

Bahkan orang sering menggunakan istilah ini untuk mengganti kata ‘meniru’ atau ‘melakukan aksi plagiarisme’.

Namun hari ini dunia ilmuwan dan teknologi kehilangan sosok yang berjasa tinggi. Larry Tesler, sang pencipta fitur ‘copy’, ‘cut’ dan ‘paste’ meninggal dunia.

Namanya memang tak seterkenal Bill Gates atau Mark Zukerberg, namun kontribusinya besar di dunia teknologi.

Larry meninggal dunia di usianya yang ke-74 tahun pada Senin, 16 Febuari 2020. Namun, belum ada kabar apa penyebab dari kematiannya.

“Penemu ‘cut, copy & paste, find & replace’ peneliti Xerox, Larry Tesler, hari kerjamu lebih mudah berkat ide revolusionernya. Larry meninggal pada Senin, jadi tolong bergabung untuk menghormatinya,” demikian cuitan Xerox pada Rabu (19/02) kemarin.

Pencipta Fitur ‘Copy & Paste’, Larry Tesler, Meninggal Dunia 02

[Baca Juga: Ingat!!! Perkembangan Teknologi Untuk Memaksimalkan Hidup. Bukan Sebaliknya!

 

Larry Tesler lahir di New York, AS, 24 April 1945. Ia merupakan lulusan Ilmu Komputer Universitas Standford. Dari situ, ia mengawali karir sebagai programmer dan peneliti.

Satu dekade kemudian pria bernama asli Lawrence Gordon Tesler ini bekerja di sebuah perusahaan Penelitian dan Pengembangan asal California, Xerox PARC.

Bersama dengan rekan kerjanya Tim Mott di Xerox, Larry menelurkan buah karya yang dapat memindahkan teks digital dari satu tempat ke lainnya, yakni, cut, copy dan paste.

Perjalanan Larry Tesler tidak hanya berhenti sampai di situ. Setelah berhasil dengan penemuannya tersebut, ia ekspansi ke Apple Computer di tahun 1980.

Dia juga merupakan salah satu sosok yang berkontribusi terhadap pengembangan Apple Lisa.

Larry bertanggung jawab untuk peningkatan tampilan antarmuka (user interface UI) dari UI sebelumnya, dan mengarah ke popularitas perintah (fitur) copy dan paste.

Pada 1986, Larry diangkat menjadi VP of Advanced Technology di Apple, dan dipromosikan menjadi VP and Chief Scientist pada 1993.

Lalu, Apple melengkapi fitur copy paste ini dengan munculnya ‘Ctrl+Z’ untuk pembatalan (undo). Hingga Windows pun turut mengadopsi temuan ini untuk komputernya.

Hengkang dari Apple, Larry kemudian mulai menjajaki beberapa perusahaan teknologi besar, seperti ARM (1990-2004), Amazon (2001-2005), Yahoo (2005 – 2008), 23andMe (2008 – 2009), dan Mine (2013 – 2015).

Sejak 2009 Larry membuka jasa konsultasi untuk memberikan solusi terhadap permasalahan user experience (UX) yang dihadapi para pelaku bisnis.

Berkat Larry Tesler, banyak pekerjaan menggunakan teknologi komputer menjadi lebih mudah. Oleh karena itu sudah sepatutnya kita berterima kasih.

Selamat jalan, Larry. Jasamu berharga!

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku tentang artikel di atas. Kita sepatutnya mengapresiasi hasil karya Lerry Tesler. Sebarkan informasi ini kepada kawan dan sanak saudara. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Bill Clinten. 20 Februari 2020. Pencipta “Copy-Paste” Meninggal Dunia. Kompas.com – https://bit.ly/37HrlOt
  • Admin. 20 Febuari 2020. Larry Tesler, Pencipta Copy, Cut dan Paste Meninggal Dunia. Liputan6.com  – https://bit.ly/39SGvls
  • Fira Nursyabani. 18 Febuari 2020. Pencipta ‘Copy Paste’ Larry Tesler Meninggal Dunia. Ayobandung.com – https://bit.ly/2Vga6kq

 

Sumber Gambar:

  • Larry 01 – http://bit.ly/2vRjhxc
  • Larry 02 – http://bit.ly/3bUOEYm