Selama libur sekolah 2020, pastinya ada perbedaan. Salah satunya adalah lebih banyak stay at home. Walaupun di rumah yakin bisa hemat?

Biar bebas boros, yuk ikuti panduan hemat ala Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Libur Sekolah 2020

Libur sekolah sangat dinantikan para pelajar. Namun libur sekolah 2020 ini sedikit berbeda. Pasalnya anak-anak sudah merasa libur sejak lama, meski ‘libur rasa sekolah sekolah rasa libur‘ karena pandemi yang mengharuskan siswa sekolah dari rumah saja.

Meski begitu memang saat inilah libur sekolah yang ditetapkan kalender akademik sekolah masing-masing.  Di mana artinya segala kegiatan belajar mengajar yang dari rumah itu telah usai.

Dan anak-anak memiliki waktu yang bebas sebenarnya. Tidak ada lagi concall untuk urusan sekolah alias libur. Namun, biarpun libur, pemerintah masih menetapkan untuk tetap di rumah saja.

Selama libur sekolah tapi tetap di rumah saja, Anda mungkin berpikir akan mengurangi pengeluaran. Tapi apakah benar begitu? Selama libur ini meski di rumah saja, Anda tetap yakin Anda akan hemat?

Cara Menghemat Pengeluaran Selama Libur Sekolah 2020 2

[Baca Juga: Cara Berhemat Libur Sekolah 2020 ini dan Dapat Income Tambahan]

 

Bukankah artinya anak-anak akan banyak menghabiskan waktu untuk main games online, nonton streaming, sosial media seharian, dan sebagainya? Bagaimana, tetap yakin akan hemat?

Tapi tenang, artikel Finansialku kali ini akan membantu Anda untuk tetap berhemat selama libur di rumah saja. Dengan memberikan referensi kegiatan yang bisa Anda lakukan bersama anak agar tetap hemat selama libur di rumah saja.

 

Libur Sekolah 2020 Lakukan Kegiatan ini, Agar Lebih Hemat

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, bila Anda merasa bahwa akan tetap hemat selama libur di rumah saja. Anak-anak Anda akan memakan banyak waktu dengan gadget mereka yang mana itu membutuhkan kuota.

Bila mereka berjam-jam online dan selama libur begitu terus, bukankah berarti Anda akan mengeluarkan banyak biaya untuk membeli kuota? Dan tagihan listrik Anda akan naik?

Oleh karena itu, Anda dapat mengalihkan perhatian anak Anda dari gadget mereka dengan melakukan kegiatan berikut ini selama libur. Tentunya akan membantu Anda untuk berhemat. 

 

#1 Libur Sekolah 2020, Bermain di Rumah dengan Alat Tradisional

Hari libur adalah hari yang sangat tepat untuk bermain. Anda bisa mengajak anak bermain permainan tradisional. Kegiatan ini akan sangat seru dimainkan bersama seluruh anggota keluarga. Anak-anak Anda akan teralihkan dari games online.

Cara Menghemat Pengeluaran Selama Libur Sekolah 2020 3

[Baca Juga: Isi Liburan Sekolah 2020 Dengan Kegiatan yang Menguntungkan]

 

Mungkin bermain congklak, bermain enggrang, dan permainan tradisional lainnya. Selain Anda bisa bernostalgia, Anda akan lebih dekat dengan anak dan Anda dapat berhemat.

Setiap hari Anda bisa mengganti permainannya agar anak tidak bosan. Pastikan Anda mengawasi anak selama bermain.

 

#2 Nonton TV di Ruang Keluarga

Jika selama ini Anda jarang nonton TV? Maka liburan ini adalah saatnya. Anda bisa menemani anak menonton acara favorit di TV. Biasanya saluran TV akan menghadirkan tontonan menghibur selama liburan.

Biar hemat, pastikan nonton TV nya dilakukan di satu ruangan saja. Jadi, semua anggota keluarga bisa lebih dekat dan pasti hemat biaya, karena tak perlu menghidupkan TV di masing-masing kamar.

 

#3 Libur Sekolah 2020, Maraton Film

Pada saat ini menonton film secara maraton adalah hal yang sangat menyenangkan dan dapat dapat dilakukan bersama anak. Film-film yang ada pun sangat beragam, mulai dari buatan Eropa, Korea, Jepang hingga dari Indonesia sendiri.

Pastikan Anda melakukan kegiatan ini pada satu layar, bukan dari Handphone masing-masing. Karena kegiatan ini untuk menghemat.

 

#4 Membersihkan Rumah

Acara bersih-bersih rumah sangat tepat dilakukan saat liburan. Banyaknya waktu luang yang dimiliki dapat membuat Anda bisa total dalam menghilangkan semua kotoran yang ada di rumah. Anak pun akan belajar hidup bersih melalui kegiatan ini.

Tapi saran dari Finansialku adalah jangan Anda memaksakan anak untuk membantu membersihkan rumah sampai bersih keseluruhannya. Mulailah satu hari membersihkan satu bagian misal, hari ini membersihkan gudang.

Cara Menghemat Pengeluaran Selama Libur Sekolah 2020 4

[Baca Juga: Sekolah Libur Karena Corona, Kemendikbud, “Saya Dukung!”]

 

Besok membersihkan garasi dan begitu sampai selesai semuanya. Karena jika Anda memaksakan untuk membersihkan rumah dalam satu hari anak Anda akan ngambek.

Belum lagi bila Anda selesai membersihkan rumah seluruhnya dalam satu hari, bagaimana dengan hari besok?

Bukankah hari libur anak masih panjang? Bila membersihkan rumah selesai dalam satu hari maka hari besok anak Anda fokus pada gadget-nya. Karena kegiatan bersih-bersihnya sudah selesai.   

 

#5 Belajar

Anda bisa mencoba mengatur jadwal untuk belajar singkat dengan anak. Bukan memaksa anak untuk belajar seperti hari biasanya ya. Anda tentunya tahu bahwa selama ini anak sudah penat dengan kegiatan belajar mengajarnya.

Kegiatan belajar yang Finansialku maksudkan di sini adalah hanya me-review sedikit pelajaran anak. Pasti tak jarang kan anak yang tulisannya menjadi jelek karena jarang menulis saat liburan? 


 

Kegiatan Liburan Sekolah 2020: Hemat dan Seru

Baiklah, dari kelima kegiatan yang sudah Finansialku berikan di atas, kegiatan tersebut bisa Anda lakukan bergantian selama libur ini. Selama lima kegiatan di atas Anda lakukan bergantian, libur di rumah saja akan tetap seru dan hemat. 

Saat ini liburnya masih di rumah saja, mungkin tahun depan baru dapat merealisasikan liburan yang sudah Anda rencanakan. Finansialku punya tips untuk mengumpulkan dana liburan. Untuk tahun depan yang bisa Anda ikuti dari video berikut ini. 

 

Mari bagikan artikel ini ke grup sekolah anak Anda. agar orangtua lainnya juga dapat menerapkan hal yang sama seperti Anda. Terima kasih. 

 

Sumber Referensi:

  • Albertus Adit. 28 Desember 2019. Liburan Sekolah di Rumah? Tenang, Ini 10 Kegiatan Asyik Bisa Dilakukan. Edukasi.kompas.com – https://bit.ly/2ZkjX9p

 

Sumber Gambar:

  • Cara Menghemat Pengeluaran Selama Libur Sekolah 2020 1 – https://bit.ly/31rrx4Q
  • Cara Menghemat Pengeluaran Selama Libur Sekolah 2020 2 – https://bit.ly/3dOxxHk
  • Cara Menghemat Pengeluaran Selama Libur Sekolah 2020 3 – https://bit.ly/31tBPkN
  • Cara Menghemat Pengeluaran Selama Libur Sekolah 2020 4 – https://bit.ly/31tdD25