Sudah tahu apa makna dari logo HUT RI Ke 75 tahun Ini? Kalau belum tahu, Finansialku akan membahasnya untuk kita semua.

Penasaran apa filosofi di balik logo tersebut, simak penjelasannya dari Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Logo HUT RI Ke 75

Apakah kamu sudah tahu bagaimana bentuk logo untuk Hari Ulang Tahun Negara kita Republik Indonesia tahun Ini?

Buat yang belum tahu, Finansialku beri tahu ya, ini dia…

logo 4

Logo HUT RI Ke 75 Indonesia Maju

 

Kalau kita lihat tampaknya sangat sederhana sekali bukan? Tapi tahukah kamu apa makna dari logo ini?

Penjelasannya adalah berikut ini.

 

Persiapan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI

Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) RI belum lama ini meluncurkan tema dan logo peringatan hari ulang tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020.

Melalui surat edaran nomor B- 456/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2020 tentang Penyempurnaan Penggunaan Tema dan Logo Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020.

Dalam rangka persiapan menyambut ulang tahun negara kita.

Pasca penyempurnaan logo HUT RI ke-75 tersebut, Menteri Sekretaris Negara, Pratikno.

Selaku Ketua Panitia Negara Perayaan Hari-hari Nasional dan Penerimaan Kepala Negara/Pemerintah Asing/Pimpinan Organisasi Internasional menerbitkan Surat bernomor B-457/M.Sesneg/Set/TU.00.04/06/2020

Tentang Partisipasi Menyemarakkan Peringatan Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020.

Surat edaran ini dikeluarkan sebagai ajakan turut serta menyemarakkan Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan Rl Tahun 2020.

Dengan melaksanakan hal-hal berikut, sebagaimana Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020;

  • Memasang umbul-umbul, dekorasi, atau hiasan lainnya serentak sejak tanggal 1 Juli s.d. 31 Agustus 2020 dengan merujuk pada pedoman logo dan desain turunan HUT Ke-75 Kemerdekaan Rl yang dapat diunduh pada setneg.go.id.
  • Memasang dan mengibarkan Bendera Merah Putih di antara umbul-umbul, serentak mulai tanggal 1 s.d. 31 Agustus 2020.
  • Memanfaatkan secara maksimal logo dan desain turunan HUT Ke-75 Kemerdekaan Rl ke dalam berbagai media (website/media sosial instansi, stiker kendaraan dinas dan kendaraan jemputan, souvenir maupun merchandise instansi, dll.)

 

Makna Logo HUT RI Ke 75

Setelah melihat logo yang tercantum, mungkin sebagian dari kita berpikir sangat sederhana, dan bertanya apa makna dari logo tersebut.

Logo HUT RI ke-75 memang tampak sederhana, namun ternyata sarat akan makna.

Logo tersebut menyerupai perisai lambang Garuda Pancasila dengan tulisan “Indonesia Maju” di bawahnya, sebagai gambaran Indonesia sebagai negara yang mampu per-kokoh kedaulatan, menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Logo HUT RI ke 75 ini juga simbol-kan arti dari kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia, dan progress nyata dalam bekerja untuk mempersembahkan hasil yang terbaik kepada semua rakyat Indonesia.

Logo ini secara keseluruhan memiliki makna dan tujuan yang relevan dengan periode kepemimpinan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Yakni pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, penciptaan lapangan kerja, serta pemberdayaan usaha mikro dan menengah.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Pedoman HUT RI Tahun 2020

Adapun pedoman identitas visual logo HUT RI ke 75 ini dapat dilihat pada tautan berikut ini, https://bit.ly/317huAg

Dalam rangka menyambut HUT RI ke 75 di tahun 2020 ini, KEMENTERIAN SEKRETARIAT NEGARA REPUBLIK INDONESIA mengeluarkan Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 yang juga dapat kita unduh pada tautan berikut ini, https://bit.ly/3fn6V0M

Pedoman tersebut merupakan penjelasan mengenai 5 poin penting dalam penyelenggaraan HUT RI yang jatuh pada 17 Agustus 2020 mendatang. Adapun 5 poin tersebut adalah sebagai berikut:

 

#1 Tema dan Logo

Tema Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 adalah: Indonesia Maju.

Tema dan Logo beserta panduan penggunaan identitas visual dapat diunduh pada situs web resmi Kementerian Sekretariat Negara.

 

#2 Pedoman Pokok Kegiatan di Tingkat Pusat

Berikut ini pedoman pokok kegiatan HUT Kemerdekaan RI ke 75 di Tingkat Pusat:

Hari, Tanggal Waktu Acara Tempat
Kamis, 13 Agustus 2020 13.00 Upacara Penganugerahan Tanda Kehormatan RI Istana Negara
Jumat, 14 Agustus 2020 08.30 Pidato Presiden RI pada Sidang Tahunan MPR RI Tahun 2020 Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR, DPR, DPD RI
Jumat, 14 Agustus 2020 10.20 Pidato Kenegaraan Presiden RI dalam rangka HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 pada Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR, DPR, DPD RI
Jumat, 14 Agustus 2020 14.00 Pidato Presiden RI dalam rangka Penyampaian Pengantar/keterangan Pemerintah atas RUU tentang APBN Tahun anggaran 2021 beserta Nota Keuangan dan Dokumen Pendukungnya pada Rapat Paripurna Pembukaan Masa Persidangan I DPR RI Tahun Sidang 2020 -2021 Ruang Rapat Paripurna, Gedung Nusantara MPR, DPR, DPD RI
Minggu, 16 Agustus 2020 14.00 Upacara Apel Kehormatan dan Renungan Suci Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata
Senin, 17 Agustus 2020 10.00 Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI Halaman Istana Merdeka
Senin, 17 Agustus 2020 17.00 Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih Halaman Istana Merdeka

 

#3 Sehubungan dengan Situasi Pandemic COVID-19

Penyelenggaraan upacara peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 diatur sebagai berikut:

 

Di Tingkat Pusat

Upacara Peringatan Ke-75 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih dipusatkan di Istana Merdeka Jakarta dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

  1. Upacara dilaksanakan secara sederhana dan khidmat, sangat minimalis, dan mematuhi protokol kesehatan pencegahan COVID-19.
  2. Komposisi petugas upacara di Istana Merdeka Jakarta terdiri dari:
    • Komandan Upacara sebanyak 1 orang:
    • Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) sebanyak 3 orang berasal dari cadangan Paskibraka Tahun 2019
    • Pasukan upacara sebanyak 20 orang, berasal dari TNI/Polri:
    • Korps musik sebanyak 24 orang
    • MC sebanyak 2 orang
    • Pasukan pelaksana Tembakan Kehormatan saat Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI sebanyak 17 orang, berasal dari TNI.

 

Upacara hanya dihadiri oleh Presiden (selaku Inspektur Upacara) dan Wakil Presiden serta petugas upacara, yaitu Ketua MPR (selaku pembaca Teks Proklamasi), Menteri Agama (selaku pembaca doa), Panglima TNI, dan Kapolri, serta tidak mengundang pejabat dan masyarakat.

 

Di Luar Negeri

Upacara Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 dilaksanakan di Kantor Perwakilan RI di luar negeri.

 

Di Tingkat Daerah

Upacara Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020 dilaksanakan di Kantor Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota.

Kantor Perwakilan/Lembaga yang ada di daerah mengikuti upacara yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi/Kabupaten/Kota mulai pukul 07.00 WIB (sebelum pelaksanaan upacara di Istana Merdeka Jakarta).

Menteri, Pimpinan Lembaga Negara/Instansi Pusat beserta Pimpinan Tinggi Madya atau sederajat wajib mengikuti Upacara Peringatan Ke-75 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing.

Kepala Daerah/Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), kantor/lembaga yang ada di daerah wajib mengikuti Upacara Peringatan Ke-75 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih

Pimpinan Tinggi Pratama atau sederajat dan pegawai pada instansi pusat maupun daerah wajib mengikuti upacara Peringatan Ke-75 Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI dan Upacara Penurunan Bendera Sang Merah Putih yang ditayangkan oleh stasiun televisi dari tempat tinggal masing-masing.

Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) yang bertugas di daerah agar menerapkan pola yang sama dengan Paskibraka di Istana Merdeka Jakarta.

logo 3

[Baca Juga: Gak Nyangka! Ternyata Begini Awal Mula Hari Anak di Indonesia]

 

Pada tanggal 17 Agustus 2020 pukul 10.17 s.d. 10.20 WIB (selama 3 menit), segenap masyarakat Indonesia wajib menghentikan aktivitasnya sejenak.

Seluruh masyarakat Indonesia berdiri tegap saat lagu Indonesia Raya secara serentak di kumandang kan di berbagai lokasi hingga pelosok daerah.

Pengecualian menghentikan aktivitas pekerjaan sejenak berlaku bagi warga dengan aktivitas yang berpotensi membahayakan diri sendiri dan orang lain apabila dihentikan.

Jajaran TNI dan Polri di setiap daerah agar membantu keberhasilan pelaksanaan hal tersebut di daerahnya masing-masing.

Antara lain dengan memperdengarkan sirene atau suara penanda lainnya sesaat sebelum lagu Indonesia Raya berkumandang dan tetap memperhatikan penerapan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Pada tanggal 14 Agustus 2020 agar masyarakat mengikuti siaran langsung Pidato Kenegaraan Presiden RI melalui berbagai kanal media massa (televisi, radio, dan media online).


 

Indonesia Maju

Tentunya logo HUT RI ke-75 yang bertemakan Indonesia Maju bukan hanya sebagai sebuah lambang, namun betul-betul menjadi sebuah dorongan bagi kita untuk terus maju di tahun 2020 ini.

Meski menghadapi HUT RI dalam keadaan pandemic covid-19, semoga logo ini memberikan semangat bagi kita masyarakat Indonesia untuk terus berusaha dan maju.

 

Silakan berbagi artikel ini kepada banyak orang agar semakin banyak yang tahu makna dari logo HUT RI ke 75 tahun ini. Terima kasih

 

Ebook Perencanaan Keuangan Untuk MAHASISWA

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 13 Juli 2020. Pedoman Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Tahun 2020. Jogloabang.com – https://bit.ly/3k7cK6q
  • Admin. 16 Januari 2020. Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2020. Setneg.go.id – https://bit.ly/2DaVdJM
  • Admin. 2020. Menteri Sekretaris Negara Republik Indonesia. Cdn.setneg.go.id – https://bit.ly/3fn6V0M
  • Admin. 2020. Pedoman Identitas Visual 75 Tahun Kemerdekaan Indonesia Maju. Kemhan.go.id – https://bit.ly/317huAg
  • Mustafa Iman. 23 Juli 2020. Meski Sederhana, Logo HUT RI Ke-75 Ternyata Kaya Makna. GoodnewsfromIndonesia.id – https://bit.ly/3k3szL9
  • Nur Fritriatus Shalihah.21 Januari 2020. Bertema Indonesia Maju, Logo Peringatan HUT Ke-75 Kemerdekaan RI Resmi Diluncurkan. Kompas.com – https://bit.ly/3gxGoiE

 

Sumber Gambar: 

  • Logo 1 – https://bit.ly/33euQ09
  • Logo 2 – https://bit.ly/3k1FT2E
  • Logo 3 – https://bit.ly/3fl0bkd
  • Logo 4 – https://bit.ly/39LcIfC