Pengunduran diri Mahathir Mohamad sebagai Perdana Menteri membuat nilai tukar mata uang dan perdagangan saham Malaysia anjlok.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Saham Malaysia Melemah Setelah Mahathir Mohamad Undur Diri

Mahathir Mohamad mengajukan pengunduran diri dari jabatannya sebagai Perdana Menteri Malaysia.

Senin (24/02) kemarin, Mahathir mengirimkan surat pengunduran dirinya pada pukul 13.00 waktu setempat.

Raja Malaysia, Yang di-Pertuan Agong Sultan Abdullah Sultan Ahmad Shah, menyetujui permohonan pengunduran diri Mahathir Mohammad tersebut.

Meski sang Raja menyetujui keputusan tersebut, ia meminta Mahathir tetap menjadi Menteri sementara sebelum pemerintahan yang baru dibentuk.

Alasan mundurnya PM Malaysia tersebut diduga karena situasi politik di Negeri Jiran sedang dalam kekisruhan.

Sementara itu, tercatat ada 26 Menteri dan Kepala Lembaga Pemerintah yang ada dalam kabinet pimpinan Mahathir.

Bersamaan dengan pengunduran diri pemimpinnya, maka kabinet ini dibubarkan, seperti yang dikatakan Mohamed Zuki Ali, Kepala Sekretaris Pemerintah Malaysia yang kami lansir dari Free Malaysia Today;

“Terkait dengan hal tersebut, tugas anggota pemerintahan (wakil perdana menteri, menteri, wakil menteri serta sekretaris politik) sudah berakhir.”

 

Pengunduran Sang Perdana Menteri berdampak pada nilai tukar Ringgit yang melemah.

Pada Senin (24/02) pukul 15:38 WIB, ringgit melemah 0,85% ke 4,2235/US$ di pasar spot, melansir data Refinitiv dari CNBC Indonesia.

Level tersebut merupakan yang terlemah dalam 5 bulan terakhir, bahkan dekat level terlemah sejak November 2017.

Adapun bursa saham Malaysia, FTSE juga terkena dampak dari ketidakpastian politik yang berkecamuk di negara itu.

Mahathir Mohamad Mundur Jadi PM, Ekonomi Malaysia Melemah 02

[Baca Juga: Indonesia Masih Kalah Telak dari Malaysia Soal Bank Syariah]

 

Mengutip Kompas.com dari Bloomberg, indeks acuan Bursa Malaysia, yakni KLCI (Kuala Lumpur Index Composite), merosot 2,69 persen atau 41,14 poin menjadi 1.490,06 pada penutupan perdagangan Senin (24/2/2020).

Tak hanya itu, mata uang Ringgit ikut melemah terhadap Dollar Singapura dan Dollar AS.

Sore kemarin Ringgit diperdagangkan pada 3,0128 terhadap Dollar Singapura, angka ini terendah dalam dua minggu terakhir.

Sedangkan pada Dollar AS, ringgit diperdagangkan pada 4,2215 per dollar AS, terendah dalam beberapa bulan terakhir.

Bank Negara Malaysia (BNM) sebagai bank sentral menyatakan sedang memantau kondisi di pasar keuangan.

“Sementara gerakan ringgit akan terus ditentukan pasar, operasi pasar BNM akan memastikan likuiditas yang cukup dan kondisi pasar keuangan yang tertib,” tulis BNM dalam sebuah pernyataan singkat, sebagaimana melansir dari Kompas.com, Selasa (25/02).

 

Mengenal Sepak Terjang Mahathir Mohamad

Mahathir Mohamad telah menjabat sebagai Perdana Menteri Malaysia selama 22 tahun, dari tahun 1981 hingga 2003.

Di bawah pemerintahannya, Malaysia berubah menjadi salah satu macan ekonomi Asia pada tahun 1990-an.

Mathathir membawa ekonomi Malaysia dari yang sifatnya stagnan ke arah lebih lebar lagi, industri perminyakan menjadi poros utama yang menempatkan Malaysia pada ekonomi global.

Mahathir Mohamad tersohor dengan gaya kepemimpinannya yang otoriter tetapi tepat guna, dengan itu Ia berhasil memancing dukungan rakyatnya di dalam negeri.

Pada tahun 1970 Mahathir menulis buku kontroversial bertajuk The Malay Dilemma.

Buku itu berisi gagasan tentang bagaimana ras Malaya telah dipinggirkan dan menerima status sebagai masyarakat kelas dua.

Dalam buku tersebut, Mahathir juga berargumen bahwa pemerintah perlu memberlakukan tindakan khusus untuk menggoyahkan hegemoni ras Cina Malaya dalam dunia bisnis.

 

Akibat dari kisruhnya politik getahnya pasti ke ekonomi. Gimana menurut Sobat Finansialku? Anda bisa tuangkan pendapat pada kolom komentar di bawah ini. Sebarkan juga informasi ini kepada kawan dan sanak saudara. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 25 Februari 2020. Mahathir Mohamad Mundur, Indeks Bursa Saham Malaysia Anjlok ke Lever Terendah Sejak 2011. Kompas.com – https://bit.ly/2STeqoe
  • Admin. 24 Febuari 2020. Raja Malaysia Bubarkan Kabinet Usai Mahathir Mundur. CNNIndonesia.com  – https://bit.ly/3a2Ziuq
  • Putu Agus Pransuamitra. 24 Febuari 2020. Mahathir Mundur, Ringgit Jeblok Terlemah dalam 5 Bulan. CNBCIndonesia.com – https://bit.ly/37ZvmOe
  • Raka Ibrahim. 24 Febuari 2020. Sepak Terjang Mahathir Mohamad Lebih Seru dari Game of Thrones. Asumsi.co – https://bit.ly/2vZ3WL8

 

Sumber Gambar:

  • PM Malaysia 01 – http://bit.ly/2VmpVpU
  • PM Malaysia 02 – http://bit.ly/3c5gS2G