Siapa sangka kalau uang receh yang dipandang sebelah mata ternyata memiliki manfaat yang luar biasa, tidak percaya?

Uang receh memang seringkali dianggap sebelah mata oleh banyak orang. Membeli sesuatu dengan uang receh sering kali dianggap tidak berkelas dan tidak memiliki gengsi. Tangkis anggapan tersebut melalui artikel berikut.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Manfaat Uang Receh

Apa yang Anda lakukan jika memiliki uang receh?

Kebanyakan orang mengabaikan begitu saja kembalian receh yang mereka terima. Sebagian ada yang menyimpannya di satu tempat tanpa tahu akan diapakan setelahnya.

Atau ada juga yang sengaja membawa beberapa untuk membayar parkir, memberi kepada pengemis, atau pengamen jalanan. Itupun juga cukup jarang.

Tapi ternyata, uang receh pernah memiliki manfaat yang sangat besar dan begitu berarti bagi banyak orang. Penasaran?

 

#1 Menabung Receh Sampai Rp14,5 Juta

Pernah membayangkan memiliki tabungan hingga 14,5 juta rupiah? Barang apa yang ingin Anda beli jika memiliki uang sebanyak itu? Atau adakah tempat yang ingin Anda kunjungi jika memiliki uang sebesar 14,5 juta rupiah.

Siapapun tahu kalau jumlah 14,5 juta rupiah bukanlah nominal yang sedikit. Tapi seberapa banyakkah nominal ini jika terdiri dari uang receh yang ditabung?

Mbah Legi pemilik uang receh berjumlah 14,5 juta rupiah ini. Beliau adalah seorang kakek renta berusia 90 tahun yang juga salah satu warga RT 003 RW 002, Desa Kroketan, Pedan, Klaten, Jawa Tengah.

4 Kisah Nyata yang Membuktikan Manfaat Uang Receh, Mau Coba 02 Mbah Legi - Finansialku

[Baca Juga: Uang Recehan dari Kembalian Dapat Bermanfaat Jika Anda Kelola dengan Baik]

 

Mbah Legi sudah sejak lama hidup sebatang kara di Desa Kroketan. Orang-orang mengenal Mbah Legi sebagai sosok pekerja keras yang murah hati dan tidak segan membantu siapa saja.

Meski begitu, kehidupan Mbah Legi sangat sederhana. Beliau tinggal di sebuah gubuk dengan ukuran 3×4 meter yang dibangun di atas tanah kas desa.

Untuk kebutuhan sehari-hari, Mbah Legi biasanya membantu warga mencari pakan ternak, membersihkan halaman, atau makam desa. Dari kegiatan tersebut, kadang warga akan memberikan sejumlah uang padanya.

Siapa yang menyangka kalau uang tersebut ditabung oleh Mbah Legi di rumahnya. Mbah Legi menyimpan uang-uang tersebut di berbagai barang yang ia punya. Seperti kantong plastik, ember, lipatan baju, kotak kayu, dan lain-lain.

Uang-uang ini diketahui saat warga ingin membongkar rumah Mbah Legi karena lahan tersebut akan dibangun gudang perkakas desa dan juga kamar baru untuk Mbah Legi.

 

#2 Daftar Sekolah Dengan Uang Receh

Kisah ini mungkin akan membuat Anda terharu dan lebih menghargai bangku pendidikan. Kisah remaja usia 16 tahun yang mendaftar sekolah dengan uang receh tabungannya ini sempat viral di media sosial.

Dalam foto yang beredar, sejumlah guru sedang menghitung uang receh yang digunakan remaja tersebut untuk mendaftar sekolah.

Remaja yang berasal dari Magelang tersebut bernama Eka Duta Prasetya. Ia mengaku sudah menabung dan mengumpulkan uang receh itu sejak ia masih kelas 6 SD.

Dan pada saat kejadian tersebut, jumlah uang yang Duta tabung sudah mencapai 1,5 juta rupiah.

4 Kisah Nyata yang Membuktikan Manfaat Uang Receh, Mau Coba 03 Eka Duta Prasetya - Finansialku

[Baca Juga: Miliki Pola Pikir Tentang Tips Menabung yang Benar]

 

Pada awalnya, uang tabungan tersebut ingin ia gunakan untuk membeli laptop. Namun, Ayah Duta yang bernama Agung Prasojo menyarankan untuk menggunakan uang tersebut untuk membayar seragam sekolah.

Kegigihan Duta mengumpulkan uang ini menimbulkan rasa haru di hati banyak orang.

Sehingga pada akhirnya pihak sekolah memutuskan untuk membebaskan Duta dari biaya seragam dan menerimanya bersekolah di MAN I Payaman, Magelang di jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Duta tinggal berdua dengan ayahnya yang bekerja sebagai tukang parkir di RS Tentara Dr. Soedjono Kota Magelang.

Sedangkan ibu Duta, Tatik sudah lama berpisah dengan ayahnya dan tinggal di Bandung, Jawa Barat bersama dengan keluarga barunya.

 

#3 Menabung Haji dengan Uang Receh

Tidak ada yang mustahil untuk sesuatu yang sudah diniatkan dengan kuat. Hal ini dipercaya dan dijalankan oleh Safuan Azis.

Seorang tambal ban berusia 64 tahun yang tinggal di Kelurahan Mangunharjo RT 002 RW 002, Kecamatan Tugu, Kota Semarang.

Sejak tahun 2008, Safuan dan istrinya yang bernama Musharofah telah memutuskan untuk meraih mimpi mereka melakukan ibadah haji.

4 Kisah Nyata yang Membuktikan Manfaat Uang Receh, Mau Coba 04 Safuan Azis - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Haji dan Umroh? Begini 5 Cara Menabung yang Bisa Kamu Lakukan]

 

Akhirnya pasangan ini mulai mengumpulkan uang sedikit demi sedikit untuk biaya berangkat ke tanah suci.

Usaha ini akhirnya terbayar. Pada tahun 2011, uang yang ia kumpulkan dari hasil usahanya dan istrinya ia bawa untuk mendaftarkan diri sebagai peserta haji.

Saat itu, ia berhasil mengumpulkan uang sebesar 50 juta rupiah yang didapat dari hasil kios tambal ban, menjual bensin eceran, upah istrinya yang bekerja di pabrik, dan juga hasil menjual motornya. 

Safuan dan istrinya mendaftar haji dengan uang tabungannya dan telah tercatat untuk berangkat di Kloter 70 Kota Semarang pada 6 Agustus 2018 dari Embarkasi Donohudan.

 

#4 Menabung Receh di Galon Hingga Rp60 Juta

Kisah unik manfaat uang receh lainnya datang dari keluarga suami istri yang tinggal di Mojokerto, yaitu Moh Zaka yang berusia 31 tahun dan Agustine Wirastianingsih yang berusia sama.

Siapa yang menyangka kalau uang receh yang mereka kumpulkan selama 5 tahun di dalam galon bisa mencapai nominal Rp60 juta.

Kedua pasangan ini sebenarnya memang sudah biasa menabung recehan di dalam galon hingga mencapai sekitar 12 galon.

4 Kisah Nyata yang Membuktikan Manfaat Uang Receh, Mau Coba 05 Moh Zaka - Finansialku

[Baca Juga: Nostalgia, 5+ Cara Menabung Ala 90 yang Umum Dilakukan. Yang Senyum Pasti Mengalami]

 

Pada awalnya, mereka berdua sama sekali tidak memiliki niat untuk membongkar galon uang receh yang mereka miliki.

Namun saat itu, kondisinya memang terasa cukup sulit sehingga mereka terpaksa membongkar 12 galon uang recehnya.

Ketika itu, pemilik kontrakan sudah menagih uang kontrakan dan berencana menjual rumah yang ditempati Zaka dan istrinya jika mereka tidak dapat membayar biaya kontrakan.

Di sisi lain, rumah ibu Zaka yang berada di Palembang juga dikabarkan mengalami kebakaran.

Zaka yang sehari-hari hanya bekerja sebagai penjual pulsa tentu saja merasa berat dan bingung saat berada di posisi tersebut. Akhirnya, ia memutuskan untuk membongkar 10 galon tabungannya.

Zaka sendiri tidak menyangka kalau jumlah uang di dalam galon tersebut bisa mencapai 60 juta rupiah.

Setelah membongkar tabungan tersebut, sebagian besar uangnya langsung ia kirimkan kepada ibunya yang berada di Palembang. Sebagiannya lagi ia gunakan untuk melunasi kontrakan bulan itu dan beberapa bulan ke depan.

Dan sisanya ia gunakan untuk biaya sekolah anaknya. Dari pengalaman ini, Zaka pun berencana untuk kembali mengisi galon-galon recehannya sampai waktu yang tidak ditentukan.

 

Nominal Kecil, Besar Manfaat

Nah, itulah beberapa pengalaman manfaat uang receh yang tidak disangka-sangka.

Meskipun nominalnya kecil dan tidak terasa, menabung uang receh secara konsisten ternyata dapat memberikan manfaat besar yang tidak disangka-sangka.

Tidak ada yang tidak mungkin, jika Anda dapat merencanakan dan mengatur keuangan Anda dengan tepat pun pasti Anda akan mendapatkan kondisi keuangan yang tidak kalah besar.

Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an di bawah ini secara GRATIS agar tujuan keuangan Anda dapat tepat sasaran.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda dengan mudah.

Aplikasi Finansialku dapat Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store, selamat mencoba.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Apakah Anda punya kebiasaan menabung uang receh juga? Jika Anda memiliki pengalaman menarik tentang manfaat uang receh, Anda bisa membagikan kepada pembaca lain dengan menuliskannya di kolom komentar.

Bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Michael Hangga Wismabrata. 27 Juli 2018. Jangan Abaikan Uang Recehan, 4 Orang Ini Buktikan Manfaatnya. Regional.kompas.com – https://goo.gl/NGqzXM

 

Sumber Gambar:

  • Uang Receh – https://goo.gl/FfvpT6
  • Mbah Legi – https://goo.gl/zU8Kia
  • Eka Duta Prasetya – https://goo.gl/A81xvC
  • Safuan Azis – https://goo.gl/9W5gX6
  • Moh Zaka – https://goo.gl/UZeJDu