Mungkin Anda sering mendengar mengenai waralaba di berbagai bidang. Misalnya saja dalam bidang waralaba salon dan spa, Martha Tilaar.

Tentu saja melihat banyaknya bisnis waralaba yang berkembang pesat mengakibatkan salon dan spa juga terpengaruh dan terpancing untuk ikut berpartisipasi.

Penasaran dengan pelopor waralaba salon dan spa nasional kebanggaan Indonesia? Simak pembahasannya berikut ini:

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Apa itu Waralaba (Franchise)?

Sebagai seorang pebisnis, selalu banyak cara untuk membuka sebuah usaha. Tetapi bagaimana dengan nasib pebisnis pemula yang masih kebingungan bagaimana memulai usahanya?

Jangan khawatir, kini hadir sebuah solusi bisnis yang praktis dan sederhana, yaitu WARALABA.

Secara umum, waralaba merupakan sebuah hubungan kontrak kerja antara pemilik waralaba (franchisor) dan penerimanya (franchisee).

Bisnis waralaba biasanya dilakukan dengan pertukaran uang dengan perjanjian untuk menjalankan bisnis terkait dalam jangka waktu tertentu.

Mengenal Martha Tilaar, Pelopor Waralaba Salon dan Spa Nasional 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Franchisor dan franchisee berbagi brand yang sama, namun tidak saling terkait satu sama lain. Mengapa demikian?

Franchisee menjual produk atau jasa sesuai dengan ketentuan franchisor, sedangkan franchisor bertugas mengembangkan bisnis waralabanya.

Waralaba tradisional umumnya digunakan untuk memperluas produknya dengan cara distribusi yang luas, namun dengan tetap mempertahankan kualitas yang sama demi kepuasan masyarakat.

Kini bisnis waralaba ini semakin berkembang, termasuk ke dalam bisnis salon dan spa. Salah satu contohnya adalah waralaba Martha Tilaar Salon Day Spa.

Melalui artikel berikut ini, Finansialku akan menjabarkan serba serbi mengenai waralaba Martha Tilaar Salon Day Spa bagi Anda:

 

Waralaba Salon dan Day Spa

Menurut Wikipedia, salon kecantikan merupakan salah satu tempat yang menawarkan jasa treatment kecantikan baik bagi pria dan wanita. Sedangkan day spa adalah bisnis yang menawarkan berbagai layanan dengan tujuan meningkatkan kesehatan, kecantikan, dan relaksasi melalui treatment seperti pijat, facial wajah, dan perawatan rambut.

Dengan kata lain, salon dan day spa menawarkan jasa makeup dan kesehatan wajah, rambut, hingga seluruh tubuh.

Mengenal Martha Tilaar, Pelopor Waralaba Salon dan Spa Nasional 03 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

 

Meski banyak jenis salon yang beredar di Indonesia, namun tidak banyak yang juga menawarkan perawatan tubuh seperti Martha Tilaar Salon Day Spa.

Martha Tilaar berhasil memberikan pelayanan yang diiringi inovasi sehingga tumbuh brand loyalty dan terus menarik konsumen baru.

Penasaran dengan lika liku perjalanan Martha Tilaar dalam mengembangkan bisnisnya?

Melalui artikel berikut, Finansialku akan menjabarkan seluruh informasi mengenai Martha Tilaar Salon Day Spa yang juga sudah merambah ke waralaba:

 

Martha Tilaar

Martha Tilaar terlahir dengan nama Martha Handana di Gombong, Kebumen, Jawa Tengah pada tanggal 4 September 1937. Martha merupakan seorang pengusaha Indonesia yang bergerak di bidang kecantikan dan jamu dengan nama dagang Sariayu.

Beliau awalnya bekerja sama dengan Kalbe Farma dan mendirikan perusahaan kosmetik dan jamu yang diberi nama Martina Berto.

Selain itu, sebagai kontribusi bagi kota kelahirannya, Martha pun mendirikan dan meresmikan Roemah Martha Tilaar, yakni rumah masa kecilnya yang telah direnovasi dan ditata ala museum.

Mengenal Martha Tilaar, Pelopor Waralaba Salon dan Spa Nasional 04 - Finansialku

[Baca Juga: Belajar Mengenal Bisnis Waralaba Indonesia yang Mendunia]

 

PT Martina Berto menjadi pabrik kosmetik pertama di Indonesia yang memperoleh 9001 certification.

Perusahaan ini juga menjadi satu-satunya pendiri Global Compact PBB dari Asia, yang juga mendapatkan sertifikat ISO 14001 dan sertifikat GMP: CPKB (Cara Produksi Kosmetik yang Baik) dan CPOTB (Cara Produksi Obat Tradisional yang Baik).

Pada tahun 2008, beliau dianugerahi “Most Admired Enterprise in ASEAN” kategori ‘Inovasi’ dari Asean Business Forum.

Baru-baru ini, beliau dianugerahi penghargaan oleh Sekretaris Jenderal PBB, Ban Ki Moon pada UN Global Compact Leaders Summit di New York karena menjalankan perusahaan yang memiliki program meliputi 10 prinsip Global Compact.

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Martha Tilaar Salon Day Spa

Setelah malang melintang cukup lama dalam bisnis kecantikan, Martha meluaskan bisnisnya dengan membangun Martha Tilaar Salon Day Spa.

Selain menggunakan sistem perawatan kecantikan dan kesehatan dari budaya Jawa, Martha Tilaar juga mengadopsi berbagai teknik dari India, yaitu ayuverda dan dari China, yaitu akupuntur, acupressure, Chinese coin therapy, pijat tui na, dan kuai zi.

Salon dan Day Spa ini didesain dengan konsep tradisional sambil tetap menonjolkan konsep modern lifestyle-nya. Tampilannya elegan dengan membawa ciri khas budaya setempat dan adanya perpaduan unsur local culture di daerah terkait.

Mengenal Martha Tilaar, Pelopor Waralaba Salon dan Spa Nasional 05 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Membeli Waralaba? Pertimbangan 6 Sumber Pendanaannya]

 

Desain tradisional ini juga bukan hanya sebagai bentuk pelestarian budaya, namun juga untuk menonjolkan makna tersirat yakni kesempurnaan, ketenangan jiwa dan pikiran, serta pengendalian diri.

Visi Martha Tilaar Salon Day Spa sendiri adalah untuk mengembangkan sembilan etno wellness ramuan spa khusus asli Indonesia yang memanfaatkan ramuan tradisional dan rempah-rempah nusantara.

General Manager PT Cantika Puspa Pesona, Ita Utamiwati mengungkapkan:

“Saat ini kami sudah memiliki empat dari sembilan etno wellness. Etno wellness adalah sebuah treatment kesehatan jiwa, pikiran, dan fisik yang diambil dari kearifan budaya. Kini sudah tersedia treatment Batimung Banjar, Lulur Jawa, Boreh Bali, dan Bakera Minahasa. Sisanya masih kami kembangkan.”

 

Ita juga menambahkan bahwa kelebihan spa Indonesia dibandingkan dengan yang di luar negeri adalah kearifan lokal yang khas Indonesia.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Prospek Waralaba Martha Tilaar Salon Day Spa

Salah satu visi Martha Tilaar dari awal adalah membawa nama Indonesia go global, dengan demikian bisnis Martha Tilaar Salon Day Spa juga merambah ke waralaba.

Martha Tilaar Salon Day Spa membuka peluang luas bagi calon investor yang berminat untuk terjun di bidang spa dan salon.

Martha Tilaar Salon Day Spa juga bukan hanya berkiprah di dalam negeri, namun kini sudah siap mengembangkan sayapnya ke pasar internasional.

“Dengan fokus pada keunikan brand dan konsep pengembangan bisnis yang dipengaruhi oleh nilai-nilai adat ketimuran dan didesain dengan menggunakan teknologi modern, kami yakin bahwa pengimplementasian konsep natural (alami), eastern (ketimuran), dan technology (teknologi) akan memberikan keuntungan dalam meningkatkan keuntungan kompetitif.”

 

Martha Tilaar menjanjikan standarisasi pelayanan, kemudian konsistensi dan kesamaan treatment dari hulu sampai hilir, dari satu outlet ke outlet lain. Dengan demikian, sistem waralaba ini terjamin kualitasnya.

Mengenal Martha Tilaar, Pelopor Waralaba Salon dan Spa Nasional 06 - Finansialku

[Baca Juga: Kalau Mau Sukses, Lakukan 5 Cara Jitu Ini! Sebelum Mulai Bisnis Waralaba]

 

Ita juga meyakinkan bahwa bisnis ini masih memiliki prospek cerah dan akan terus berkembang, terbukti dengan beberapa outlet Martha Tilaar Salon Day Spa yang bukan hanya bertahan, namun juga terus memperpanjang kontrak dan menambah cabang baru.

Kini 69 gerainya sudah tersebar di seluruh Indonesia, dengan mayoritas mitra memiliki lebih dari satu gerai bisnis.

Martha Tilaar juga meningkatkan loyalitas konsumen dengan berbagai cara, mulai dari pemberian membership card dengan berbagai benefit-nya, kemudahan reservasi online, hingga program promosi tematik menyambut hari-hari besar nasional.

Apabila Anda berminat, Anda bisa mengikuti jejak para investor Martha Tilaar Salon Day Spa dengan tema The Authentic Indonesian Spa Experience.

Adapun dua paket kerja sama waralaba yang ditawarkan adalah sebagai berikut:

 

Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

 

#1 Paket Martha Tilaar Salon Day Spa

Initial fee yang dikenakan adalah senilai Rp420 juta dengan fasilitas dan equipment lengkap bagi seluruh layanan spa yang akan dihadirkan.

Luas tempat yang dibutuhkan juga mencapai 200 m2.

 

#2 Paket Martha Tilaar Express

Paket waralaba sederhana yang dibanderol initial fee senilai Rp340 juta. Luas tempat yang dibutuhkan hanyalah sekitar 100 m2.

Tunggu apa lagi? Kontak segera Martha Tilaar Day Spa sekarang juga apabila Anda tertarik. Informasi waralaba dapat Anda peroleh lebih lanjut melalui kontak berikut:

Puspita Martha Building 3A Floor

Jl. KH. Wahid Hasyim no. 19-21, Jakarta Pusat

 

Berminat dengan Waralaba Martha Tilaar Salon Day Spa?

Bagaimana? Apakah Anda tertarik untuk membeli waralaba dan menjadi mitra Martha Tilaar Salon Day Spa yang sudah melanglangbuana di ranah nasional baik internasional ini?

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang mencari peluang bisnis yang murah dan terjamin.

 

Disclaimer: Penyebutan merek pada artikel ini hanya bertujuan sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan-tujuan lainnya.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai waralaba Martha Tilaar Salon Day Spa lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Heksa Ragil Pamungkas, Dian Eko Prasetio, Ramdhan Anugerah. 2017. 250 Franchise Business Prospects 2017
  • Wikipedia. Beauty Parlour.
  • Wikipedia. Day Spa.

 

Sumber Gambar:

  • Martha Tilaar Salon dan Spa – https://goo.gl/J1UfDG dan https://goo.gl/ivQVYP
  • Martha Tilaar Spa – https://goo.gl/VSVd99 dan https://goo.gl/PmP6mL
  • Martha Tilaar – https://goo.gl/gZuJ95
  • Martha Tilaar Massage – https://goo.gl/8YZ48Z

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg