Bagaimana urutan mata uang dunia 2020? Yuk, cek ranking mata uang negara kita ada di peringkat berapa di tahun ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Mata Uang

Nilai tukar mata uang adalah suatu ukuran yang membedakan nilai suatu mata uang di suatu negara jika dibandingkan dengan mata uang negara lain.

Dengan mengetahui nilai tukar (disebut kurs) maka akan membantu Anda mengatur keuangan ketika melakukan perjalanan ke luar negeri.

Uang memiliki fungsi utama yaitu sebagai alat tukar dan alat ukur. Maksud dari alat tukar adalah, dengan menggunakan uang maka kita akan lebih mudah untuk mendapatkan barang-barang yang diinginkan.

Sedangkan alat ukur, dengan adanya nilai intrinsik suatu mata uang, maka kita mampu menentukan besarnya nilai dari suatu barang.

Oleh karena itu, dengan mengetahui nilai tukar mata uang maka merupakan hal penting agar Anda bisa memanfaatkan kedua fungsi tersebut. Lalu, apa saja mata uang dengan nilai tukar mata uang tertinggi ya?

Yuk, ketahui jawabannya.

 

Ranking Mata Uang Dunia 2020

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi informasi tentang ranking mata uang dunia 2020. Berikut daftar ranking mata uang dunia dari yang tertinggi hingga yang terendah.

 

#1 Dinar Kuwait (KWD)

Mata uang yang tertinggi pertama adalah dinar Kuwait. Nilai tukarnya terhadap Rupiah (IDR) adalah Rp 46.311,11 sedangkan nilai tukar terhadap Dollar Amerika (USD) adalah USD 3,2862.

Tingginya nilai mata uang tersebut dikarenakan ekspor minyak bumi yang signifikan di pasar global.

Kuwait juga dianggap sebagai negara terkaya di dunia karena ekonomi berbasis minyak bumi yang stabil serta produksi dan ekspor minyak dari Kuwait sangat maju.

Selain kondisi ekonomi yang stabil, Kuwait juga merupakan negara bebas pajak dengan angka pengangguran yang sangat rendah, lho.

Ini Dia Ranking Mata Uang Dunia 2020, Rupiah Gimana 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Berbagai Safe Haven Forex dari Pasar Mata Uang Asing]

 

#2 Dinar Bahrain (BHD)

Nilai tukar Dinar Bahrain terhadap Rupiah (IDR) adalah Rp 37.366 sedangkan nilai tukar terhadap Dollar Amerika (USD) adalah USD 2,6514. Pendapatan terbesar dari negara Bahrain adalah ekspor minyak.

Sedangkan Bahrain itu sendiri merupakan negara kepulauan di Teluk Persia dengan jumlah populasi hanya sekitar 1 juta orang lebih.

 

#3 Rial Oman (OMR)

Mata uang Rial Oman ini sangat tinggi. Bahkan pemerintah harus mengeluarkan uang kertas ¼ dan ½ rial. Nilai tukarnya terhadap Rupiah (IDR) adalah Rp 36.600,52 sedangkan nilai tukar terhadap Dollar Amerika (USD) adalah USD 2,5971.

Oman merupakan negara di Semenanjung Arab yang lokasinya sangat strategis. Dengan begitu, Oman memiliki ekonomi yang berkembang serta kualitas hidup yang sangat baik.

Ini Dia Ranking Mata Uang Dunia 2020, Rupiah Gimana 02 - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Mata Uang Unik Dunia yang Bikin Kamu Tercengang]

 

#4 Dinar Yordania (JOD)

Walaupun Yordania tidak terlalu berkembang secara ekonomi serta tidak memiliki banyak sumber daya (seperti minyak) namun mata uang Dinar Yordania inti merupakan salah satu mata uang yang terkuat di dunia, lho.

Nilai tukarnya terhadap Rupiah (IDR) 19.883,59 sedangkan nilai tukar terhadap Dollar Amerika (USD) adalah USD 1,4109 .

 

#5 Pound Sterling Inggris (GBP)

Mata uang Inggris ini kerap kali dianggap sebagai mata uang paling mahal di dunia terhadap dollar AS. Namun, ternyata mata uang Pound Sterling Inggris

Masuk dalam urutan ke lima mata uang yang termahal, lho. Nilai tukarnya terhadap Dollar Amerika (USD) adalah USD 1,3437 sedangkan nilai tukarnya terhadap Rupiah (IDR) adalah Rp 18.934,44.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

12 Ebook Perencanaan Keuangan 30an

 

#6 Dolar Kepulauan Cayman (KYD)

Kepulauan Cayman merupakan salah satu dari suaka pajak terbaik di dunia. Kepulauan ini menyediakan lisensi untuk ratusan bank, dana lindung nilai, serta perusahaan asuransi.

Karena kepemimpinannya di antara negara suaka pajak, maka mata uang ini termasuk dalam salah satu mata uang yang termahal.

Nilai tukarnya terhadap Rupiah (IDR) adalah Rp 16.844,18 sedangkan nilai tukar terhadap Dollar Amerika (USD) adalah USD 1,2.

Ini Dia Ranking Mata Uang Dunia 2020, Rupiah Gimana 03 - Finansialku

[Baca Juga: Gak Repot, Ini List Aplikasi Konversi Mata Uang Bisa Kamu Install!]

 

#7 Euro (EUR)

Mata uang euro ini sudah menjadi mata uang resmi di negara-negara eropa. Selain itu, Euro juga merupakan cadangan mata uang kedua di dunia yang mencakup 22,2% dari seluruh tabungan dunia.

Nilai tukar mata uang Euro terhadap Rupiah (IDR) adalah Rp 17.080 sedangkan nilai tukar terhadap Dollar Amerika (USD) adalah USD 1,212.

 

#8 Franc Swiss (CHF)

Swiss merupakan salah satu negara terkaya di dunia. Selain itu, Swiss juga merupakan salah satu negara yang paling stabil.

Sistem perbankannya sudah lama dikenal dengan sifat “kerahasiaan bak” yang tegas. Bahkan, sistem teknologi tinggi di Swiss juga dikenal dengan baik di seluruh dunia.

Oleh karena itu, tak heran jika mata uang Franc Swiss masuk dalam salah satu top 10 mata uang dunia 2020 termahal.

Nilai tukar mata uang Franc Swiss terhadap Rupiah (IDR) adalah Rp 15.801,35 sedangkan nilai tukar terhadap Dollar Amerika (USD) adalah USD 1,1212.

 

#9 Dollar Amerika Serikat (USD)

Siapa yang tidak kenal dengan mata uang yang satu ini, mata uang Dolar Amerika Serikat telah dinobatkan sebagai mata uang cadangan dunia.

Dalam kata lain, Dolar Amerika Serikat bisa digunakan untuk pembayaran di negara mana saja. Hal tersebut dikarenakan kepemimpinan ekonomi dunia dipegang oleh Amerika Serikat.

Nilai tukar mata uang Dollar Amerika Serikat (USD) terhadap Rupiah (IDR) adalah Rp 14.092,76.

Ini Dia Ranking Mata Uang Dunia 2020, Rupiah Gimana 04 - Finansialku

[Baca Juga: Menarik, Ini Sejarah dan Asal Muasal Nama 8 Mata Uang Dunia]

 

#10 Dolar Kanada (CAD)

Dolar Kanada merupakan mata uang cadangan dunia terbesar kelima. Dolar Kanada ini sering disebut sebagai ‘loonie’ sebagai penghormatan terhadap jenis burung yang tergambar pada koin bernilai 1 dolar tersebut.

Nilai tukar mata uang Dolar Kanada terhadap Rupiah (IDR) adalah Rp 11.023,2 sedangkan nilai tukar terhadap Dollar Amerika (USD) adalah USD 0,78219.

 

Ranking Mata Uang Rupiah Di Dunia

Rupiah (IDR) merupakan mata uang negara kita tercinta, Indonesia. Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan terbesar.

Namun, sayangnya mata uang rupiah merupakan salah satu mata uang dengan nilai tukar terendah di dunia. Bahkan, rupiah masuk dalam 10 besar mata uang terendah di dunia.

Nilai tukar mata uang rupiah terhadap Dollar Amerika (USD) adalah 0,0000709584.

 

Mengenal Mata Uang  di Dunia

Dari daftar ranking mata uang tertinggi hingga terendah, dikonversikan ke dalam nilai mata uang Rupiah (IDR) dan Dolar AS (USD) untuk memudahkan.

Berdasarkan data di atas, dapat dikatakan bahwa tidak semua negara yang memiliki nilai mata uang tinggi adalah negara maju, ya.

Namun, pada umumnya nilai tukar mata uang dinilai dari kestabilan dan kualitas perekonomiannya. Untuk mata uang negara kita, yaitu Rupiah ternyata masih termasuk dalam 10 besar mata uang terendah di dunia.

Semoga ke depannya mata uang rupiah dapat lebih menguat, ya.

 

Semoga artikel ini dapat menambah pengetahuan Anda tentang ranking mata uang dunia ya. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Iqbal Hakim. 14 Juli 2020. 10 Mata Uang Termahal Dunia: Mata Uang dengan Nilai Tertinggi di Dunia 2020. Insanpelajar.com – https://bit.ly/36Ilaw6
  • Exchange-rates.org. 2020. 30 Mata Uang Teratas di Dunia. Id.exchange-rates.org – https://bit.ly/2JHtaVo
  • Aulia Damayanti. 13 November 2020. Top! Ini Daftar 10 Mata Uang Terkuat di Dunia. Finance.detik.com – https://bit.ly/2VUt2ER
  • Admin. 21 Juli 2020. 10 Jenis Mata Uang Terendah di Dunia. Ajaib.co.id – https://bit.ly/39I02rS

 

Sumber Gambar:

  • Mata Uang 1 – http://bit.ly/2WtPjcD
  • Mata Uang 2 – http://bit.ly/37yj16D
  • Mata Uang 3 – http://bit.ly/2LIrsno
  • Mata Uang 4 – http://bit.ly/3nE0lIk