Bagaimana cara membandingkan reksa dana dengan Morningstar rating? Dalam artikel kali ini Finansialku akan membahas cara membandingkan reksa dana dengan Morningstar rating.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Investasi Reksa Dana

Salah satu produk investasi yang cukup populer di Indonesia adalah reksa dana. Reksa dana adalah wadah untuk menghimpun dana dari masyarakat pemodal (investor), kemudian dana tersebut dikelola oleh perusahaan manajer investasi di efek (produk pasar uang dan/atau pasar modal).

 Membandingkan Reksa Dana dengan Morningstar Rating - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Slide: Pengenalan Reksa Dana untuk Pemula]

 

Ketika berinvestasi reksa dana, seorang investor harus memiliki rencana keuangan. Rencana keuangan akan membimbing investor tersebut untuk menentukan produk reksa dana yang sesuai dengan kebutuhannya. Permasalahan yang dihadapi oleh investor pemula adalah bagaimana cara memilih produk reksa dana? Sebagai informasi, Indonesia memiliki lebih dari 200 produk reksa dana, yang tersebar dalam empat kategori: reksa dana pasar uang, reksa dana pendapatan tetap, reksa dana campuran dan reksa dana saham.

 

Memilih Reksa Dana dengan Morningstar Rating 

Jika Anda sedang ditawari produk reksa dana, Anda dapat mengecek kinerjanya melalui website Morningstar. Cara ini adalah cara yang paling mudah untuk mengecek kinerja reksa dana secara umum. Namun untuk informasi lebih lanjut, Anda perlu membaca fund fact sheet dan prospectus reksa dana. Sebagai informasi Morningstar.com adalah perusahaan yang menyediakan informasi mengenai kinerja saham, reksa dana, indeks harga dan produk-produk keuangan lainnya.

[Baca Juga: Memilih Reksa Dana dengan Barometer Bareksa]

 

Morningstar rating, memberikan banyak informasi terkait dengan sebuah produk reksa dana. Sayangnya Morningstar tidak memiliki semua data reksa dana. Biasanya Morningstar tidak memiliki cukup data untuk produk-produk reksa dana yang masih baru.

Dalam artikel ini, kami akan menggunakan contoh produk. Contoh yang kami sebutkan, hanya bertujuan sebagai alat pembelajaran dan tidak dapat dijadikan sebagai saran untuk berinvestasi.

 

Kali ini contoh produk reksa dana yang digunakan adalah: Reksa Dana Saham Schroder Dana Prestasi Plus. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menggunakan Morningstar rating.

#1 Cari di Google dengan kata kunci: Morningstar Rating diikuti nama produk:

Contoh: Morningstar Rating Schroder Dana Prestasi Plus

Membandingkan Reksa Dana dengan Morningstar Rating - Searching Google - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

#2 Klik pada link yang menunjukkan Morningstar Rating. Anda akan diarahkan ke website Morningstar Rating, seperti gambar berikut ini:

Membandingkan Reksa Dana dengan Morningstar Rating - Tampilan Morningstar - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

#3 Pada tampilan Rating and Risk, Anda akan melihat tampilan seperti berikut:

Membandingkan Reksa Dana dengan Morningstar Rating - Morningstar Risk and Rating - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

 

Pada bagian kotak 1, menunjukkan rating yang diberikan Morningstar terhadap produk reksa dana tersebut. Semakin banyak jumlah bintangnya, berarti produk tersebut mendapat rating yang bagus.

 

Pada bagian kotak 2, Volatility Measurements menunjukan pengukuran volatilitas produk reksa dana. Terdapat beberapa indikator dalam pengukuran volatilitas:

  • Arithmetic MeanReturn menunjukkan rata-rata hasil investasi secara artimetik. Semakin besar nilainya semakin baik. Angka minus berarti kinerja reksa dana tersebut kurang baik.
  • Standard Deviation menunjukkan standar deviasi dari produk reksa dana tersebut. Dalam teori portofolio dan reksa dana, standar deviasi menunjukkan risiko sebuah produk reksa dana. Semakin kecil angka standar deviasi, maka produk reksa dana semakin baik.
  • Sharpe Ratio menunjukkan perbandingan antara rata-rata hasil investasi bersih dengan standar deviasi. Semakin besar angka sharpe ratio, maka kinerja produk reksa dana tersebut semakin baik.

 

Waktunya untuk Berburu Reksa Dana

Setelah Anda mengetahui alat seperti Barometer Bareksa dan Morningstar Rating, saatnya Anda mencoba mencari produk reksa dana yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Ingat kebanyakan investor pemula merasa investasi itu sangat membingungkan dan sulit, karena mereka tidak memiliki rencana keuangan. Jadi mulailah dengan rencana keuangan dan berinvestasi.

 

Apakah Anda sudah pernah mencoba memilih reksa dana dengan morningstar rating?

 

Sumber Gambar:

  • Shake Hand – http://goo.gl/SqxhUy

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang