Membangun Aset dari nol memang bukanlah hal yang mudah. Namun, semuanya akan bisa dilakukan jika Anda memiliki strategi khusus selagi muda.

Yuk membangun aset dari nol dengan 5 kiat ala Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Membangun Aset dari Nol

Usia produktif saat muda membuat Anda memiliki waktu yang lebih banyak dibandingkan dengan yang sudah berusia sekitar 30 tahunan ke atas.

 Membangun aset dari nol merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk rencana masa depan.

 

Jadi Miliarder dengan Strategi Membangun Aset dari Nol

Perencanaan keuangan tersebut tidak dapat dilakukan dengan seenaknya. Ini karena hal tersebut akan berdampak pada masa depan.

Dalam membangun aset kekayaan agar dalam masa tua, Anda bisa lebih bersantai, ada 5 aturan penting yang harus Anda ketahui.

 

#1 Memiliki Visi Keuangan

Saat Anda masih muda, Anda harus memiliki visi keuangan tidak hanya untuk jangka pendek namun juga jangka panjang. Dalam hal ini bisa berkaitan dengan persentase pembagiannya.

Misalnya untuk kesehatan 30%, sedangkan untuk persentase biaya yang akan dipergunakan untuk keseharian hanya 20%.

Cara ini akan sangat berguna ketika Anda melakukan hal tersebut dengan konstan. Artinya bukan hanya sekali dua kali namun dari muda hingga Anda sudah memiliki pasangan sekalipun.

 

#2 Tidak Membiasakan Diri untuk Berutang

Utang biasanya dilakukan ketika sudah tidak memiliki dana lagi untuk keperluan tertentu dan akan mengembalikannya sesuai dengan ketentuan atau kesepakatan.

Ada jenis utang yang memungkinkan Anda mengembalikan hanya sebesar yang dipinjam. Namun, ada jenis utang yang pengembaliannya harus disertai dengan bunga untuk waktu tertentu.

5 Kiat Membangun Aset dari Nol Hingga Miliran Rupiah Selagi Muda 01

[Baca Juga: Tips Sukses Memulai Bisnis Budidaya Ikan Arwana yang Menguntungkan]

 

Salah satu contoh utang yang kerap dilakukan yang membuat Anda gagal membangun aset dari nol adalah penggunaan kartu kredit. Untuk beberapa jenis keperluan.

Kartu kredit memang memiliki manfaat tersendiri yang tidak ada di kartu lain. Namun, jika dipergunakan terus menerus tanpa adanya pertimbangan lebih lanjut, bisa membuat tagihan membengkak.

Alhasil ketika waktu pelunasan tiba, Anda bingung sendiri.

Bagaimana cara mengembalikan utang tersebut. Jangan sampai Anda ‘gali lubang, tutup lubang’ terutama untuk jangka panjang.

Hal tersebut justru akan sangat merugikan Anda dan Anda tidak akan kaya. Ini karena uang yang Anda miliki habis hanya untuk membayar utang.

 

#3 Mempersiapkan Uang Pensiun

Bisa dikatakan uang pensiun adalah salah satu investasi untuk masa tua Anda. Ini karena Anda tidak tahu apa yang akan terjadi nantinya. Bisa saja Anda pensiun tepat waktu atau sesuai perencanaan.

Namun tetap ada kemungkinan Anda pensiun dini karena faktor tertentu, misalnya kesehatan.  

5 Kiat Membangun Aset dari Nol Hingga Miliran Rupiah Selagi Muda 03

[Baca Juga: VPN Tarumanagara: Pengertian dan Cara Aman Menggunakan KlikBCA Bisnis]

 

Untuk dana pensiun, Anda bisa memilih menggunakan beberapa cara. Salah satunya adalah dengan instrumen saham yang mempunyai tingkat imbal hasil yang paling tinggi.

Saham ini sangat menjanjikan untuk investasi jangka panjang (lebih dari 5 tahun). Namun, Anda tetap harus teliti dalam memilih karena risikonya yang besar.

Atau, jika ingin lebih aman, Anda bisa menggunakan deposito. Nantinya Anda hanya bisa mengambil uang setelah batas waktu yang ditentukan. Sehingga Anda bisa menggunakannya untuk menjamin masa tua Anda.

 

#4 Hidup Sederhana

Umumnya, kebiasaan hidup seseorang berbanding lurus dengan pendapatan yang diperoleh. Namun, agar uang Anda tidak habis hanya untuk memenuhi keinginan Anda, maka mulai di usia muda, Anda harus hidup secara sederhana.

Buat list prioritas untuk tahu mana yang akan dipenuhi lebih dahulu dan mana yang akan disingkirkan.

Tujuannya agar Anda terhindar dari terlilit utang. Serta, agar Anda memiliki tabungan yang lebih banyak dibandingkan pengeluaran yang akan membuat kondisi keuangan Anda lebih sehat.

 

#5 Siapkan Dana Pendidikan

Pendidikan semakin lama semakin membutuhkan biaya yang tinggi. Sehingga mulai dari sekarang, Anda bisa menyisihkan sebagian pendapatan untuk pendidikan Anda atau anak Anda ke depannya. Misalnya dengan tabungan pendidikan.

 

Bangun dan Amankan Aset Hingga Jadi Miliaran

Dengan melakukan 5 kiat di atas, maka Anda akan lebih mudah membangun aset dari nol hingga berjumlah miliaran. Dengan cara tersebut, Anda tidak hanya bisa menjadi miliarder muda namun juga terjamin kehidupannya di masa tua. 

 

So, apakah Anda sudah memiliki rencana yang optimal untuk membangun aset dari nol hingga miliaran? Bagikan artikel ini pada teman-teman milenial Anda juga ya! Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Wahyu Utama. 5 Aturan Penting Saat Membangun Aset, Terapkan Sejak Dini dan Jangan Ditunda! Koinworks.com- https://bit.ly/2RGHzTf

 

Sumber Gambar:

  • Aset 01 – https://go.aws/314XfCJ
  • Aset 02 – https://bit.ly/2RButXi
  • Aset 03 – https://bit.ly/3aWpgkj