Membeli Asuransi dari Seorang Agen Berjiwa Guru, apa maksudnya? Perencana keuangan independen Finansialku ingin berbagi sebuah quote dari Dave Ramsey mengenai membeli asuransi dan produk-produk keuangan. Bagaimana bunyi quotenya?

 

rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Membeli Asuransi atau Produk Keuangan dari Seorang Berjiwa Guru

 

English

When getting help with money, whether it is insurance, real estate or investments you should always look for a person with the heart of a teacher, not the heart of a salesman.

Dave Ramsey

 

Membeli Asuransi dari Seorang Agen Berjiwa Guru - Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Indonesia

Ketika berurusan dengan uang, apakah hal tersebut mengenai asuransi, property atau investasi lainnya Anda sebaiknya mencari orang berhati guru, bukan orang yang berhati penjual.

Dave Ramsey

 

Apa Maksudnya Membeli Asuransi dari Orang Berhati Guru

Ketika Finansialku melihat pertama kali quote di atas, Finansialku merasa ada sesuatu yang tidak umum. Sharing pada artikel kali ini diilhami dari rasa penasaran, emangnya orang berhati guru itu seperti apa?

 

Apakah yang dimaksud quote di atas adalah:

  • Seorang guru yang berjualan produk-produk keuangan?
  • Seorang penjual yang bekerja juga sebagai guru?

 

Setelah di perhatikan lebih dalam, Finansialku berpikir mungkin hal yang dimaksud dengan quote di atas adalah: membeli dari tenaga penjual (salesman, agen dan lainnya) yang mau memahami kondisi klien dan memberikan solusi. Banyak tenaga penjual produk-produk keuangan yang masih berorientasi pada closing penjualan bukan pada solusi untuk klien.

 

Always be Closing - Membeli Asuransi dari Seorang Agen Berjiwa Guru

 

Dalam dunia sales memang dikenal dengan istilah ABC – Always Be Closing (selalu buat penjualan), tetapi seharusnya tidak dimaknai dengan menjual dengan menghalalkan segala cara.

Dalam dunia penjualan (apapun produknya, terlebih produk-produk keuangan ritel), ketika Anda melihat tulisan syarat dan ketentuan berlaku umumnya ditulis dengan ukuran yang sangat sangat kecil. Tenaga penjual juga tidak menjelaskan ada syarat-syarat tersebut. Pokoknya closing closing dan closing.

Membeli Asuransi - Membeli Asuransi dari Seorang Agen Berjiwa Guru - Finansialku

 

Dave Ramsey (perencana keuangan dan penasehat keuangan di Amerika) menyarankan agar kita membeli produk-produk keuangan dari orang berhati seorang guru, karena sosok guru adalah sosok yang mau membantu, mendengar, mengajar dan memberikan solusi.

Finansialku sebagai perencana keuangan berlisensi CFP, teringat pada kode etik perencana keuangan yang mengatakan CLIENT FIRST. Selalu utamakan klien atau nasabah dibanding kepentingan pribadi.

 

Kesimpulan

Finansialku setuju dengan quote Dave Ramsey mengenai membeli asuransi atau produk keuangan dengan seorang sales yang berhati guru. Seorang sales yang mau mendengarkan, mengajarkan dan membantu memberikan solusi terbaik.

 

Sumber:

  • ABC – http://goo.gl/ekGQzO

  • Insurance Policy Cartoon – http://goo.gl/SA7dsa

 

Download Slide Kecerdasan Keuangan Keluarga

 

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Mei 2015