Apakah rencana keuangan dapat dijadikan peta yang mempresentasikan gambaran masa depan keuangan keluarga? Finansialku.com akan membahas mengenai memetakan masa depan keuangan keluarga.

Memetakan Masa Depan Keuangan Keluarga Finansialku

 

Memetakan Masa Depan Keuangan Keluarga

Titik awal seseorang yang akan membuat sebuah rencana keuangan adalah mengetahui titik dimana orang tersebut berdiri saat ini. Hal ini dilakukan dengan mengidentifikasi posisi keuangan saat ini. Tentunya untuk mengetahui posisi keuangan saat ini Anda memerlukan alat ukur yang bernama laporan keuangan pribadi (personal finance statement). Laporan keuangan pribadi adalah alat perencanaan keuangan yang dapat memberikan data-data mengenai evaluasi kondisi keuangan yang terkini (paling up to date), identifikasi potensi masalah-masalah keuangan yang mungkin timbul dan alat bantu untuk membuat keputusan-keputusan terkait keuangan keluarga.

Penulis menekankan bahwa Anda tidak harus pandai membuat laporan keuangan pribadi (personal financial statement) yang professional atau ideal. Hal terpenting adalah Anda dapat merekam pergerakan uang Anda, dan memahami arti dibalik angka-angka tersebut. Laporan keuangan pribadi terdiri dari dua bagian yaitu neraca (balance sheet) dan laporan pendapatan dan pengeluaran (income and expense statement). Kedua laporan tersebut sangat ampuh untuk memetakan masa depan keuangan keluarga.

Permasalahan terbesar dalam laporan keuangan pribadi (personal finance statement) bukan pada tahap penyusunan, tetapi dalam tahap memaknai hubungan antara laporan pendapatan dan pengeluaran (income and expense statement) dan neraca (balance sheet).

Neraca adalah laporan keuangan yang menggambarkan posisi keuangan seseorang pada satu periode tertentu. Neraca dapat diibaratkan sebagai potret kondisi keuangan seseorang. Laporan pendapatan dan pengeluaran adalah laporan keuangan yang mengukur pergerakan keuangan sepanjang waktu. Laporan pendapatan pengeluaran dapat diibaratkan sebagai video kondisi keuangan seseorang. Laporan pendapatan dan pemasukan diisi dengan data-data pemasukan yang didapat dan pengeluaran harian. Neraca menggambarkan asset apa yang dimiliki seseorang, kewajiban apa yang dimiliki orang dan berapa kekayaan bersih orang tersebut.

 

Anggaran (Budget) sebagai Pemandu

Laporan keuangan pribadi (personal financial statement) cenderung berorientasi pada angka yang sudah terjadi. Budget atau anggaran adalah alat perencanaan keuangan yang digunakan untuk merencanakan dan mengontrol pengeluaran. Fungsi pertama anggaran adalah untuk memperkirakan pendapatan dan pengeluaran bulan depan. Setelah anggaran dibuat, usahakan pengeluaran Anda sesuai dengan anggaran yang telah dibuat. Jangan lupa catat semua pendapatan dan pengeluaran actual ke dalam laporan pendapatan dan pengeluaran. Setelah akhir bulan lakukan pengecekan apakah pendapatan dan pengeluaran actual sudah sesuai dengan anggaran yang telah ditetapkan.

 

Hubungan antara Rencana Keuangan dan Laporan Keuangan Pribadi

Memetakan masa depan keuangan keluarga membutuhkan 3 alat utama yaitu rencana keuangan (financial plan), laporan keuangan pribadi (personal finance statement) dan anggaran (budget). Gambar berikut menggambarkan hubungan antara ketiga alat tersebut.

Memetakan Masa Depan Keuangan Keluarga - Finansialku

 

Sumber:

  • Gitman Joenhk dan Billingsley. 2011. Personal Financial Planning. South Western Cengage Learning: USA.

 

Kami akan sangatsenang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai ruang lingkup memetakan masa depan keuangan keluarga.

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku 5 Tips Membuat Anggaran Pernikahan Baca
finansialku Angka Berbicara, Bagaimana Kesehatan Keuangan Anda? Baca
finansialku 10 Orang Terkaya Versi Forbes 2014 Baca