Beberapa orang tua memilih untuk menyekolahkan anaknya di madrasah, tapi bagaimana cara memilih madrasah yang tepat?

Ternyata kini sudah banyak tips untuk memilih madrasah yang tepat demi terjaminnya pendidikan buah hati Anda. Yuk simak ulasannya disini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Mengapa Memilih Madrasah?

Sebagai orang tua tentunya Anda sudah tahu bahwa pendidikan adalah sebuah hal yang wajib bagi buah hati. Namun satu hal yang sering ditanyakan adalah:

“Pendidikan seperti apa yang perlu diberikan pada anak?”

 

Menurut Finansialku, tidak peduli apapun jenis pendidikannya sudah menjadi kewajiban orang tua untuk menyediakan pendidikan terbaik bagi buah hatinya. Dengan demikian, jelas menegaskan pentingnya dana pendidikan.

Seperti yang telah Anda ketahui, kini biaya pendidikan menjadi hal yang mahal. Tak jarang orang tua berutang demi membiayai pendidikan anaknya.

Bahkan di Amerika, utang uang sekolah sudah menjadi utang konsumen tertinggi kedua setelah Kredit Pemilikan Rumah (KPR). Utang ini sudah semakin besar pada tahun 2017 sehingga pantas dikategorikan sebagai suatu masalah serius yang semakin lama semakin buruk.

Tidak percaya? Simak pembahasannya dalam artikel berikut ini:

Pendidikan Formal, Pendidikan Non-formal, Pendidikan Informal 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gila! Utang Uang Sekolah atau Student Loan di Amerika Mencapai US$1,3 Triliun. Kenapa Sekolah Aja Ngutang?]

 

Lalu bagaimana mengatasinya? Sangat jelas bahwa pendidikan tidak dapat dihindari karena merupakan sebuah kebutuhan yang cukup mendasar, namun masa sekolah aja harus ngutang?

Sesungguhnya Anda bisa mengakalinya dengan merencanakannya sejak dini. Bagaimana caranya?

Anda bisa melakukannya dengan mudah via aplikasi Finansialku karena beberapa benefit berikut:

  1. Anda bisa mengunduhnya secara GRATIS.
  2. Aplikasi Finansialku menyediakan berbagai fitur keuangan yang lengkap dan mudah digunakan, termasuk fitur perencanaan dana pendidikan.
  3. Anda bisa menghitung dan merencanakan dana pendidikan dengan mudah disini sesuai dengan kondisi keuangan dan waktu yang Anda miliki.

 

Anda bisa download aplikasi Finansialku dari Google Play Store atau dengan klik tautan berikut ini:

Kembali ke topik pembahasan. Nah, pada kali ini Finansialku ingin menyoroti orang tua yang memilih madrasah sebagai dasar pendidikan buah hatinya. Pertanyaannya adalah kenapa?

Setelah bertanya pada banyak orang tua, ternyata dasar pertimbangannya adalah bahwa pendidikan agama merupakan pendidikan yang sangat fundamental bagi buah hati.

Adapun alasan mengapa pendidikan madrasah berbeda dengan pendidikan pada umumnya adalah sebagai berikut:

 

#1 Guru Madrasah

Tenaga pendidik di madrasah bukan sekedar pengajar dan mentransfer ilmu pengetahuan tetapi lebih pada mendidik anak-anak bangsa.

Mayoritas guru madrasah adalah tokoh agama/kyai, kalaupun bukan kyai, beliau adalah seorang santri.

Kompetensi guru madrasah juga tidak diragukan lagi dalam menyikapi segala permasalahan yang ada dalam masyarakat.

Integritas, loyalitas dan rasa tanggung jawab guru madrasah sangat membanggakan dalam menuntun, membimbing dan mengarahkan peserta didik madrasah agar menjadi generasi yang sholih dan sholihah, dimana karakter atau akhlak menjadi prioritas pertama dan utama.

 

#2 Mata Pelajaran Lebih Variatif

Mata pelajaran madrasah dinilai sebagai kombinasi dari pelajaran muatan nasional, muatan lokal dan pengembangan diri. Selain pengetahuan umum yang diajarkan di Madrasah, pengetahuan agama juga sangat diprioritaskan.

 

#3 Lebih Dekat dengan Masjid/Musholla

Biasanya Madrasah dilokasikan berdekatan dengan Masjid/Musholla sebagai praktik langsung pembelajaran keagamaan terkait wudhu, sholat dhuha, dan sholat fardhu.

Quiz Kenali Perbedaan SMA, SMK, MA, Kamu Pilih Mana 02 - Finansialku

[Baca Juga: Quiz: Kenali Perbedaan SMA, SMK, MA, Kamu Pilih Mana?]

 

Apakah Anda juga berencana menyekolahkan anak ke dalam madrasah? Jika demikian, Finansialku akan menjabarkan beberapa tips memilih madrasah yang tepat bagi anak Anda.

 

Tips Memilih Madrasah yang Tepat

Keputusan menyekolahkan anak di madrasah bukanlah keputusan akhir Anda sebagai orang tua. Kini Anda perlu mencari dan memilih madrasah yang tepat sehingga pendidikan anak Anda selalu terjamin kualitasnya.

Seperti apa sih madrasah yang tepat itu? Yuk simak beberapa tips dalam memilih madrasah bagi buah hati Anda berikut ini:

 

#1 Lihat Visi Misi Madrasah

Visi misi sekolah atau madrasah akan menentukan kurikulum yang digunakan. Sesuaikah visi misi sekolah tersebut dengan pandangan pendidikan di keluarga dan harapan orangtua?

Jadikan jawabannya sebagai pertimbangan Anda memilih madrasah bagi buah hati Anda.

 

#2 Lihat Kualitas Pengajarnya

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, guru madrasah berbeda dengan guru pada umumnya. Namun yang penting adalah memiliki kualitas pendidikan yang jelas baik.

Lihat juga integritas, loyalitas dan rasa tanggung jawab guru madrasah tersebut apakah baik atau tidak.

 

#3 Kredibilitas Madrasah

Madrasah yang tepat tentu memiliki kredibilitas yang baik, langganan juara dan segudang prestasi yang tampak menjanjikan.

Jadi, jangan cepat puas dengan satu referensi saja, Anda harus melakukan survei mengenai beberapa madrasah kemudian membandingkannya untuk mendapat hasil terbaik.

Cek apa saja prestasi yang telah dihasilkan, bagaimana perilaku murid-murid yang diajar, bagaimana kredibilitas para pengajar dan lain sebagainya. Ini bisa menjadi dasar Anda untuk menentukan kualitas madrasah terkait.

Jangan Salah! Ini Cara Memilih Madrasah yang Tepat Bagi Anak Anda 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ketahui Biaya Pendidikan SMA Serta Persiapan Penting Masuk SMA]

 

#4 Fasilitas Madrasah

Anda juga harus cermat memilih madrasah dengan berbagai fasilitas yang memang dibutuhkan buah hati Anda sebagai media belajar.

Periksa apakah madrasah yang akan Anda pilih bisa memfasilitasi semua yang dibutuhkan anak saat berada di sekolah.

 

#5 Perhitungkan Jarak dari Rumah

Ini mungkin terdengar sederhana, namun dewasa ini kemacetan menjadi salah satu masalah yang belum tertangani. Oleh karena itu, jarak madrasah dari rumah sebaiknya juga dipertimbangkan.

Jangan sampai terlalu jauh sehingga anak lelah di jalan dan tidak semangat belajar. Hal ini juga akan mempengaruhi orang tua saat mengantar jemput anak dari sekolah.

 

#6 Kurikulum yang Dipakai

Kurikulum di madrasah berbeda dengan kurikulum umum, namun memungkinkan juga sama. Cek terlebih dahulu kurikulum madrasah yang Anda incar dengan teliti.

Tips ini penting untuk orangtua, seperti anak saya yang sebelumnya tidak bersekolah di RA atau BA, melainkan di TK. Takutnya tidak bisa mengikuti, karena pengetahuan agama yang masih sedikit.

Jadi, sesuaikan kurikulum madrasah dengan kemampuan dan bekal anak sebelum masuk ke madrasah terkait.

 

#7 Mencari Informasi tentang Ekstrakurikuler atau Bidang Pengembangan yang Ada

Jika tadi sudah diingatkan mengenai pentingnya fasilitas sekolah, kini mari mengingat bahwa fasilitas tidak harus berupa sarana melainkan juga berupa bekal untuk mengembangkan bakat siswa lewat kegiatan ekskul.

Jadi, sebagai orang tua sebaiknya kita mulai melihat minat anak dan memilih madrasah yang memfasilitasi ekskul atau bidang pengembangan yang sesuai dengan minat anak.

Dengan demikian minat anak dapat dikembangkan ke arah yang tepat.

 

#8 Sesuaikan dengan Kemampuan Finansial

And last but not least, pikirkan matang-matang kemampuan finansial Anda untuk membayar segala biaya yang dibutuhkan, baik uang pangkal maupun uang bulanan ke depannya.

Pastikan Anda memiliki sumber-sumber dana yang cukup agar konsisten membayar ke depannya. Selain itu, jika perlu Anda bisa mengkonsultasikannya kepada konsultan keuangan Finansialku (CFP).

Anda bisa mempertimbangan dan mengambil keputusan dengan lebih baik saat perencana keuangan kami membeberkan fakta-fakta keuangan Anda. Dengan demikian keputusan Anda akan jadi yang terbaik bagi anak dan juga bagi keluarga.

Anda bisa menggunakan fitur Tanya Jawab pada Aplikasi Finansialku untuk dapat berkonsultasi langsung dengan para Perencana Keuangan (CFP) Finansialku.

Jika Anda ingin upgrade Aplikasi Finansialku ke versi premium tahunan, Anda bisa menggunakan kode referral POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan Rp50.000.

Sehingga Anda dapat berkonsultasi dengan perencana keuangan, mengikuti online course dan menggunakan semua fitur pada Aplikasi Finansialku selama satu tahun penuh. So, tunggu apalagi? Nunggu promonya berakhir? Ayo upgrade sekarang juga!

 

Manakah yang Menjadi Pilihan Anda?

Bagaimana? Apakah Anda sudah menentukan jalur pendidikan mana yang sesuai bagi buah hati Anda? Semuanya kembali pada kebutuhan si anak dan keputusan berada di tangan Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat sebagai bahan pertimbangan Anda.

Oh iya, Anda juga bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar Anda dapat merencanakan dana pendidikan dengan baik dan tentunya terhindar dari utang. Selamat membaca..

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara memilih madrasah yang tepat bagi anak lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika artikel ini bermanfaat, Anda bisa membagikannya kepada teman-teman Anda yang mungkin juga sedang kebingungan dalam memilih jalur pendidikan bagi buah hatinya. Terima kasih..

 

Sumber Referensi:

  • Riana Afifah, Caroline Damanik. Pilih Sekolah yang Tepat, Apa Saja Pertimbangannya? Edukasi.kompas.com – http://bit.ly/2NV0wS8
  • Admin. Cara Memilih Sekolah atau Madrasah Yang Baik Untuk Belajar. Mtsdarulhikam.sch.id – http://bit.ly/2NVax1L
  • Admin. 29 Oktober 2018. 10 Tips Memilih Madrasah Ibtidaiyah (MI) Yang Tepat Untuk Anak. Renesia.com – http://bit.ly/2YV4RWn
  • Admin. 30 Oktober 2018. Memilih Madrasah Tsanawiyah (MTs) Untuk Anak, Ada 10 Tips. Renesia.com – http://bit.ly/2ShHWlI
  • Admin. 4 Alasan Mengapa Memilih Menyekolahkan Anak ke Madrasah. Kabarmadrasah.com – http://bit.ly/2GeYwhl

 

Sumber Gambar:

  • Madrasah 1 – http://bit.ly/2JIBKPP
  • Madrasah 2 – http://bit.ly/2Z01dLe