X

Catat! Perlu Anda Ketahui Ketika Menggelar Virtual Wedding Saat Pandemi

Beberapa hal ini musti diperhatikan jika kamu ingin menggelar pernikahan virtual (virtual wedding) saat pandemi agar acara berjalan lancar.

Ketahui selengkapnya dalam artikel ini!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

 

Pernikahan Virtual (Virtual Wedding) dan Hal-hal yang Musti Diperhatikan

Kamu sudah merencanakan pernikahan dari jauh-jauh hari, namun adanya pandemi seperti ini membuat sebuah rencana pernikahan mengalami perubahan total.

Menikah di tengah pandemi virus corona memang memiliki tantangan sendiri. Banyak yang harus diperhatikan, namun ada jalan lain yang bisa kalian tempuh adalah dengan menggelar virtual wedding.

Memang, menikah di tengah pandemi seperti ini banyak sekali kendala yang harus kamu hadapi. Namun, dengan kamu menggelar virtual wedding, kamu tidak perlu memikirkan apapun kendala di depan.

Tentunya, masih bisa mengundang banyak tamu dan masih bisa bertegur sapa di hari pernikahan dengan konsep seperti ini akibat pandemi yang tak kunjung usai.

 

Lalu, bagaimana caranya kalian bisa menggelar virtual wedding? Gampang! Kamu cukup memanfaatkan teknologi, seperti video call agar tamu undangan masih bisa melihat kebahagiaan kalian walau tak bertatap muka. Seperti misalnya, pada pernikahan Feby Palwinta yang dilakukan oleh kerabat terdekatnya.

Menggelar sebuah pernikahan saat ini akan sedikit berbeda rasanya dibandingkan menggelar sebuah pesta pernikahan seperti pada umumnya. Seperti ada yang kurang.

Demi meminimalisasi kekurangan tersebut, kamu bisa memaksimalkannya dengan tetap memakai busana pernikahan yang memang sesuai dengan impian kalian, berdansa dengan penuh khidmat hingga mengucapkan janji pernikahan dengan sangat lantang.

Menurut seorang ahli pernikahan, menggelar virtual wedding, semakin kamu menormalkan suasana pesta pernikahan, semakin rasa yang kurang itu akan semakin tertutup dengan kebahagiaan yang kalian munculkan.

[Baca Juga: Bingung Mahar Pernikahan Kamu? Intip Contohnya Di Sini]

 

Setiap calon pengantin selalu menanti yang namanya pesta pernikahan. Namun, apa yang kamu harapkan dari gelarnya pesta tersebut? Pastinya ucapan selamat dan doa restu dari para tamu undangan.

Makanya, jika kamu ingin menggelar virtual wedding, kamu juga harus memperhatikan suara dan mikrofon para tamu undangan. momen yang kalian tunggu ini, bisa mendengarkan mereka bertepuk tangan atau mengucapkan selamat atas pernikahan kalian.

Pastinya, kamu juga harus memberikan isyarat, kapan para tamu bisa menyuarakan suara mereka dan kapan mereka harus mengikuti upacara pernikahan dengan khidmat terlebih dahulu.

 

Setiap calon pengantin pasti tak ingin mengacaukan pernikahan dengan suara-suara yang ‘bocor’ dari para tamu, kan?

Menggelar virtual wedding ini tentu memakan kuota internet yang cukup banyak. Makanya, kamu perlu memastikan juga bahwa kamu dan semua tamu undangan memiliki koneksi internet yang sangat baik agar tak mengganggu prosesi pernikahan.

Ingat, pernikahan merupakan hari dimana menjadi sebuah momen bersejarah dalam seumur hidup, jangan sampai kamu terdapat sebuah kelalaian kecil mengenai koneksi internet ini mengacaukan hari istimewa kalian.

Tidak ada masalah yang lebih buruk dari kacaunya koneksi internet saat kalian menggelar virtual wedding.

[Baca Juga: Cara Hitung Dana Pernikahan Melalui Aplikasi Finansialku]

 

Bukan hanya koneksi internet saja, kamu juga harus memperhatikan aplikasi video call apa yang akan kamu gunakan untuk menyiarkan acara pesta pernikahan tersebut, apakah kamu akan menggunakan aplikasi Skype, Zoom atau video streaming seperti livestream.com.

Berbagai macam aplikasi yang ditawarkan untuk kalian menggelar virtual wedding memiliki keunggulan tersendiri.

Tetapi, kamu harus bisa memilih aplikasi terbaik yang bisa mencakup banyak orang, memiliki suara dan gambar yang bagus hingga yang lebih praktis.

Penting sekali untuk mengetahui juga beberapa kelebihan dan kekurangan beberapa aplikasi tersebut. Misalnya saja, aplikasi Zoom memang memiliki cakupan lebih banyak dan praktis, namun kekurangannya ada pada durasi.

Jika acara pernikahan kalian di gelar lebih dari 45 menit, maka kalian akan dikenakan biaya, kalau tidak aplikasi tersebut akan berhenti dengan sendirinya di menit ke-45. Itu menjadi salah satu masalah buruk yang tak diinginkan terjadi.

Makanya, sebelum memutuskan, kamu harus mencari-cari info terlebih dulu mengenai aplikasi mana yang akan digunakan untuk virtual wedding.

Namun, kamu tidak perlu khawatir. Ada alternatif lain yang bisa kamu pilih! Kamu bisa melakukan panggilan live streaming di beberapa media sosial, seperti Instagram, Facebook, Google Hangout, bahkan YouTube.

Hanya saja, jika kamu menggunakan beberapa platform media sosial ini, Kamu tidak akan mendengarkan respon suara dari para tamu, kalian hanya akan mendapatkan respon melalui tulisan saja.

 

Itulah ulasan bagi calon pengantin yang ingin menggelar virtual wedding di tengah pandemi seperti ini. Masalah utama dengan adanya konsep seperti ini adalah terkait teknologi yang digunakan.

Intinya, dalam menggelar virtual wedding di tengah pandemi seperti ini, kamu perlu memastikan bahwa koneksi internet antara kamu dan para tamu undangan pun tetap aman, ya.

Selamat menempuh hidup baru. Semoga pernikahan kamu mendapatkan hikmah yang baik di tengah pandemi seperti ini. Amin!

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku apakah Kamu punya pengalaman menyaksikan pernikahan virtual? Kamu bisa ceritakan pengalaman mu itu  lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

 

Artikel ini merupakan hasil kerja sama antara Finansialku.com dengan Arahkita.com. Isi artikel menjadi tanggung jawab sepenuhnya Arahkita.com.

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • Virtual Wedding 01 – https://bit.ly/38yb8xv
  • Virtual Wedding 02 – https://bit.ly/2KWGN3g
  • Virtual Wedding 03 – https://bit.ly/3hkB97b

Posting ini diterbitkan pada 26/12/2020 10:30

Ari. A. Santosa, S.I.Kom.: Ari A. Santosa telah merampungkan kuliah Ilmu Komunikasi di Universitas Pasundan. Sesekali memboroskan waktu hanya untuk membaca dan menonton film.