Mengubah passion menjadi sumber pendapatan? Apakah mungkin? Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas caranya lewat artikel ini!

 

Mengubah Passion Menjadi Sumber Pendapatan

Banyak orang memiliki passion atau minat pada hal-hal tertentu, misal fotografi, berkebun, membuat kopi dan sebagainya.

Pekerjaan-pekerjaan tersebut dijalani karena minat atau passion. Pertanyaannya, apakah bisa mengubah passion menjadi sumber pendapatan? Jika bisa, bagaimana caranya?

Kali ini, Finansialku akan memberikan cara-cara yang bisa dilakukan. Catat dan praktekkan, yuk!

 

#1 Buat Sebuah Rencana Bisnis

Langkah awal dalam mengubah passion menjadi sumber pendapatan adalah membuat passion menjadi bisnis adalah tulis rencana bisnis (business plan) dan buat model bisnisnya.

 

#2 Cari Partner dan Mentor

Menurut Anda, mana yang mampu bertahan hidup lebih lama?

  • 1 orang yang ditinggal di sebuah pulau?
  • 2 orang yang ditinggal di sebuah pulau?

Banyak orang mengatakan bahwa 2 orang yang ditinggal akan bertahan hidup lebih lama. Kurang lebih bisnis juga seperti itu, partnier diperlukan untuk saling menguatkan dan bertukar pikiran.

Sebagai seorang calon entrepreneur jangan berpikir kita sudah menguasai semua. Ada baiknya mencari mentor yang dapat mengajarkan kita bagaimana mengelola dan menjadi sukses.

Cari mentor yang sudah sukses di bidang Anda, misal passion Anda di bidang fotografi, cari seorang fotografer yang telah sukses mengembangkan bisnisnya.

 

#3 Mengumpulkan Dana

Salah satu bagian tersulit adalah mengumpulkan dana.

Bagaimana cara mengumpulkan dana? Umumnya jika Anda mengerjakan sebuah pekerjaan berawal dari passion, Anda biasanya sudah memiliki alat-alat dan skill tertentu. Mulai dari yang sudah dimiliki.

 

#4 Delegasikan Pekerjaan yang Non Kritikal

Mungkin saja Anda bukan orang yang ahli di bidang administrasi, pekerjakan orang untuk mengurus administrasi dan pembukaan usaha Anda.

Sebagai seorang calon entrepreneur fokus pada key activities. Gunakan waktu yang tersedia untuk meng-upgrade kemampuan Anda.

 

#5 Gunakan Jasa Professional

Jangan ragu untuk menggunakan jasa-jasa professional, seperti:

  • Konsultan keuangan untuk mengurus keuangan bisnis.
  • Konsultan pajak untuk mengurus pajak.
  • Web programmer untuk membuat website dan pemasaran internet.
  • Notaris untuk mengurus izin-izin usaha
  • Dan lain sebagainya.

 

Perusahaan boleh kecil, tetapi Anda harus sudah memikirkan jauh ke depan. Finansialku teringat dengan tulisan Stephen R. Covey, bahwa sesuatu yang WOW dibangun 2 kali.

Anda melihat sebuah gedung yang megah dengan fasilitas terbaik. Sebelum Anda melihat bangunan tersebut berdiri, sang arsitektur atau desainer sudah mendirikan dan melihatnya di pikiran mereka.

Jadi boleh saja saat ini Anda sedang berjalan menuju kesuksesan, tetapi kesuksesan tersebut sudah Anda ciptakan dan Anda lihat dipikiran Anda.

 

Kesimpulan

Tentunya Anda akan sangat senang sekali bukan, jika Anda dapat mengubah passion menjadi sumber pendapatan. Berikut ini ringkasan 5 cara langkah kecilnya:

  1. Buat Sebuah Rencana Bisnis
  2. Cari Partner dan Mentor
  3. Mengumpulkan Dana
  4. Delegasikan Pekerjaan yang Non Kritikal
  5. Gunakan Jasa Professional

 

Silahkan hubungi perencana keuangan independen Finansialku, untuk mulai merencanakan keuangan keluarga Anda!