Siapa yang bertanggung jawab mengurus keuangan ? salah satu pertanyaan yang banyak orang pertanyakan, Fianasialku ajkan memberikan jawabannya 

Money on the Brain

 

 

Bagi yang single:

Siapa orang di dunia ini yang paling peduli dengan kondisi keuanganku (finansialku)?

 

Bagi yang sudah menikah:

Siapa orang di dunia ini yang paling peduli dengan kondisi keuangan (finansial) keluargaku?

 

100% jawaban para pembaca adalah “Aku atau Diriku Sendiri (bagi yang single)” dan “Aku serta Pasanganku (bagi yang sudah berkeluarga)”. Terus permasalahannya tidak berhenti pada Anda tahu Anda bertanggung jawab pada keuangan Anda, tetapi apa yang harus Anda lakukan? Usaha apakah yang sudah Anda lakukan untuk meningkatkan kemampuan di bidang keuangan? Apakah Anda berusaha menghindar dari topik keuangan? Atau justru Anda makin ingin tahu mengenai topik keuangan?

Penulis ingin sharing mengenai Pendidikan finansial yang praktikal untuk semua orang. Pendidikan finansial tidak sama dengan Anda menghafal definisi ini, itu, cara berhitung, seperti yang diajarkan dalam buku teks atau sekolah formal. Oleh sebab itu dalam artikel ini penulis mencoba berbagi pandangan dengan Anda mengenai finansial.

Capai Kebebasan Keuangan dengan Kerja Sama Anggota Keluarga - Finansialku

[Baca juga : Anda Tidak Percaya Diri Mengelola Keuangan Keluarga? Ini Solusinya]

 

Apa yang Harus Dilakukan?

Syarat utama seseorang ingin berhasil dalam mengelola keuangan (finansial) adalah dengan mencintai (bukan menggilai). Pepatah lama berkata: Tak Kenal maka Tak Sayang. Bagaimana Anda akan sayang apabila Anda tidak berkenalan? Bagaimana cara Anda berkenalan?

Coba kita ibaratkan dengan pengalaman seseorang berpacaran. Bagaimana cara Anda berkenalan dengan pasangan Anda? Setidaknya Anda pasti sering ngobrol, tanya-tanya, berkenalan dengan lingkungan pasangan (teman, sekolah, pekerjaan, keluarga), melihat dari facebook, twitter, pinterest dan lain-lain. Apa yang Anda lakukan dapat disimpulkan adalah mencari tahu informasi sebanyak-banyaknya mengenai pasangan Anda.

Begitupula dengan keuangan, Apabila Anda ingin kenal lebih dalam mengenai keuangan (finansial), Anda harus mencari tahu lebih banyak mengenai keuangan (finansial). Apakah sajakah kosakata yang berhubungan dengan keuangan. Di Internet kasus keuangan pribadi dan keluarga, dapat kita temukan dengan keyword: Personal Finance (keuangan pribadi).  Jadi Intinya kalau Anda ingin sukses mengelola keuangan, Anda harus kenal keuangan. Bagaimana caranya Anda kenal dengan keuangan? Tentu saja dengan mencari informasi, sehingga pengetahuan di bidang finansial menjadi meningkat.

 

Kok Tindakannya Berbeda ya?

90+ Cara Miliarder Berpikir, yang Anda Harus Tiru - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga : Mengapa Pasangan Baru, Perlu Mengelola Keuangan dengan Benar?]

 

Di Dunia termasuk di Indonesia, banyak orang-oraang yang sadar bahwa satu-satunya orang yang peduli keuangan mereka adalah diri mereka sendiri. Namun banyak orang yang melakukan tindakan sebaliknya, contoh memberikan kuasa kepada orang lain untuk mengatur uang mereka untuk diinvestasikan tanpa ingin belajar lebih lanjut.

Contoh ada salah satu orang (katakan si Pak Aan) yang menyerahkan seluruh dananya kepada temannya untuk diinvestasi di saham. Setelah menyerahkan seluruh dananya, Pak Aan berharap dananya akan bertumbuh besar. Beliau tidak mempelajari seluk beluk mengenai investasi di saham. Suatu ketika pasar saham dalam kondisi jelek, beberapa saham yang dikelola teman Pak Aan mengalami penurunan harga, sehingga investasi Pak Aan merugi. Kemudian Pak Aan datang ke temannya dan complain mengenai hal ini. Bagaimana menurut Anda, mengenai toko Pak Aan? Menurut Anda apa yang sebaiknya dilakukan oleh Pak Aan?

Ada 1000 alasan bagi seseorang untuk menolak mempelajari keuangan (finansial), tetapi ada 1001 alasan untuk seseorang mulai bergerak mempelajari keuangan (finansial). Salah satu alasan tersebut seperti jawaban Anda atas pertanyaan di judul,

 

Bagi yang single:

Siapa orang di dunia ini yang paling peduli dengan kondisi keuanganku (finansialku)?

 

Bagi yang sudah menikah:

Siapa orang di dunia ini yang paling peduli dengan kondisi keuangan (finansial) keluargaku?

 

Bukannya Anda yang paling peduli dengan keuangan Anda, kenapa Anda serahkan sepenuhnya kepada orang lain? Mengapa Anda tidak mulai belajar?

Ada satu quote dari Warren Buffet (salah satu investor sukses di Amerika), yang berkata:

warrenbuffet

“Seperti Tuhan, pasar membantu mereka yang sudah terlebih dahulu berusaha.”, maksudnya Jika seseorang ingin sukses di keuangan, jangan menyerahkan pendidikan finansial Anda ke tangan orang lain. Anda juga harus tau mengenai keuangan, karena hanya Anda (dan pasangan Anda) di dunia ini yang paling peduli dengan keuangan Anda.

 

Jika, Anda menjawab Saya adalah orang yang paling bertanggung jawab atas keuangan Saya, maka Anda harus bergerak, mulailah dengan belajar. Belajar dapat dilakukan dengan banyak cara baca buku, datang seminar, diskusi dengan teman, dan lain-lain.

 

Website Finansialku juga akan membantu Anda memberikan artikel-artikel dan alat-alat untuk membantu Anda belajar keuangan.