Moms, apa yang bakal dilakukan ketika tiba-tiba butuh dana untuk berobat anak? Jangan panik! Kalau Moms menyiapkan dana darurat, masalah bisa teratasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menyiapkan Dana Darurat

Hai Moms, para menteri keuangan keluarga, kali ini Rista akan share buat Moms semua tentang gimana sih cara mempersiapkan Dana Darurat didalam mengatur keuangan keluarga.

Setiap orang memiliki pendapatan atau gaji yang di peruntukkan untuk keluarga tercinta.

Untuk itu mengatur keuangan keluarga sangat perlu dilakukan, tapi mengatur keuangan keluarga bukan hanya sebatas bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari aja nih Moms.

Tapi juga harus mulai dipikirkan bagaimana mengelola kondisi keuangan agar tetap aman dan stabil.

Maksudnya di sini adalah income atau gaji tadi akan didapatkan kalau semua kondisinya baik-baik aja, tapi yang namanya risiko kehidupan tidak ada yang tahu.

Nah untuk itu penting banget Moms mempersiapkan yang namanya Dana Darurat.

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Apa Itu Dana Darurat dan Manfaatnya

Dana Darurat atau yang sering di sebut dengan Emergency Fund adalah sejumlah dana yang harus Moms sisihkan di awal ketika melakukan pengelolaan keuangan keluarga.

Sesuai dengan namanya, emergency fund digunakan untuk hal-hal yang bersifat darurat, contohnya biaya anak yang tiba-tiba sakit sedangkan asuransi dari kantor tidak meng-cover-nya sehingga mau tidak mau harus membayar biaya nya sendiri.

Atau ketika tidak ada income masuk seperti kehilangan pekerjaan, atau juga terkena musibah. Dalam keadaan tersebut mau tidak mau harus mengeluarkan sejumlah dana yang tidak sedikit untuk perbaikan dan bertahan hidup.

Selain hal-hal tersebut, masih banyak kegunaan dana darurat lainnya.

 

Cara Menghitung Dana Darurat

Setiap orang atau setiap keluarga memiliki dana darurat yang berbeda-beda, di mana perhitungannya tergantung dari berapa pengeluaran per bulannya dan kondisi keuangannya.

Sebenarnya sih bisa dihitung baik dari pendapatan atau pengeluaran per bulan, tapi biasanya masyarakat kita masih enggan kalau ditanya berapa pendapatannya per bulan.

Dana Darurat atau emergency fund yang ideal dimiliki adalah sebagai berikut:

  • 3 kali dari pengeluaran per bulan untuk yang belum berkeluarga
  • 6 kali dari pengeluaran per bulan untuk yang sudah berkeluarga tapi belum memiliki buah hati
  • 12 kali dari pengeluaran per bulan untuk yang sudah berkeluarga dan sudah memiliki buah hati.

 

Cara Menyiapkan Dana Darurat

  1. Pertama Moms harus hitung terlebih dahulu berapa pengeluaran keuangan keluarga rata-rata per bulan, setelah tahu berapa besaran per bulannya tinggal dikalikan 3, 6 atau 12 sesuai dengan status dan kondisi keuangan tentunya.
  2. Dana darurat bisa disimpan dalam produk-produk keuangan yang Aman, Likuid dan Mudah di cairkan, mengingat kejadian darurat bisa kapan saja hadirnya.
  3. Sering lakukan monitoring apakah dana darurat tersebut masih cukup atau tidak, dan setiap ada penambahan income serta penambahan pengeluaran maka harus ada peningkatan dana darurat.

 

Semakin besar dana darurat yang dimiliki maka semakin baik ya Moms, mengingat saat keadaan darurat biasanya membutuhkan dana yang lumayan besar.

So.. jangan sampai ketika keadaan darurat hadir yang ada darurat dananya alias harus utang sana sini.

Nah untuk menghitung dana darurat tersebut, Moms bisa mempergunakan aplikasi Finansialku yang bisa di-download secara gratis di Goggle Play Store atau Apple Apps Store, lalu daftar dan join.

Kemudian Moms ambil menu membuat anggaran dan pilih dana darurat. So simple lho Moms!  Jadi Moms bisa langsung hitung deh kebutuhan dana daruratnya.

Jika Moms membutuhkan konsultasi masalah keuangan, Moms bisa juga gunakan aplikasi Finansialku untuk chat langsung dengan Perencana Keuangan terpercaya dari Finansialku melalui fitur Konsultasi Keuangan.

Ini caranya:

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Oke Moms semoga artikel ini bermanfaat, dan sekali lagi, keluarga yang sejahtera berawal dari ibu yang bijak!