Apa saja yang biasanya kamu persiapkan sebelum datang ke gelaran Midnight Sale? Awas jangan sampai lupa diri membeli banyak barang yang tidak diperlukan.

Mari simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Menggila di Midnight Sale

Menjelang hari-hari penting seperti hari raya Idul Fitri, Imlek, Natal, atau tahun baru banyak sekali godaan midnight sale.

Jika kamu tidak tahan godaan, pasti kamu akan langsung mendatangi seluruh tempat yang mengadakan midnight sale dan membeli barang ini dan itu.

Bagaimana tidak, midnight sale ini menawarkan promo belanja yang tidak tanggung-tanggung. Hampir seluruh pusat perbelanjaan saling bersaing dengan promosi dan diskon-diskon yang ditawarkan.

Semakin malam, diskon produk yang diberikan akan semakin menggila dan membuat siapa saja akan seolah-olah terhipnotis seketika.

Meskipun waktunya hingga tengah malam, tapi gelaran ini cukup banyak menarik minat masyarakat dan rela mengantre demi mendapatkan barang yang sudah menjadi incaran.

Hal yang sering dilupakan oleh para shopaholic adalah tidak mampu untuk menahan hawa nafsu untuk membeli barang-barang di midnight sale sehingga ketika sampai di rumah baru merasakan penyesalan karena uang yang terkuras cukup banyak.

Tak ada salahnya belanja di midnight sale karena harganya pun dapat dikatakan lebih murah. Tapi ingat! Kamu harus tetap kontrol demi kestabilan keuangan untuk menjalani kehidupan di hari-hari berikutnya ya..

 

Cara Belanja di Midnight Sale

Agar keuangan kamu tetap terkontrol ketika datang ke midnight sale. Perhatikan tips and trik di bawah ini:

 

#1 Riset Sebelum Membeli

Sebelum kamu pergi ke midnight sale, alangkah lebih baiknya jika kamu lakukan riset terlebih dahulu. Tentukan barang apa saja yang kamu butuhkan dan kamu ingin beli.

Jangan lupa tulis barang-barang yang akan kamu beli agar tidak lupa dan malah membeli barang diluar yang kamu list.

Setelah menulis, lakukan riset di internet, toko mana saja yang lebih murah atau memberi potongan lebih besar. Dengan cara ini, dijamin pengeluaran kamu akan lebih irit.

Cara Belanja Online 06 Diskon Online Shopping - Finansialku

[Baca Juga: 10+ Tips Belanja Cepat dan Hemat Tanpa Menguras Kantong]

 

#2 Datang Lebih Awal

Midnight sale biasanya dimulai pada pukul 11 malam. Di jam-jam tersebut pasti toko akan ramai dengan pengunjung yang rebutan baju dan sekedar mengganti di ruang pas.

Hal yang menjadi tradisi di midnight sale adalah jumlah antrean yang pastinya akan melelahkan.

Tapi yang namanya wanita, sepanjang apapun antrean akan tetap sabar. Namun bagi mereka yang menunggu kamu berbelanja, mungkin ini adalah hal yang membosankan.

Untuk menghindari antrean panjang, lebih baik untuk datang lebih awal sehingga kamu bisa mendapatkan barang incaran tanpa terburu-buru.

 

#3 Jangan Gunakan Kartu Kredit

Berbelanja dengan menggunakan kartu kredit tentu sangat mudah, kamu tidak perlu membawa uang banyak di dompet. Namun yang jadi masalah kebanyakan orang dengan adanya kartu kredit, keuangannya jadi tidak stabil.

Cara Ampuh Mengajukan Kartu Kredit Online 01 - Finansialku

[Baca Juga: Supaya Tidak Belanja Impulsif, Kenali Jenis-jenis Promosi Produk]

 

Ketika kamu pergi ke midnight sale tidak sedikit yang ingin membeli banyak barang, namun uang cash yang dibawanya tidak mencukupi, alhasil mereka lebih pilih menggunakan kartu kredit.

Buatlah estimasi budget belanja yang sesuai dengan kondisi keuangan kita. Biasanya jika sudah menggunakan kartu kredit, kamu bisa-bisa sampai lupa dengan batasan budget untuk belanja di midnight sale.

Maka dari itu, agar terhindar dari hal tersebut, lebih baik kamu simpan kartu kredit di rumah dan bawalah uang cash secukupnya sesuai dengan jumlah anggaranmu.

 

#4 Manfaatkan Sistem Cashback

Setiap pusat perbelanjaan biasanya memiliki kartu keanggotaan. Kartu ini kadang menawarkan beragam potongan harga bagi para anggotanya.

Di poin sebelumnya, penggunaan e-money memang cukup bermanfaat dalam membatasi pengeluaran.

Biar Gak Kudet, Ini Cara Menghitung Diskon dan Promo Harbolnas 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apakah Anda Saat Belanja Sering Over budget? Ternyata Ini Lho Alasannya]

 

Tapi jangan salah, gelaran midnight sale biasanya diikuti penawaran berbagai keuntungan jika kita belanja dengan menggunakan kartu kredit.

Mulai dari diskon belanja, cashback, cicilan nol persen, hingga reward spesial.

Karena itu, sebelum belanja setidaknya kita mengetahui jenis kartu kredit apa saja yang menawarkan banyak keuntungan di saat belanja 

Tapi meskipun ada sistem cashback ini kamu tetap harus bijak dalam menggunakan kesempatan ini, karena beragam potongan ini juga bikin kamu malah lebih konsumtif.

 

#5 Ajak Teman Sebagai Pengawas Saat Belanja

Lebih baik kamu pergi ke midnight sale membawa teman atau keluarga, dengan begitu selain mereka turut berbelanja, mereka juga bisa mengontrol kamu saat berbelanja.

Dengan membawa teman saat berbelanja setidaknya kamu tidak terlalu boros karena ada yang mengingatkan kamu ketika belanjaan sudah melebihi batas.

Tapi jangan bawa orang yang hobi belanja dan lemah pada saat ada godaan diskon juga ya! Nanti bukannya mengingatkan malah mengajak kamu untuk membeli barang-barang lainnya..

Supaya Tidak Belanja Impulsif 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Tetap Hemat Saat Belanja Online? Tiru 5+ Jurus Ampuh Berikut Ini]

 

#6 Beli Barang Untuk Jangka Panjang

Jika kamu terus-terusan mengikuti tren pasti tidak akan ada habisnya. Hampir setiap minggu atau setiap tahun kadang tren bisa saja berubah-ubah.

Kalau kamu mengikuti tren terus bakal kekuras semua uang yang kamu bawa pada saat datang ke midnight sale. Maka dari itu belilah barang-barang yang tak lekang oleh waktu.

Untuk mensiasati ini kamu bisa membeli kaos yang polos atau warna-warna yang netral yang bisa dipakai di berbagai acara.

 

#7 Lakukan Perbandingan Harga

Saat mengetahui berapa besar persentase diskon yang diberikan oleh merek yang bersangkutan, lakukanlah perbandingan harga melalui online marketplace atau melalui hashtag di Instagram.

Hal ini berguna agar Anda tidak tertipu dengan papan diskon yang dipajang, setidaknya Anda sudah memiliki opsi tambahan kalau-kalau produk tersebut sudah habis terjual. 

Manfaatkan waktu yang ada untuk melihat harga asli sebelum diskon diberikan, agar Anda dapat membandingkan harga.

Jika memang diskon besar, Anda bisa langsung mengambilnya. Jika tidak terlalu besar dan tetap lebih murah jika dibeli secara online, maka belilah secara online saja. 

Kamu juga bisa tonton video tips bebas dari godaan belanja online yang bikin kamu bangkrut & gelap mata melalui channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

Jadilah Pembeli yang cerdas

Pembeli yang cerdas dan bijak akan lebih mementingkan kebutuhan ketimbang keinginan, karena keinginan sebetulnya hanya berdasarkan dari nafsu kita saja, yang padahal gak dibutuhkan sama sekali.

Itu dia, beberapa acara yang bisa kamu lakukan untuk menghemat keuangan pada saat pergi ke midnight sale.

Bagi kamu yang tidak memiliki tujuan pasti atau tidak memiliki barang yang memang diincar, ada baiknya untuk tidak menghadiri acara midnight sale

Biasanya keputusan dalam membeli barang bisa hadir tanpa direncanakan, orang-orang yang hadir hanya untuk melihat-lihat biasanya pulang membawa barang belanjaan lebih banyak daripada mereka yang sudah merencanakannya. 

Jika saat ini kamu sedang berusaha untuk hidup lebih hemat, sebaiknya hindari acara ini agar tidak melakukan belanja secara impulsif. 

Agar semuanya bisa terencana dengan baik, kamu bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Okky Budi. 23 Mei 2019. Jangan Kalap! Ini 8 Tips Belanja Cerdas dan Hemat Saat Midnight Sale. Moneysmart.id – http://bit.ly/2FuVIwk
  • Surtan Siahaan. 21 Desember 2017. 7 Cara Belanja di Midnight Sale Jadi Lebih Untung. Cekaja.com – http://bit.ly/2LjDzVF

 

Sumber Gambar:

  • Midnight sale – http://bit.ly/2YjIKsI