Perkembangan kelas menengah Amerika di akhir era 1980 an menjadikan orang-orang mulai memiliki mimpi kelas menengah Amerika (American Dream). Finansialku.com akan membahas lebih dalam mengenai mimpi kelas menengah Amerika (American Dream).

 Mimpi Kelas Menengah Amerika (American Dream) United_States_Class_Structure_Comparison,1984-2014

 

Kelas Menengah Amerika

Masyarakat kelas menengah adalah sebuah status sosial yang berkembang di Amerika. Masyarakat kelas menengah umumnya memiliki standar hidup yang cukup tinggi (hidup aman dan nyaman), memiliki keamanan finansial, mampu bekerja sendiri (wirausaha) dan sangat bergantung pada keahlian yang dimilikinya.

Kelas menengah di Amerika dibedakan menjadi beberapa grup yaitu kelas menengah atas, kelas menengah dan kelas menengah bawah. Pendapatan kelas menengah Amerika ditunjukkan pada gambar berikut:

 

Mimpi Kelas Menengah Amerika (American Dream)

Mimpi kelas menengah Amerika (American Dream) dapat didefinisikan sebagai sebuah keyakinan bahwa setiap orang dapat mencapai kesuksesan menurut versi masing-masing orang. Gambaran kelas menengah Amerika ditunjukkan dalam beberapa film, salah satunya adalah film yang berjudul Pursuit of Happiness yang dibintangi oleh Will Smith.

Ada beberapa ahli yang mengatakan American Dreams pada dasarnya berasal dari ajaran Deklarasi Kemerdekaan Amerika (Declaration of Independence) yang menyatakan: “We hold these truths to be self-evident, that all men are created equal, that they are endowed by their Creator with certain unalienable Rights, that among these are Life, Liberty and the pursuit of Happiness.”

American dream berisi mengenai kebebasan dalam politik dan ekonomi, termasuk di dalamnya peraturan perundang-undangan dan hak kepemilikian properti. American dream menawarkan kebebasan untuk orang-rang membuat keputusan besar atau kecil mengenai hidupnya: kebebasan untuk bercita-cita dan peluang untuk meraihnya, kebebasan untuk mengakumulasi kekayaan, serta kebebasan untuk hidup sesuai dengan nilai-nilai yang diyakininya.

Salah satu American Dream yang paling populer adalah kepemilikan rumah. Kepemilikan rumah menjadi simbol, karena bagi sebagian orang memiliki rumah adalah simbol kesuksesan dan kemandirian keuangan. Seiring perkembangan zaman, kredo American Dream menjadi salah satu perdebatan baru, apakah kepemilikan rumah menjadi salah satu mimpi orang-orang Amerika. Diskusi tumbuh karena adanya krisis real estate buble di tahun 2008.

 

Kesimpulan

Mimpi kelas menengah Amerika (American Dream) tumbuh dan berkembang pada saat kelas menengah Amerika mulai tumbuh secara signifikan. Industri keuangan (financial services industry) di Amerika mulai mengembangkan produk-produk keuangan untuk membantu masyarakat Amerika dalam memenuhi mimpi-mimpinya. Sebagai bahan pemikiran, Indonesia saat ini mulai mengalami pertumbuhan kelas menengah yang cukup signifikan, akankah ada perkembangan di industri keuangan Indonesia?

 

 

Finansialku.com akan sangat berterima kasih jika para pembaca mau berdiskusi mengenai mimpi kelas menengah Amerika (American Dream). Hubungi Finansialku untuk berdiskusi dan membuat janji mengenai perencanaan keuangan keluarga.

 

Hubungi Finansialku