Negara apa saja yang termasuk ke dalam negara termalas di dunia? Kenapa negara-negara ini disebut negara termalas, ya?

Temukan jawabannya dalam artikel Finansialku kali ini.

 

Summary

  • Terdapat beberapa negara maju yang masuk ke dalam daftar negara malas.
  • Negara yang malas tersebut karena ketergantungan terhadap teknologi, budaya dan sifat masyarakatnya.

 

Definisi Negara Malas

Sobat Finansialku, sebelum kita masuk pada pembahasan tentang daftar negara termalas di dunia, kamu harus tahu sebuah fakta yang cukup mengejutkan.

Negara-negara yang dikatakan pemalas, justru lebih banyak pada negara yang ekonominya cenderung maju, lho

Negara yang malas juga banyak bergantung kepada kemajuan teknologi. Sehingga, membuatnya tidak perlu lagi bersusah payah untuk memanfaatkan kekuatan fisiknya. 

Negara yang malas ini juga lebih suka beradaptasi menggunakan media sosial, dan sudah jarang berkomunikasi secara langsung. 

Lantas, apakah teknologi yang semakin maju bisa menjadi penyebabnya? 

Jawabannya tentu tidak mutlak, ada beberapa hal yang menjadi faktor, seperti misalnya budaya dan sifat dari masyarakat negara itu sendiri.

 

Daftar Negara Termalas di Dunia 

Malas merupakan suatu bagian dari dalam diri, yang merupakan keadaan di mana muncul pikiran untuk tidak ingin melakukan sesuatu

Malas bisa muncul kapan saja, tidak bisa dihindari atau pun diatur kapan datangnya. Sehingga, hampir setiap manusia memiliki sifat malas, dengan penyebab yang beragam.

Sifat malas ini juga bisa kamu temukan di beberapa negara di dunia. Rata-rata masyarakat di negara tersebut malas untuk melakukan sesuatu secara fisik. 

Lantas, negara mana saja yang dikenal punya masyarakat yang pemalas?

[Baca Juga: Daftar Negara Terkaya di Dunia, Indonesia Termasuk?]

 

#1 Kuwait

WHO sudah menganalisis tingkat populasi negara Kuwait dan persentase penduduknya yang disinyalir kurang melakukan aktivitas. Sehingga, membuat negara ini menduduki posisi pertama sebagai negara dengan tingkat kemalasan yang tinggi. 

Negara Kuwait mempunyai tingkat masyarakat yang malas dengan rasio hampir mencapai 70%. 

Negara ini memiliki jumlah populasi penduduk yang berjumlah 4,2 juta jiwa. Jika dibagi dengan populasi masyarakat yang malas, maka jumlahnya mencapai 3 juta jiwa.

Meskipun negara ini cukup sukses dalam mengelola ekonomi, namun masyarakatnya cenderung kurang memperhatikan gaya hidup yang baik. 

Hal ini bisa saja berdampak pada keberlangsungan masa depan negara ini. Penting bagi Kuwait untuk segera memberikan arahan kepada warganya untuk memulai olahraga yang tepat, serta mengatur gaya hidup sehat yang cukup. 

Dengan mengajak masyarakat untuk aktif memperhatikan kesehatan dan meningkatkan kesadaran dalam berolahraga, maka tingkat risiko penduduk yang malas akan dapat berkurang secara signifikan.

 

#2 Samoa Amerika

Berikutnya ada negara Samoa. Negara ini bahkan mencetak penduduk termalas, dengan kapasitas persentase 54%. Padahal total penduduk Samoa Amerika tidak begitu besar, yakni hanya menyentuh 54 ribu penduduk. 

Walaupun berpenduduk kecil, namun tingkat kemalasan yang tinggi ini bisa berdampak serius terhadap pertumbuhan ekonomi serta tingkat populasi masa depan. 

Jika dihitung, 54% penduduk malasnya saja sudah menyentuh lebih dari ½ populasi penduduk, yaitu 30 ribu orang. 

 

#3 Arab Saudi

Siapa yang menyangka ternyata negara Arab Saudi juga dicap sebagai negara termalas di dunia? 

Negara ini bahkan menempati posisi ketiga dengan populasi penduduk malas yang mencapai 53%.

Meski menjadi negara dengan penghasil minyak yang besar, Arab Saudi masih memiliki PR besar dalam meningkatkan minat masyarakat terhadap olahraga dan kegiatan fisik lainnya. 

 

#4 Irak

Negara yang mayoritas masyarakatnya adalah muslim ini juga masuk ke dalam negara termalas di dunia. 

Negara ini sedang mengalami masa krisis yang parah dan ekonomi yang sedang dalam masa perbaikan. Penduduk negara Irak yang malas akan semakin memperparah keadaan. 

Hingga kini terhitung total penduduk malas berdasarkan riset WHO, berjumlah 52% dari total populasi penduduk Irak. 

Saat ini, populasi Irak sudah menyentuh angka 40 juta penduduk, maka apabila memiliki 52% penduduk yang malas, artinya sekira 20 juta penduduk dicap sebagai orang yang malas.

Negara ini harus segera mengubah mindset penduduk untuk cinta terhadap olahraga atau aktivitas fisik lainnya. 

[Baca Juga: 10 Negara Dengan Utang Terbanyak 2022, Indonesia Termasuk?]

 

#5 Brazil

Sebagai negara yang dikenal memiliki popularitas tinggi terhadap dunia olahraga, namun masyarakatnya sendiri masih memiliki tingkat kemalasan yang cukup tinggi. 

Brazil bahkan menempati posisi kelima, dan adanya populasi penduduk malas sebesar 47%. 

Kecenderungan untuk terlalu santai dan memiliki inisiatif rendah dalam mengubah pola hidup sehat membuat warga Brazil menjadi pemalas.

Untuk membuat minat warga Brazil menjadi pecinta budaya olahraga yang tinggi, perlu secara perlahan untuk mengubah pola pikir warga kearah yang lebih baik. 

 

#6 Inggris

Negara yang bisa dibilang maju ini ternyata juga masuk ke dalam daftar negara yang malas, lho! Pasti banyak yang bertanya-tanya bagaimana Inggris bisa masuk ke dalam daftar ini. 

Dengan hadirnya teknologi yang semakin maju, justru malah membuat warga Inggris menjadi pemalas. 

Terdapat riset yang sudah menguji dan melihat budaya warga Inggris, yang hidupnya dikelilingi dengan teknologi yang sudah semakin mumpuni. 

Seseorang melihat Ayah yang kelelahan mendorong kereta bayinya, kemudian mengubah bentuk keretanya. 

Awalnya kereta tersebut manual, tetapi menjadi bertenaga listrik. Ini menjadi sebuah ironi, bahwa mesin yang maju mengubah segalanya.

Hingga kini kemalasan warga Inggris dalam menjalankan aktivitas fisik masih cenderung tinggi.

 

#7 Filipina

Siapa sangka negara tetangga Indonesia, yakni Filipina juga menjadi salah satu negara pemalas. 

Ketergantungan ekonomi terhadap negara luar bisa dikatakan wajar, namun bagaimana jika politik, ekonomi hingga budayanya adalah hasil dari duplikat negara barat? Tentu ini merupakan kemunduran. 

Filipina malas dalam membuat peraturannya sendiri, dan cenderung ikut-ikutan. Sehingga hal ini turut membuat masyarakatnya menjadi malas.

Dengan tingkat kemalasan yang cukup tinggi inilah yang membuat Filipina masuk ke dalam daftar negara termalas di dunia. 

[Baca Juga: Ekonomi 60 Negara Diprediksi AMBRUK! Indonesia Termasuk?]

 

Melihat daftar negara termalas di atas, sedikit lega karena Indonesia tidak termasuk salah satunya. Namun, hal tersebut tentu harus kita waspadai karena bisa saja suatu saat Indonesia bisa berada di urutan atas.

Nah, mari kita mulai dari hal yang paling kecil, seperti jangan malas untuk membuat catatan dan anggaran keuangan.

Walaupun terkesan sepele, tapi ternyata mencatat keuangan bisa memberikan dampak yang besar pada kehidupan kita.

Yuk, sisihkan waktu sebentar untuk mencatat setiap transaksi yang kamu lakukan. Supaya kamu tidak kebingungan ke mana uangmu lari setelah gajian.😊

Kamu bisa catat keuanganmu dengan aplikasi Finansialku. Dengan berbagai fitur keuangan di dalamnya, bisa membuat keuanganmu semakin teratur, lho.

Kamu bisa download aplikasinya dan manfaatkan semua fitur keuangannya! Yuk, kita jadi orang yang rajin!

Banner Iklan Fitur Anggaran

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai fakta ini? Yuk, bagikan pendapat Anda lewat kolom komentar! Jangan lupa untuk bagikan artikel ini agar lebih memahami negara mana saja yang termasuk negara termalas di dunia, terima kasih!

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Tika Vidya Utami. 23 Maret 2022. 5 Negara Termalas di DUnia, Nomor 3 Penghasil Minyak Terbesar. International.sindonews.com – https://bit.ly/3zL8pzW
  • Kholida Qothrunnada. 09 Juni 2022. 7 Negara Termalas di Dunia, Ada Indonesia Nggak Ya?. Finance.detik.com – https://bit.ly/3HzSF4I
  • Riska Tri Handayani. 12 Februari 2022. Apakah Indonesia Termasuk 20 Negara Termalas atau Terajin di Dunia?. Bangka.sonora.id – https://bit.ly/3O85vJW