Gaji UMR tapi mau beli Nmax? Memang bisa, tapi apakah kamu yakin? Coba deh untuk mempertimbangkan lagi beberapa hal di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Gaji UMR Beli Motor Nmax? Bisa, Tapi Kamu Yakin??

Sepeda motor merupakan moda transportasi yang kini banyak sekali digunakan masyarakat. Dengan menggunakannya, semua kegiatan terasa begitu praktis dan fleksibel.

Dimulai dari berangkat ke kantor, kuliah, atau mungkin perjalanan ke luar kota sekali pun.

Industri sepeda motor pun semakin berkembang dan kini sudah ada banyak sekali merk motor dengan berbagai macam produk, segmentasi, hingga jenis yang beragam.

Gaji UMR Ingin Beli NMAX Bisa Sih... Tapi Yakin 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pahami Dulu 5+ Fakta Kredit Motor Murah Tanpa DP, Jangan Salah!]

 

Termasuk segmentasi skuter matic premium. Pada segmentasi ini salah satunya diisi oleh produk andalan Yamaha yakni Nmax. Motor ini bisa dikatakan menjadi yang difavoritkan.

Karena desainnya yang elegan, mesin yang powerful, juga kenyamanannya saat berkendara.

Akan tetapi, tentu saja ada barang maka ada pula harga. Yamaha Nmax merupakan salah satu skuter matic dengan harga yang cukup tinggi. Nah, mungkin kamu adalah salah satu orang yang sangat menginginkan motor ini.

Akan tetapi masih terhalang oleh pertimbangan gaji yang belum mencukupi, atau hanya sebatas UMR. Tapi pertanyaannya, memang bisa ya gaji UMR membeli sepeda motor Nmax?

Jawabannya bisa, tapi hal tersebut kembali mencuatkan pertanyaan baru yakni, apakah kamu yakin? Segala yang dipaksakan pasti bisa-bisa saja, akan tetapi kamu harus bersiap menghadapi risiko lainnya.

Oke, kali ini Finansialku akan menjabarkan beberapa hal yang harus kamu pertimbangkan sebelum memutuskan membeli motor Nmax.

 

#1 Regulasi yang Tak Memungkinkan

Pertama secara regulasi saja statusmu yang bergaji UMR sudah tak lagi memungkinkan. Kita ambil contoh untuk UMR DKI Jakarta tahun 2020 yang bernilai Rp 4,2 juta.

Harga Yamaha Nmax terbaru sebesar Rp 28,5 juta hingga Rp 33,7 juta. Dengan tenor 23 bulan dengan DP terendah yakni berkisar 20 persen, maka secara hitungan kasar idealnya gaji kamu harus lebih dari Rp 5 juta.

Apalagi salah satu tim survei dari leasing mengatakan bahwa mereka mempertimbangkan gaji harus tiga kali lipat lebih besar dari nilai angsurannya.

Sehingga dengan status gajimu yang masih UMR, bisa dikatakan cukup sulit untuk bisa mengangsur motor Yamaha Nmax.

Gaji UMR Ingin Beli NMAX Bisa Sih... Tapi Yakin 01 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji UMR Beli Fortuner, Apa Bisa? Gini Tips dan Triknya Guys!]

 

Akan tetapi, jika kamu masih tetap yakin untuk membelinya, mungkin kamu bisa mencicil dengan tenor yang jauh lebih lama yakni berkisar 36 bulan.

Dengan jangka waktu tersebut harga kredit Yamaha Nmax dengan uang muka kurang lebih Rp 4 jutaan, nilai cicilannya berkisar Rp 1,2 jutaan.

Sehingga, walaupun gaji masih UMR, kamu masih bisa menyicil motor Yamaha Nmax yang baru. Walau untuk menyicil sepeda motor, tenor dengan jangka waktu yang lama tidaklah ideal.

 

#2 Solusi Alternatif

Nah, Finansialku juga memiliki saran atau solusi alternatif lain yang bisa kamu lakukan untuk tetap bisa membeli Yamaha Nmax. Pertama kamu bisa mempertimbangkan untuk membeli Yamaha Nmax bekas.

Yamaha Nmax bekas sendiri sudah bisa kamu dapatkan mulai dari harga Rp 17 jutaan hingga Rp 19 jutaan. Akan tetapi kamu harus lebih teliti dalam membelinya.

Gaji UMR Ingin Beli NMAX Bisa Sih... Tapi Yakin 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gaji UMR Beli Apartemen? Siapa Bilang Enggak Mungkin!]

 

Kemudian, solusi kedua adalah tentu saja kamu harus melakukan perencanaan keuangan. Tidak hanya menabung, kamu juga bisa memanfaatkan banyak sekali instrumen investasi untuk memperlancar misi-mu mendapatkan satu unit motor.

Dengan gaji UMR kamu bisa menyisihkan beberapa persen gajimu atau sesuai nilai angsuran untuk ditabung dan diinvestasikan.

Salah satu contohnya, kamu bisa melakukan investasi reksadana, dengan keuntungan kurang lebih 12 persen setiap tahunnya.

Jika kamu tertarik untuk melakukan investasi reksa dana, kamu bisa membaca ebook gratis berikut ini.

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Tentu keuntungan tersebut dapat kamu maksimalkan untuk bisa mendapatkan motor tanpa harus menyicilnya. Akan tetapi tentu saja kamu harus sedikit bersabar.

 

Aplikasi Finansialku, Solusi Untuk Membantu Merealisasikan Impianmu

Nah, terkadang banyak orang justru mengabaikan masalah perencanaan keuangan. Padahal kamu bisa mendapatkan banyak sekali keuntungan jika melakukan hal tersebut.

Apalagi kini dalam melakukannya semakin mudah dengan adanya aplikasi Finansialku. Di aplikasi ini, mimpimu mendapatkan Yamaha Nmax bisa kamu masukkan ke dalam fitur Rencana Keuangan.

Di dalam fitur tersebut kamu akan diminta mengisi informasi yang diperlukan. Nantinya aplikasi secara otomatis akan memberikan uraian solusi keuangan yang bisa kamu lakukan.

Selain itu terdapat juga fitur-fitur lain yang dapat memfasilitasi perencanaan keuanganmu seperti laporan keuangan, financial check up, konsultasi keuangan, hingga investasi.

Kamu juga bisa membaca berbagai informasi, tips dan trik, dan fakta-fakta menarik yang tersedia di menu artikel. Semua itu bisa kamu dapatkan hanya dalam satu aplikasi. Jadi, langsung saja download di sini.

playstore icon
appstore icon

 

Nah, itulah sedikit ulasan mengenai upayamu membeli motor Yamaha Nmax meski gaji UMR. Jadi, solusi mana yang akan kamu pertimbangkan?

Tuliskan jawabanmu pada kolom komentar, ya. Jangan lupa share artikel ini, semoga bermanfaat…

 

 

Sumber Referensi:

  • Jalaludin Rumi. 23 Juli 2020. Skema Kredit Terendah Yamaha Nmax, Gaji UMR Bisa Kok. Hops.id – https://bit.ly/3gAllvi
  • Jeffry Yanto Soedibyo. 6 Agustus 2020. Ukur Diri Dulu, Gaji di Bawah 5 Juta Jangan Mimpi Beli Nmax dan PCX. 100kpj.com-https://bit.ly/3hGQPkx
  • Septian Farhan Nurhuda. 17 Januari 2020. Mau Kredit Nmax Terbaru, Gaji UMR Bisa Enggak Sih? https://bit.ly/31E7akr

 

Sumber Gambar:

  • Motor 1 – https://bit.ly/3i34cfk
  • Motor 2 – https://bit.ly/3gZE97u
  • Motor 3 – https://bit.ly/320hHqh