Sering kehabisan nomor antrian BPJS Ketenagakerjaan di website online BPJS? Ikuti tips berikut untuk kebagian nomor antri online-nya.

Selamat membaca…

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Pentingnya Akses Website Antrian BPJS Ketenagakerjaan

Belakangan, masyarakat tengah dibingungkan dengan BPJS Ketenagakerjaan. Hal ini dipicu oleh sulitnya mengakses antrian untuk mencairkan JHT (Jaminan Hari Tua).

Sebagai penerima JHT, Anda mungkin pernah mengalaminya. Tak sedikit masyarakat yang kesulitan mendapat nomor antrian secara online. Bagaimana caranya mengakses website antrian BPJS dengan mudah?

 

Cara Mendapatkan Nomor Antrian BPJS Ketenagakerjaan 

Untuk membantu Anda memecahkan masalah tersebut, sebenarnya ada beberapa poin yang perlu digaris bawahi. Ini akan membantu proses pencairan JHT lebih cepat dan tidak ribet sama sekali.

Wajib Tahu! 5 Info Penting EPS BPJS Ketenagakerjaan (1)

[Baca Juga: Penyakit Epilepsi Adalah Penyakit Berbahaya! Apa Benar Di Tanggung BPJS?]

 

Bahkan Anda tak butuh waktu terlalu lama untuk mendapat uang tunai dari pencairan. Berikut beberapa poin yang harus diperhatikan guna mendapat nomor antrian.

 

#1 Akses Website atau Aplikasi

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengakses situs resmi atau aplikasi BPJS. Anda bisa memilih salah satunya, sesuai dengan keinginan dan kenyamanan.

Tak ada perbedaan signifikan antara keduanya untuk antrian BPJS ketenagakerjaan. Hanya saja aplikasi akan mengarahkan Anda pula ke laman situs resmi. Anda akan menemukan formulir pengisian untuk mendapatkan nomor antrian.

 

#2 Hari dan Jam Pencairan

Format ini sebenarnya sedikit berbeda dari pencairan JHT di tahun 2018. Sejak awal diluncurkan, program ini telah mengalami perubahan yang cukup signifikan.

Pemerintah rupanya melakukan pembenahan agar tak terjadi antrian yang mengular. Pasalnya, kantor BPJS seringkali mengalami antrian panjang dan massa yang membludak. Alasan ini yang mendorong BPJS meluncurkan antrian online.

BPJS Ketenagakerjaan Online E-Payment System (EPS) Untuk Kemudahan Pembayaran 01 - Finansialku

[Baca Juga: BPJS Ketenagakerjaan: Antara Digitalisasi vs Efisiensi]

 

Sayangnya, masih banyak orang yang sulit mendapat nomor antrian. Sekarang, Anda tak perlu terlalu khawatir, sebab sistem tersebut sudah diperbaiki. Setiap orang bisa mengakses situs maupun aplikasi dengan mudah.

Menariknya, Anda bisa memasukkan hari dan jam pencairan, bukan kedatangan. Dengan begini, tentu lebih praktis dan efisien.

 

#3 Alamat Email dan Whatsapp Aktif

Jika pencairan JHT sebelumnya mengharuskan Anda datang langsung, sekarang tak lagi. Setiap pendaftar JHT hanya perlu mencantumkan alamat email dan nomor whatsapp yang aktif. Nantinya, pihak BPJS akan menghubungi Anda untuk melakukan verifikasi data.

Mereka akan melakukan video call guna mengetahui keabsahan setiap data. Semakin lengkap data yang Anda masukkan, semakin cepat pula antrian Anda diproses.

 

#4 Pengisian Formulir BPJS Ketenagakerjaan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, setiap peserta JHT BPJS diharuskan mengisi data secara lengkap. Oleh sebab itu, persiapkan dokumen yang dibutuhkan, seperti kartu kepesertaan BPJS, KTP, serta KK. Pastikan semua data yang tercantum sinkron, supaya proses pendaftaran berjalan lancar.

BPJS Ketenagakerjaan Online E-Payment System (EPS) Untuk Kemudahan Pembayaran 02 BPJS TK 2 - Finansialku

[Baca Juga: Untuk Dana Pensiun Nanti Pilih Mana: Reksa Dana, BPJS Ketenagakerjaan atau DPLK?]

 

Bila ditemukan kesalahan penulisan atau ketidakcocokan data, nomor antrian tak akan diproses. Penting pula cek BPJS ketenagakerjaan secara berkala untuk tahu progress pengajuan antrian online yang dilakukan.

 

#5 Pengiriman Dokumen Pendukung

Setelah mengisi data yang diminta, Anda tetap harus mengirimkan salinan dokumen pendukung. Semua dokumen harus di-scan dan dikirim ke alamat email kantor cabang BPJS. Alamat email akan dikirimkan saat Anda telah melakukan pendaftaran dan memilih kantor cabang terdekat.

Perlu diketahui, pencairan dana JHT tidak harus dilakukan di kantor cabang daerah Anda, namun bisa di luar daerah. Saat ini, BPJS tengah menerapkan LAPAK ASIK atau Layanan Tanpa Kontak Fisik. Proses klaim tak lebih 7 hari setelah pengajuan pencairan dilakukan dan diverifikasi.


 

Ternyata, Kemudahan dan Efisiensi Bisa Dioptimalkan Pakai Website

Perbaikan yang dilakukan oleh BPJS Ketenagakerjaan patut diacungi jempol. Setidaknya, cara ini efektif mengurangi penumpukan massa di area kantor cabang.

Selain itu, masyarakat pun dipermudah dengan layanan online tanpa harus datang langsung ke kantor. Meskipun demikian, Anda tetap bisa melakukan pencairan secara offline dengan risiko mengantri dan menunggu.

 

Cari tahu lebih tentang BPJS Ketenagakerjaan lewat video berikut yuk!

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Jadi, siapkah Anda untuk mengambil antrian di website BPJS Ketenagakerjaan? Karena informasi di atas sangat penting, maka jangan lupa untuk membagikannya pada rekan Anda, terima kasih.