Menjadi salah satu optik ternama yang sudah tersebar di seluruh Indonesia, bagaimana perjalanan Optik Melawai untuk meraih kesuksesannya tersebut?

Yuk cari tahu jawabannya dalam artikel Finansialku berikut ini. Siapa tahu perjalanannya bisa memberikan Anda semangat juga inspirasi dalam berbisnis.

Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Kacamata Sebagai Sebuah Kebutuhan

Sudah menjadi kebutuhan, wajar rasanya apabila seseorang memiliki benda ini lebih dari satu.

Bisa dibilang benda ini merupakan hal yang bisa menunjang penampilan Anda.

Modelnya yang beragam terkadang membuat Anda bingung, mana yang paling cocok.

Meski begitu, Anda harus tetap menyesuaikannya dengan kebutuhanmu. Ya, benda ini adalah kacamata!

Masih banyak yang beranggapan bahwa kacamata hanyalah benda yang hanya identik dengan “kutu buku”.

Padahal, kacamata sudah menjadi salah satu kebutuhan, khususnya mereka yang memiliki kekurangan di kedua matanya.

Seiring perkembangan zaman, nyatanya kacamata pun ikut berevolusi. Tidak hanya dari segi bentuk bingkai, namun jenis lensanya pun semakin berkembang.

Hal ini pun lantas membuat produsen kacamata pun semakin menjamur di berbagai wilayah,

Namun ada satu yang selalu menjadi pilihan utama, yaitu Optik Melawai.

Outlet Optik Melawai 01 - Finansialku

 [Baca Juga: Mau Cepat Menikah Dalam 12 Bulan Ke Depan? Siapin Dulu Tabungan Rencana Menikah]

 

Sebelum membahasnya lebih jauh, jika Anda adalah salah satu pebisnis pemula, hal yang harus ingat saat berbisnis ialah jangan sampai Anda lupa dengan pengelolaan keuangan dalam bisnis.

Terkadang, banyak yang masih belum bisa melakukan pengelolaan keuangan bisnis dan pribadi dengan baik.

Beberapa di antaranya, sering keliru akan sumber uang yang digunakan untuk kebutuhan bisnis.

Untuk meminimalisasi segala kemungkinan, akan lebih baik jika Anda memanfaatkan tools yang sering digunakan khusus pengelolaan dan perencanaan keuangan, seperti aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku merupakan aplikasi berbasis website yang dapat membantu penggunanya untuk melakukan pengelolaan dan perencanaan keuangan, termasuk keuangan bisnis.

Jika belum memilikinya, segera download melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium selama satu tahun agar Anda bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Jika ingin lebih memahami mengenai bagaimana cara melakukan pengelolaan keuangan bisnis dan pribadi dengan baik, pelajari saja melalui ebook Finansialku yang satu ini:

Gratis Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Optik Melawai, Pilihan Utama Para Pengguna Kacamata

Optik Melawai menjadi salah satu produsen kacamata asal Indonesia terbesar yang sudah berdiri sejak tahun 1981.

Kini optik ini sudah memiliki sekitar 300 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia.

Mendengar namanya yang sering diperbincangkan, Optik Melawai berhasil menjaga kepercayaan para pelanggan setianya untuk memberikan pelayanan yang terbaik.

Selain itu, banyaknya brand yang bekerja sama juga modelnya yang up to date membuat Optik Melawai menjadi pilihan utama bagi para pengguna kacamata.

Outlet Optik Melawai 02 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Emas di Pegadaian]

 

Nama Optik Melawai sendiri diambil dari nama gerai pertama mereka yang pertama kali dibuka di kawasan Jalan Melawai, Jakarta Selatan.

Pendirinya, Budi Purnomo Hadisurjo, merupakan sosok yang berhasil membangun, mengembangkan, juga mempertahankan bisnisnya dan membawa dirinya sebagai salah satu jajaran pengusaha terkaya di Indonesia.

Hal ini berdasarkan pada prediksi kekayaannya yang mencapai US$250 juta atau setara dengan Rp3,6 triliun yang dilansir dari Moneysmart.id.

 

Strategi Optik Melawai dalam Perjalanan Bisnisnya

Keberhasilan Optik Melawai dalam berbisnis tentu tidak didapatkannya begitu saja.

Perjalanan panjang telah dilewati hingga akhirnya namanya bisa tersohor sampai seluruh Indonesia.

Untuk itu, mari simak bagaimana strategi yang diberlakukan dan dijalankan Optik Melawai untuk menjadi perusahaan optik terbesar di Indonesia:

Pramuniaga - Finansialku

[Baca Juga: Krisis Turki: Turki Mengalami Resesi Sejak 2018, Kok Bisa? Lihat Kondisi dan Perkembangan Sekarang!]

 

#1 Kenyamanan Pelanggan Adalah Kunci Utama

Banyak yang beranggapan bahwa mereka merasa nyaman saat melakukan transaksi di Optik Melawai.

Hal ini membuktikan bahwa Optik Melawai berhasil menerapkan strategi utama yang ia berlakukan saat melayani para pelanggan.

Optik Melawai mengedepankan kenyamanan kepada para pelanggannya dengan mengonsep desain dari toko senyaman dan semenarik mungkin. Hal ini sudah dilakukannya sejak tahun 80-an.

Tempat duduk yang banyak, ruang pemeriksaan yang privasi, ruangan yang sejuk dan terang, serta etalase yang rapi membuat para pelanggan betah untuk berlama-lama di setiap outlet-nya.

Tidak heran pula jika para pelanggan merasa eksklusif saat melakukan transaksi di Optik Melawai karena ornamen pelengkap yang didesain elegan.

 

#2 Menguasai Pasar dengan Menghadirkan Grosir Optik

Menguasai pasar menjadi misi utama dalam setiap bisnis. Begitu pula dengan Optik Melawai yang nyatanya telah berhasil menggapainya.

Optik ini berhasil membuktikan dirinya sebagai “sang ahli” dalam dunia kacamata melalui perjalanan bisnis yang dijalankannya.

Diversifikasi produk yang dibuatnya tidak tanggung-tanggung. Perusahaan optik ini berhasil mendirikan anak perusahaan bernama Visculo Optical Supply. Perusahaan ini dibangun sebagai grosirnya optik.

Produk utama Visculo sendiri adalah lensa dan bingkai dengan model dan harga yang bervariatif. Mereka bertindak sebagai distributor lensa ternama Rodenstock.

Logo Visculo Optical Supply - Finansialku

[Baca Juga: Begini Bedanya Tukar Uang Di Money Changer Dengan Forex]

 

Tak hanya memegang brand Rodenstock saja, Visculo Optical Supply juga menjual beberapa produk kacamata seperti Adidas, Fendi, Fossil, Givenchy, Kate Spade, Moschino, Nike, Porsche Design, Ted Bake,r dan masih banyak lagi.

Harga-harga yang ditawarkan oleh Visculo Optical Supply pun terbilang lebih terjangkau dibandingkan toko kacamata lainnya.

Selain menjual kacamata, Visculo juga menyediakan berbagai macam produk contact lens. Beberapa brand di antaranya adalah Illustro dan New Look.

Dengan cara ini, Optik Melawai pun berhasil mengukuhkan dirinya sebagai penguasa pasar kacamata di Indonesia.

 

#3 Melakukan Diversifikasi Target Market

Bila perusahaan lain berlomba melakukan diversifikasi produk, maka berbeda dengan Melawai yang melakukan sedikit ”variasi” pada strateginya.

Hal ini berkaca pada produknya yang tergolong terbatas karena hanya menghadirkan produk untuk mata berupa contact lens, kacamata, dan sunglasses saja.

Meski hadir dengan kesan eksklusif lewat desain tokonya, Optik Melawai pun hadir dan menyambut semua kalangan yang ingin menjadi pelanggannya.

Produk yang ditawarkan sungguh bervariasi dan bisa dijangkau baik oleh kalangan atas, menengah, hingga kelas bawah.

Terbukti, Anda tidak hanya bisa menemukan kacamata merek Internasional dengan harga jutaan di sana, namun Anda pun bisa menemukan kacamata dengan harga ratusan ribu saja.

Bahkan, secara rutin, Optik Melawai mengadakan program diskon yang mana harga kacamata mereka ditawarkan di angka Rp200 ribuan yang terdiri dar lensa juga bingkai.

 

#4 Melahirkan Brand Milenial, Bridges Eyewear

Pernah mendengar brand Bridges Eyewear? Ya! Brand ini adalah perpanjangan tangan dari Optik Melawai,

Brand ini didirikan oleh generasi ketiga keluarga Hadisurjo, James Hadisurjo, yang hadir dengan konsep milenial.

Bridges Eyewear tidak hanya lahir begitu saja, brand ini merupakan hasil dari survei yang telah dilakukan oleh James sendiri saat berkeliling Indonesia.

James mengungkapkan bahwa dirinya menemukan beberapa desain terbaru yang sering digandrungi oleh anak muda saat itu, yaitu vintage.

Namun sayangnya, kacamata dengan desain vintage menawarkan harga yang cukup mahal yakni sekitar Rp5 juta.

Hal tersebut membuat banyak anak muda lebih memilih barang palsu dibandingkan barang asli dengan harga yang relatif lebih mahal.

Dengan menghadirkan Bridges Eyewear ini James berniat mengelola pangsa pasar anak muda yang sejauh ini dirasa belum dikelola dengan baik oleh Optik Melawai sebagai pendahulunya.

Ia pun lebih memperhatikan desain yang banyak digandrungi anak muda untuk menarik minat danp erhatian mereka.

Logo Bridges Eyewear - Finansialku

[Baca Juga: Bitcoin – Mata Uang Atau Komoditas? Cek Jawabannya Di Sini!]

 

Berbeda dengan konsep Optik Melawai yang terkesan lebih mature, Bridges Eyewear menghadirkan customer experience yang berbeda lantaran dijual secara eksklusif di toko baik online maupun secara offline.

Selain itu, James pun menyampaikan bahwa pola engagement dengan pelanggan pun turut mempengaruhi cara pendekatan yang berbeda antara Optik Melawai dengan Bridges Eyewear.

Bridges Eyewear menerapkan sistem yang lebih friendly terhadap customer di mana biasanya pada toko kacamata konvensional pelanggan cenderung diambilkan barang oleh pelayan toko.

Sebaliknya, di Bridges Eyewear pelanggan bisa mengambil sendiri kacamata yang ditampilkan di etalase dan mencobanya.

Hal tersebut bertujuan agar pelanggan memandang kacamata adalah bagian dari fashion alat bantu baca.

Hingga saat ini Bridges Eyewear telah memiliki beberapa cabang yang tersebar di mall-mall seluruh Indonesia.

Harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau. Namun demikian kualitas produk yang dimiliki Bridges Eyewear tetap nomor satu.

 

#5 Melayani Pesanan Online

Melihat perkembangan zaman yang serba digital, Optik Melawai pun melakukan inovasi dalam hal pelayanannya untuk menyesuaikannya.

Tidak hanya menghadirkan website sebagai company profile semata, pelayanan online pun diciptakan agar pelanggan bisa memilih sendiri produk juga harga yang dijual oleh Optik Melawai.

Terdapat hingga ribuan produk yang ditawarkan di situs web tersebut disertai dengan penjelasan produk yang rinci.

Pelanggan dapat bebas memilih untuk kemudian memasukkan data kesehatan mereka.

Jika sudah, pelanggan bisa melakukan pembayaran dan selanjutnya, mereka tinggal menunggu kacamata dikirimkan.

Untuk mengaksesnya, Anda bisa mengunjungi layanan online shop langsung melalui website resmi Optik Melawai yakni www.optikmelawai.com.

 

Sukses Tanpa Menutup Diri dan Terus Belajar

Sebagai pionir di bidang penjualan kacamata, nyatanya strategi bisnis yang dibuat juga dijalankan oleh Optik Melawai pun terbilang sukses.

Tak heran jika banyak produsen dan penjual yang kini melakukan strategi bisnis yang sama untuk mengembangkan bisnis mereka.

Dari strateginya dapat dilihat bahwa Optik Melawai memang tidak menutup diri dan selalu belajar untuk menyesuaikan dirinya dengan kondisi pasar dan perkembangan zaman.

Selain itu, Optik Melawai pun selalu mempertimbangkan kebutuhan para pelanggannya.

 

Apakah Anda pernah berbelanja di Optik Melawai? Tulis pengalaman Anda dalam kolom bawah ini. Bagikan juga artikel ini kepada mereka yang belum mengetahuinya. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 23 Oktober 2017. Cara Optik Melawai Membesarkan Bisnis. Industri.kontan.co.id – http://bit.ly/2Br1RHj
  • Helda. 4 Januari 2019. Eksis dari Tahun 80-an, Ini Strategi Bisnis Optik Melawai yang Bisa Kamu Tiru. Moneysmart.id – http://bit.ly/2P5Eivx

 

Sumber Gambar:

  • Logo Optik Melawai – http://bit.ly/2N0DiXf
  • Outlet Optik Melawai 1 – http://bit.ly/2J7NI67
  • Outlet Optik Melawai 2 – http://bit.ly/31vv6TR
  • Pramuniaga – http://bit.ly/2J7eJXo
  • Logo Visculo Optical Supply – http://bit.ly/2qpHWpS
  • Logo Bridges Eyewear – http://bit.ly/2MVz3Mu