Kesan minimalis merupakan salah satu desain rumah yang mulai menjamur dan banyak peminatnya. Lalu, bagaimana memilih pagar minimalis yang tepat?

Artikel ini akan memberikan Anda informasi mengenai ide dan desain pagar minimalis yang dapat Anda pertimbangkan dan pastinya menambah estetika rumah Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Ide dan Desain Pagar Minimalis

Kehadiran pagar sebelumnya hanyalah berfungsi sebagai pengaman rumah. Namun di zaman yang lebih modern ini, pagar rumah berfungsi sebagai penambah dan bahkan penentu desain sebuah rumah.

Merancang pagar yang sesuai tentu sama pentingnya dengan merancang desain interior rumah. Pada umumnya pagar rumah terdiri dari 2, yaitu bagian dinding dan pintu pagar.

Di bawah ini adalah beberapa contoh ide desain minimalis yang dapat Anda terapkan pada pagar rumah Anda:

 

#1 Kombinasi Bahan Tembok Dengan Pintu Pagar yang Tepat

Permainan kombinasi kedua bagian pagar ini dapat memberikan kesan yang sangat indah. Misalnya bagian tembok yang berwarna abu-abu dipadukan dengan pintu pagar berwarna hitam.

Tidak hanya percampuran warna, material yang digunakan untuk bahan tembok dan pagar dapat memperdalam kesan minimalis yang ditunjukkan.

Beberapa kombinasi bahan adalah batu bata ekspos dengan besi, pagar rumah dengan tanaman hijau, beton (unpolished concrete) dengan besi.

Inspiratif! Pagar Minimalis yang Bisa Dipertimbangkan Untuk Rumah Kamu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali Harga Keramik Lantai yang Berkualitas dan Cocok Untuk Rumahmu!]

 

#2 Pagar Berongga

Pagar berongga dapat dijadikan salah satu ide membuat pagar dengan desain minimalis. Rongga pagar dapat memiliki arah vertikal maupun horizontal.

Untuk menambah kesan minimalis, Anda dapat memilih opsi rongga yang lebih rata dan teratur.

Kesederhanaan garis pada elemen dasar ini dapat memberikan sentuhan minimalis yang modern namun sederhana serta elegan.

Pagar rumah dengan bentuk ini juga mempertegas fasad rumah, sembari mempertegas dan menyeimbangkannya.

Pemilihan bahan juga sangat berpengaruh pada kesan yang diciptakan. Sesuaikan bahan yang Anda pilih dengan arsitektur desain rumah.

Jika Anda memiliki desain rumah yang ‘earthy’, maka pagar dengan bahan kayu akan lebih sesuai dengan nuansa dan kesan yang ingin Anda tonjolkan.

Bahan seperti bahan besi atau stainless akan menciptakan kesan minimalis yang lebih kaku, namun bersih dan modern. Tergantung dari bahan dan model Anda, Anda dapat menciptakan desain pagar yang minimalis, cantik dan indah.

 

#3 Sesuaikan Tinggi Pagar

Tinggi pagar selain harus sesuai dengan aturan yang berlaku, juga dapat berpengaruh pada keseluruhan kesan yang diberikan oleh desain rumah.

Sebuah pagar yang komposisinya tidak sesuai, dapat memberikan kesan rumah minimalis yang lebih sempit dan berantakan.

Sebaliknya, komposisi luas bidang pagar yang seimbang, dapat menambah estetika bangunan. Kesan yang ditimbulkan dari tinggi pagar juga dapat mempertegas kesan minimalis sebuah rumah.

Standar ukuran pagar adalah 1,8 meter hingga 2,5 meter. Jika Anda memiliki hunian yang terletak di tempat yang lebih ramai, Anda dapat memilih desain pagar yang tertutup sehingga keamanan dan privasi dapat lebih terjaga.

 

#4 Pagar Bambu

Bambu tipis yang direkatkan dapat memberikan kesan minimalis dan tradisional. Kesan simetris yang diciptakan dengan bambu tipis yang tersusun rapi dapat menambah nuansa minimalis yang ingin Anda bangun.

Salah satu keuntungan menggunakan pagar bambu adalah Anda dapat menghiasnya dari dalam, tanpa harus merusak penampilan luarnya.

Misalnya Anda mempunyai anak kecil dan ingin menjadikan taman halaman rumah menjadi taman bermain anak.

Anda dapat memberikan gambar-gambar lucu seperti binatang kupu-kupu atau bunga-bungaan berwarna-warni. Tentu anak Anda semakin betah bermain dengan Anda.

Inspiratif! Pagar Minimalis yang Bisa Dipertimbangkan Untuk Rumah Kamu 04 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Ide Model dan Desain Pagar Rumah Berkualitas dan Murah]

 

Jika Anda ingin menggunakan kesan bambu tetapi tetap memiliki pagar terpisah, Anda dapat memadukan tembok pagar dengan bambu jepang, bambu kuning atau golden money worth.

Tanaman tersebut dapat memberikan kesan minimalis dan menambah nuansa alam di rumah Anda.

 

#5 Gunakan Warna Dasar

Warna dasar seperti hitam, putih, abu-abu akan membuat pagar Anda berkesan minimalis.

Jika dipadukan dengan warna hijau dari rumput yang ada di pekarangan maka, warna tersebut dapat memberikan kesan area yang lebih luas dan rapi.

Warna dasar ini juga dapat diberikan pada bagian tembok penyambung pagar. Kepolosan warna pada tembok pagar dapat menyeimbangkan desain atap serta desain pagar itu sendiri.

Setiap warna dasar akan memberikan kesan yang berbeda, warna putih dan abu-abu, dapat memberikan kesan bangunan yang ‘ringan’. Warna hitam dan coklat dapat memberikan kesan ‘kuat’ dan ‘berpondasi’.

 

#6 Sesuaikan Jenis Pagar dengan Komposisi Rumah

Terdapat banyak jenis pintu pagar, ada yang sliding atau geser, ada yang lipat atau folding, ada pula yang swing. Masing-masing jenis pintu pagar ini akan memberikan kesan yang berbeda.

Walaupun seluruhnya dapat dibuat dengan desain yang minimalis, Anda harus tetap menyesuaikan jenis pintu pagar dengan komposisi dan luas rumah.

Inspiratif! Pagar Minimalis yang Bisa Dipertimbangkan Untuk Rumah Kamu 03 - Finansialku

[Baca Juga: Selain Rumah Tapak, Ketahui 10+ Jenis-jenis Rumah Tinggal Lainnya!]

 

#7 Gunakan Teknik ‘Laser Cut

Teknik laser cut adalah teknik pemotongan material kaca, besi dan kayu. Teknik laser cut ini, biasanya menggunakan komputerisasi sehingga lebih presisi dan teliti.

Pemotongan dengan teknik laser cut biasanya memberikan motif dan model unik dan tidak biasa. Teknik ini biasanya dipakai jika Anda memiliki desain khusus yang cocok dengan desain minimalis keseluruhan rumah.

 

#8 Gunakan Bahan yang Tepat

Bahan yang paling umum dipakai untuk pagar adalah besi. Namun, besi dapat berkarat dan jika ingin tahan lama, sebaiknya Anda mengecat besi tersebut dengan cat khusus.

Biasanya, ada juga yang memilih besi dengan finishing tembaga. Apabila rumah Anda memiliki desain fasad berwarna akromatik, maka warna tembaga dapat membuatnya sangat menarik.

Apalagi seiring dengan berjalannya waktu, tembaga tersebut akan menimbulkan karat yang dapat menambah estetik rumah.

Kedua, adalah bahan kayu. Tidak semua bahan kayu dapat dipakai untuk pagar apalagi tanpa penutup. Gunakanlah bahan kayu yang tahan air seperti kayu ulin, kayu merbau dan kayu jati.

Biasanya kayu merbau lebih dipilih untuk material pagar karena harganya lebih terjangkau. Selain itu, kayu merbau lebih tahan lama dan tidak mudah rusak. Selain kayu atau besi, ada pula pilihan lain yaitu Corten Steel.

Corten Steel adalah bahan baja yang tahan terhadap korosi dan tahan lama walaupun terkespos langsung terhadap matahari. Bahan ini memang ditujukan untuk mengurangi kebutuhan pengecatan.

 

Desain Pagar Anda dengan Gaya Minimalis

Apapun jenis rumah Anda, baik luas maupun sempit, Anda tetap dapat mencoba salah satu desain minimalis di atas. Tentu desain di atas dapat disesuaikan dengan keperluan dan anggaran Anda.

Oleh karena itu, Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai sesuai rencana. Selamat membaca.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Oh iya, Anda juga bisa tonton video tips membangun rumah idaman dari channel Youtube Finansialku di bawah ini:

 

Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda lebih mengerti dan mendapatkan inspirasi gaya desain yang tepat untuk pagar rumah.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan komentar Anda pada kolom di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Joyce Meilanita. Desain Pagar Rumah Minimalis Sederhana Namun Menawan. Arsitag.com – https://bit.ly/2xx8tSw
  • Raisa Benaya Ranti. 11 November 2018. 32 Inspirasi Pagar Rumah Minimalis untuk 2019. Casaindonesia.com – https://bit.ly/2L9eH3F

 

Sumber Gambar:

  • Pagar Minimalis 1 – http://bit.ly/2YamGE3
  • Pagar Minimalis 2 – http://bit.ly/2JUHtSL
  • Pagar Minimalis 3 – http://bit.ly/2M0KwLX
  • Pagar Minimalis 4 – http://bit.ly/2JKSMy9

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang