Selain golongan I, pangkat polisi yang akan dibahas selanjutnya yaitu golongan II dan III. Tugas dan fungsi mereka mirip namun berbeda-beda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pangkat Polisi Golongan II dan Golongan III

Anda bisa membaca artikel sebelumnya untuk mengetahui pangkat polisi Golongan I.

Mari ketahui pangkat selanjutnya dalam kepolisian beserta kisaran gajinya:

 

#7 Bripda (Brigadir Polisi Dua), Kisaran Gaji: Rp2,1 – Rp3,4 Juta

Golongan II atau bintara dimulai dengan pangkat Bripda atau brigadir dua polisi. Berbeda dengan tamtama, tugas bintara justru berhubungan langsung dengan pelayanan masyarakat.

Proses pembuatan SIM dan pengaturan lalu lintas dilakukan langsung oleh bintara. Lambang Bripda hampir mirip dengan Apribda, hanya saja berwarna silver atau perak.

 

#8 Briptu (Brigadir Polisi Satu), Kisaran Gaji: Rp2,1 – Rp3,5 Juta

Dahulunya, Polri menyebut Briptu dengan istilah sersan satu. Istilah tersebut berubah seiring dengan perubahan nama pangkat lainnya. Briptu ditandai dengan lambang 2 huruf V terbalik berwarna perak.

Posisi Briptu membawahi beberapa pangkat lain, yakni Bripda dan golongan tamtama dalam kepolisian.

 

#9 Brigpol (Brigadir Polisi), Kisaran Gaji: Rp2,2 – Rp3,6 Juta

Siapa yang memastikan Bripda dan Briptu menjalankan tugas sesuai SOP? Tentu saja Brigpol atau brigadir polisi. Anda mungkin menganggap tugas seorang Brigpol tak terlalu berat, padahal tidak demikian.

22+ Pangkat Polisi yang Perlu Anda Ketahui (Part 2) 02 - Finansialku

[Baca Juga: Lulus S1, Pilih Kerja atau Kuliah S2? Berapa Dana Yang Harus Disiapkan?]

 

Walaupun hanya memastikan tugas terlaksana dengan baik, ada tanggung jawab besar dibaliknya. Jika tugas Bripda dan Briptu salah, Brigpol menjadi orang pertama yang menerima sanksi. Brigpol dilambangkan dengan 3 huruf V perak dengan posisi terbalik.

 

#10 Bripka (Brigadir Polisi Kepala), Kisaran Gaji: Rp2,3 – Rp3,7 Juta

Tugas utama Bripka adalah mengawasi kinerja seluruh bawahannya, yakni Bripda, Briptu, dan Brigpol. Seorang Bripka memiliki kontrol penuh terhadap seluruh tugas kepolisian sesuai posisinya.

Secara administratif, Bripka adalah pangkat tertinggi dari golongan brigadir. Pangkat ini dilambangkan dengan 4 huruf V terbalik berwarna perak.

 

#11 Aipda (Ajun Inspektur Polisi Dua), Kisaran Gaji: Rp2,3 – Rp3,9 Juta

Aipda masih masuk golongan II atau bintara. Posisinya berada di tengah-tengah, yakni penghubung antara brigadir dan letnan.

Aipda bertugas sebagai asisten letnan dua. Dalam kepolisian, Aipda dilambangkan dengan gabungan 2 huruf V terbalik.

 

#12 Aiptu (Ajun Inspektur Polisi Satu), Kisaran Gaji: Rp2,4 – Rp4 Juta

Di atas Aipda, ada satu pangkat tertinggi dari golongan bintara, yaitu Aiptu. Aiptu mempunyai tugas sebagai pembantu letnan dua. Seorang Aiptu dituntut memiliki kemampuan spesifik, seperti perencanaan.

Ini untuk memastikan tugas dapat terealisasikan dengan efektif dan efisien. Apapun perintah yang disampaikan bakal terwujud dengan cepat dan tetap sasaran. Lambang Aiptu adalah 2 gabungan huruf V terbalik.

 

#13 Ipda (Inspektur Polisi Dua), Kisaran Gaji: Rp2,7 – Rp4,4 Juta

Selain golongan I dan II, ada golongan III atau perwira pertama dalam kepolisian. Perwira biasanya memegang jabatan cukup strategis, sebab memiliki kemampuan khusus.

Untuk mencapai jenjang karier perwira terbilang sulit, sebab ada sekolah khusus yang harus diikuti. Bagi Anda yang tertarik menjadi polisi dan ingin memiliki jabatan tinggi, cobalah bergabung melalui Akademi Kepolisian atau Akpol.

22+ Pangkat Polisi yang Perlu Anda Ketahui (Part 2) 03 - Finansialku

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan]

 

Lulusan Akpol bakal meraih pangkat Ipda di awal kariernya dengan masa pendidikan 4 tahun. Mengawali golongan perwira pertama, Ipda dibantu oleh seorang Aipda dalam melaksanakan tugasnya. Ipda dilambangkan dengan 1 strip berwarna emas yang setara dengan letnan dua dalam dunia militer.

 

#14 Iptu (Inspektur Polisi Satu), Kisaran Gaji: Rp2,8 – Rp4,6 Juta

Iptu dilambangkan dengan 2 strip berwarna emas. Tugas Iptu dibantu oleh Aiptu untuk memastikan semua perintah berjalan sempurna. Dalam kemiliteran, Iptu sering pula disebut letnan satu.

 

#15 AKP (Ajun Komisaris Polisi), Kisaran Gaji: Rp2,9 – Rp4,7 Juta

AKP menjadi penutup dari golongan perwira pertama. Ajun Komisaris Polisi memikul tugas berat untuk mengontrol semua bawahannya. Pangkat AKP dilambangkan dengan 3 strip emas yang dipasang di bagian pundak.

 

Pembahasan selanjutnya yaitu pangkat polisi golongan IV dan golongan V, simak artikel berikut ini:

Pangkat Polisi Golongan II dan III

 

Share artikel ini kepada rekan terdekat Anda yang ingin memiliki karier polisi, terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 16 Agustus 2017. 22+ Tingkatan & Urutan Pangkat Polisi dan Lambangnya, TERLENGKAP!! Salamadian.com – https://bit.ly/37KjNvp
  • Awawaw. 20 Agustus 2019. Urutan dan Tingkatan Pangkat Polisi, Dari Pangkat Terendah hingga Tertinggi. Keepo.me – https://bit.ly/2KZoGXV
  • Okky Budi. 21 Maret 2019. Hore! Gaji Pak Polisi Tahun 2019 Naik, Ini Rincian Besarannya. Moneysmart.id – https://bit.ly/2ONgxH0

 

Sumber Gambar

  • Pangkat Polisi 01 – https://bit.ly/2OvwwL3
  • Pangkat Polisi 02 – https://bit.ly/2DqBfXO
  • Pangkat Polisi 03 – https://bit.ly/35JasC6