Sudah tahu program Pcare BPJS Kesehatan yang penting bagi peserta? Jika belum, ayo simak artikel berikut!

Finansialku telah merangkum semua informasinya dalam artikel kali ini. 

 

Summary

  • Pendaftaran aplikasi Pcare dapat dilakukan secara online dan offline via kantor cabang.
  • Aplikasi Pcare juga bisa untuk melakukan pendaftaran vaksinasi, mencatat status dari tingkat kesehatan pasien dan membuatkan laporan hasil dari vaksinasi. 

 

Apa Itu Pcare BPJS Kesehatan?

Beberapa tahun yang lalu, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) tengah melakukan pembaruan terhadap pelayanannya.

Di mana untuk dapat terus mengikuti perkembangan zaman di masa ini, hadirlah aplikasi kesehatan bernama Pcare BPJS Kesehatan. 

Aplikasi ini merupakan salah satu fasilitas kesehatan tingkat pertama. Pasalnya, seperti yang telah diketahui bahwa sistem teknologi pada FKTP sangatlah terbatas.

Oleh sebab itu, diciptakanlah salah satu aplikasi canggih untuk meningkatkan sistem pelayanan yang diberikan kepada masyarakat. 

[Baca Juga: 3 Cara Cek Status BPJS Kesehatan Aktif atau Tidak Secara Online]

 

Awal mula aplikasi ini diperkenalkan yaitu pada tahun 2014 lalu. Meskipun termasuk ke dalam jenis perangkat lunak lama, akan tetapi hingga saat ini sistem atau fungsinya terus diperbarui hingga mencapai titik optimal.

Pada dasarnya, fungsi utama dari aplikasi ini telah disesuaikan dengan segala macam kebutuhan pengaksesan data dari Puskesmas. 

Dengan begitu, memudahkan masyarakat dalam hal terapi pengobatan, proses pendaftaran, layanan laboratorium hingga penegakan diagnosis. 

Salah satu akses yang dapat digunakan ketika ingin menggunakan aplikasi ini yaitu mengunjungi https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id.

Sobat Finansialku bisa mengetahui lebih lengkap seputar BPJS Kesehatan dan asuransi kesehatan swasta dalam ebook gratis berikut ini.

Sehingga, Anda lebih paham perlindungan seperti apa yang Anda butuhkan.

Banner Iklan Ebook Anti Pusing Mikirin Biaya Kalau Sakit - HP
Banner Iklan Ebook Anti Pusing Mikirin Biaya Kalau Sakit - PC

  

Layanan Pcare BPJS

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, bahwa Pcare BPJS Kesehatan merupakan salah satu layanan kesehatan. Namun, mungkin masih banyak di luar sana yang bingung dengan layanan apa saja yang diberikan di dalamnya.

Berikut ini akan dijelaskan satu per satu terkait hal tersebut. 

 

#1 Melakukan Diagnosis Pada Pasien

Layanan pertama yang diberikan yaitu untuk melakukan diagnosis pada pasien. Setiap pasien yang telah tercatat melalui Pcare ini tidak perlu melakukan check up ulang karena seluruh rekam medis telah tersimpan baik dalam aplikasi. 

Sehingga, akan memudahkan para petugas untuk mereviu kembali bagaimana riwayat penyakit yang diderita pasien. Dengan begitu, pasien cukup datang serta langsung memperoleh penanganan yang semestinya.

Namun bukan hanya itu saja, adanya layanan ini juga mampu mempersingkat waktu yang dibutuhkan pada saat proses pemeriksaan. 

 

#2 Terintegrasinya Data Pasien

Layanan selanjutnya yaitu terintegrasinya setiap data pasien. Dengan kata lain yaitu pasien yang telah terdaftar ke dalam aplikasi dapat ditemukan di segala macam jenis layanan kesehatan.

Baik itu berupa klinik, puskesmas atau yang lainnya. 

Sehingga, layanan ini tidak hanya menguntungkan dari pihak pasien saja, melainkan juga dapat memudahkan petugas ketika memberikan pengobatan. 

 

#3 Proses Pendaftaran

Salah satu hal penting yang diberikan dari layanan Pcare BPJS Kesehatan yaitu proses pendaftaran.

Sebelumnya, ketika ingin melakukan pengobatan, membutuhkan waktu yang cukup lama untuk sekadar mendaftar atau mengambil nomor antrean.

Namun dengan adanya aplikasi ini, cara tersebut sudah lagi tidak perlu dilakukan. 

Pasalnya, Anda cukup menginput data atau dapat memasukkan setiap digit nomor pendaftaran BPJS Kesehatan ke dalam sistem aplikasi.

[Baca Juga: BPJS Kesehatan dan Asuransi Swasta Bisa Digunakan Bersama, Lho!]

 

#4 Proses Rujukan Lebih Mudah

Layanan lain dalam aplikasi keren nan canggih ini yaitu mempermudah proses rujukan.

Pada dasarnya, ketika menggunakan fasilitas berupa BPJS Kesehatan FKTP harus melakukan proses pengobatan melalui faskes tingkat pertama.

Namun ketika penyakit yang diderita dianggap telah berisiko dan harus ditindaklanjuti oleh pihak rumah sakit, maka faskes tingkat pertama dapat mengeluarkan surat rujukan terlebih dahulu.

Layanan tersebut dapat dilakukan secara online sehingga akan mempersingkat waktu dan proses rujukan dapat segera dilakukan. 

Sebelum mengetahui cara daftar Pcare BPJS Kesehatan, pernahkah Anda berpikir bahwa mempunyai asuransi kantor saja sudah cukup? Apakah perlu menambah asuransi lainnya?

Yuk, simak story salah satu klien Finansialku dan ketahui bagaimana solusi yang Sobat Finansialku ini lakukan.

 

Cara Daftar Pcare BPJS Via Online

Cara untuk mendaftar Pcare via online cukup simpel, berikut ini tahap demi tahap yang harus diikuti. 

 

#1 Mengunduh Aplikasi Pcare

Langkah pertama yang harus dilakukan yaitu dengan mengunjungi situs resmi dari aplikasi yaitu pada https://pcare.bpjs-kesehatan.go.id.

Selain itu, Anda juga dapat secara langsung melakukan proses pengunduhan pada fitur App Store atau Google Play Store. Setelah melakukan proses tersebut dapat dilanjutkan dengan penginstalan.

 

#2 Melakukan Proses Registrasi

Ketika telah melakukan proses pengunduhan dan penginstalan dapat dilanjutkan dengan proses registrasi.

Setelah Anda melakukan pengisian username dan password, nantinya Anda dapat melakukan proses login dan diberikan tampilan halaman utama dari aplikasi. 

[Baca Juga: Ini Daftar Layanan Publik dengan Syarat BPJS Kesehatan]

 

#3 Melakukan Proses Pendaftaran dan Pelayanan

Langkah selanjutnya yaitu dengan memanfaatkan setiap layanan yang diberikan. Salah satunya dengan melakukan proses pendaftaran atau pelayanan apa yang Anda butuhkan.

Menu ini dapat Anda temukan pada bagian menu Pendaftaran dan Layanan yang tersedia. 

 

#4 Mengisi Data-Data Penting

Selanjutnya, lengkapi data pribadi Anda dengan segala macam informasi akurat. Biasanya data-data penting tersebut berupa keluhan, hasil dari proses pemeriksaan, jenis kunjungan dan lainnya. 

 

Cara Daftar Pcare BPJS Via Kantor Cabang

Selain secara online, anda juga bisa mendaftar Pcare BPJS Kesehatan dengan mengunjungi kantor cabang terdekat. Cara ini, dapat menjadi rekomendasi pilihan ketika aplikasi sedang error atau tidak dapat diakses.

Ketika melakukan proses pendaftaran, hal-hal yang perlu dipersiapkan yaitu data pribadi serta kartu BPJS Kesehatan. 

Lalu, petugas akan membantu Anda untuk mendaftarkan akun ke dalam sistem. Dengan begitu, dapat dilanjutkan dengan mengakses ulang aplikasi Pcare.

Apabila Anda masih bingung mengenai cara pemakaian, dapat pula mengajukan pertanyaan dan menyimak setiap alur yang telah dipaparkan oleh petugas. 

 

Daftar Vaksinasi Melalui Pcare BPJS Kesehatan

Saat ini bukan tidak mungkin untuk mendaftar sebagai peserta vaksin lewat aplikasi Pcare.

Dengan adanya aplikasi ini peserta dapat terbantu dalam proses registrasi, mencatat status dari tingkat kesehatan pasien dan membuatkan laporan hasil dari vaksinasi. 

Itulah pembahasan singkat terkait dengan Pcare BPJS Kesehatan sebagai salah satu layanan kesehatan yang sangat menguntungkan.

Adanya informasi ini menjadi harapan agar masyarakat dapat memanfaatkan dengan baik kecanggihan teknologi masa kini. Di mana hal tersebut sangat memudahkan segala macam aktivitas. 

Jika Anda memiliki kesulitan terkait asuransi kesehatan atau yang lainnya, Anda bisa diskusikan dengan perencana keuangan Finansialku yang memiliki spesialisasi di bidang asuransi.

Hubungi perencana keuangan Finansialku lewat aplikasi Finansialku di menu ‘Konsultasi Keuangan’ atau lewat WhatsApp.

Banner Konsultasi WA - PC
Banner Konsultasi WA - HP

 

Setelah membaca artikel di atas, apakah Anda siap untuk daftar Pcare BPJS Kesehatan? Jangan lupa, ajak orang terdekat dengan menunjukkan artikel ini agar lebih banyak orang memahami program tersebut, terima kasih. 

 

Editor: Ratna Sri H.

Sumber Referensi: 

  • Admin. 29 Juli 2021. Cara Pakai Pcare BPJS Kesehatan, Bisa untuk Vaksin Covid-19. Lifepal.co.id – https://bit.ly/3raWSom
  • Admin. 15 Maret 2022. Cara Daftar dan Penggunaan Layanan PCare BPJS Kesehatan. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/3KjronA