Pemilik PS Store, Putra Siregar ditetapkan sebagai tersangka terkait tindak pidana atas penjualan barang ilegal.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Putra Siregar Selaku Pemilik PS Store Kena Pidana Kepabeaan

Nama PS Store sedang menjadi sorotan publik. Toko yang menjual produk-produk handphone, khususnya iPhone dengan harga miring dibandingkan harga pasaran itu menjalankan bisnis ilegal.

Kepala Bimbingan Kepatuhan dan Kehumasan Bea Cukai kanwil DKI Jakarta, Ricky M Hanafie, menjelaskan penyelidikan dan penyidikan telah dilakukan sejak tahun 2019.

Pada tanggal 23 Juli 2020 kemarin, Pemilik PS Store, Putra Siregar telah resmi ditetapkan menjadi tersangka terkait tindak pidana kepabeanan.

“Iya (Putra Siregar) yang patut diduga adanya pelanggaran tindak pidana kepabeanan berupa HP ilegal,” katanya mengutip dari Kumparan, Rabu (29/07).

Adapun pihak Bea Cukai telah menyita ratusan ponsel yang dia jual karena dianggap produk ilegal.

Seperti diketahui ratusan ponsel itu disita dari toko milik Putra Siregar di Jalan Raya Condet, Kramat Jati, Jakarta Timur, tahun 2017.

Selain menyerahkan barang bukti dan tersangka, Kanwil Bea Cukai Jakarta juga menyerahkan harta kekayaan atau penghasilan PS yang disita di tahap penyidikan.

Pemilik PS Store Jadi Tersangka Kasus Ponsel Ilegal 02

[Baca Juga: Jangan Ketinggalan! Inilah Cara Lengkap Cek IMEI Di Ponsel]

 

“Akan diperhitungkan sebagai jaminan pidana denda dalam rangka pemulihan uang negara (Dhanapala Recovery) yang terdiri dari uang tunai senilai Rp 500.000.000, rumah senilai Rp 1,15 miliar, dan rekening bank senilai Rp 50.000.000,” tulis keterangan di akun Instagram @bckanwiljakarta

Penyerahan barang bukti dan tersangka tersebut dilaksanakan atas pelanggaran pasal 103 huruf d Undang-undang No. 17 tahun 2006 tentang Kepabeanan.

Putra Siregar diancam dengan hukuman pidana penjara minimal 2 tahun dan maksimal 8 tahun dan/atau pidana denda paling sedikit Rp 100 juta dan paling banyak Rp 5 miliar.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Sosok Putra Siregar

Putra Siregar selama ini dikenal masyarakat sebagai orang yang kerap mejeng di akun Instagram PS Store sebagai owner toko handphone itu.

Pria yang tahun ini memasuki usia 25 tahun ini diketahui sudah bertahun-tahun berbisnis jual beli ponsel dengan harga yang murah.

Berdasarkan informasi dari Profil Facebook Putra Siregar, ia merupakan alumnus Universitas Sumatera Utara, Medan. 

Putra Siregar juga kerap mengiklankan produknya dengan menggandeng nama-nama artis besar, sebut saja Atta Halilintar, Baim Wong, Anji, hingga Raffi Ahmad.

Strategi marketing yang bagus, ditambah harga handphone yang murah dibanding kompetitor menjadikan PS Store populer di masyarakat.

Kumparan mewartakan Putra Siregar pernah menjadi seorang pengamen, sales parfum keliling, dan pedagang handphone second di Batam, dan menjadi Youtuber.

Hingga kini ia memiliki ratusan karyawan di seluruh Indonesia dengan kantor pusat PS Store di Jalan Condet, Jakarta Timur.

Mengenai kasus ini, pihak Bea Cukai Jakarta mengimbau seluruh masyarakat Indonesia untuk bijak dan hati-hati dalam berbelanja, khususnya jangan sampai tergoda dengan tawaran harga yang murah.

 

Beli Barang Original

Meski harganya jauh lebih murah, membeli barang tiruan bukanlah tindakan yang terpuji. Lebih baik membeli barang tanpa brand atau mengumpulkan uang untuk membeli barang yang asli.

Kamu bisa kok mengumpulkan uangnya dengan cara menabung dan menambah penghasilanmu. Apalagi kamu bisa dapat bantuan dari aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku adalah aplikasi perencana keuangan pertama di Indonesia yang telah tercatat dan diawasi oleh OJK. Melalui aplikasi ini, kamu akan sangat terbantu dalam mencatat, menganggarkan, merencanakan hingga mengatur keuanganmu.

Yuk coba gunakan aplikasinya! Download di sini!

playstore icon
appstore icon

 

Selain mengatur keuanganmu, kamu juga bisa berkonsultasi dengan para ahli keuangan mengenai apa yang harus kamu lakukan untuk mencapai tujuanmu.

Jasa konsultasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis dengan upgrade Aplikasi Finansialku milikmu ke premium.

Mau akun Finansialku milikmu jadi premium? Upgrade dengan harga Rp 350 ribu untuk satu tahun dan kamu bisa gunakan aplikasi ini secara maksimal.

Kamu juga bisa dapat potongan Rp 50 ribu dengan memasukkan kode voucher CUAN50!

Yuk mulai melek keuangan dan atur sebaik-baiknya sekarang!

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel diatas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Walda Marison. 29 Juli 2020. Pemilik PS Store, Putra Siregar, Tersandung Ponsel Ilegal. Megapolitan.kompas.com – https://bit.ly/2BCJkvi
  • Bianda Ludwianto. 29 Juli 2020. Menyoal iPhone Murah PS Store yang Ternyata Ponsel BM, Penjualnya Ditangkap. Kumparan.com – https://bit.ly/332RLeF
  • Kelik Wahyu Nugroho. 29 Juli 2020. Fakta-fakta Kasus Penjualan HP Ilegal PS Store Milik Putra Siregar. Kumparan.com – https://bit.ly/3f9ylr0
  • Anggoro Suryo Jati. 28 Juli 2020. Banting Harga Gila-gilaan Ala PS Store yang Kini Dicokok Aparat. Inet.detik.com – https://bit.ly/3jR4sPB
  • Hadi Maulana. 28 Juli 2020. Pemilik PS Store, Putra Siregar, Jadi Tersangka Kasus Ponsel Ilegal. Kompas.com – https://bit.ly/2X4Te0l

 

Sumber Gambar:

  • PS 01 – https://bit.ly/30TMlA9
  • PS 02 – https://bit.ly/3321guI