Setujukah Anda: Pendidikan adalah Jalan Menuju Kesuksesan? Kali ini Perencana Keuangan Independen Finansialku akan membahas sebuah topik terkait dengan pendidikan yang menjadi jalan menuju kesuksesan.

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Kekuatan Pendidikan: Habis Gelap Terbitlah Terang

Dahulu ada orang berkata: untuk membangun bangsa Indonesia, langkah pertama yang harus dilakukan adalah meningkatkan pendidikan. Apakah Anda setuju, bahwa pendidikan adalah jalan menuju kesuksesan? Kami sangat tertarik dengan pendapatan Anda, silahkan tinggalkan komentar Anda di kolom yang telah disediakan di bawah.

Ada seorang tokoh, bernama Allan Bloom yang mengatakan bahwa:

English:

Education is the movement from darkness to light.

Allan Bloom

Pendidikan Jalan Menuju Kesuksesan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Indonesia:

Pendidikan adalah jalan dari kegelapan menuju terang

Allan Bloom

 

Ada yang bilang: Kenalan Saya Lulusan S2 tapi Belum Sukses Tuh

Ternyata ada seorang kawan yang mengatakan: kenalan saya lulusan S2 tapi belum sukses tuh. Tapi coba lihat tuh ada om-om ga lulus SD, tapi kaya luar biasa.

Bill Gates Microsoft - Drop Out dan Jadi Kaya - Bagiamana Orang Kaya Menciptakan Uang - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca juga: Drop Out Kuliah dan Jadi Kaya]

 

Kami menjawab kesuksesan seseorang memiliki banyak ukuran. Kira-kira Anda mengukur kesuksesan dengan apa? Dengan materi? Uang? Oke begini penjelasan kami: Finansialku setuju bahwa pendidikan adalah jalan menuju kesuksesan. Nah kenapa ada orang yang lulusan s2 tetapi belum sukses secara keuangan tetapi om-om sudah tua tapi ga lulus SD bisa kaya?

Beberapa jawaban:

  1. Om tersebut sudah belajar melalui pengalamannya ber puluh-puluh tahun.
  2. Jangan menilai buku dari sampulnya, apalagi sampul belakangnya. Anda mungkin ga tau, apa yang dikerjakan om tersebut. Memang om tersebut tidak lulus pendidikan formal, siapa tahu om tersebut belajar secara otodidak dan menjadi ahli dibidang bisnisnya.
  3. Mungkin kenalan Anda yang S2, sedang mempraktekan ilmunya. Sedang merintis usaha.

 

Ada banyak kemungkinan untuk menganalisis kasus di atas. Tetapi jika berhubungan dengan jalan menuju kesuksesan Finansial, kami meyakini hanya ada dua jawaban:

  1. Anda harus belajar mengenai keuangan, karena tak kenal maka tak sayang. Pendidikan keuangan sama pentingnya dengan pendidikan formal.
  2. Mempraktekan apa yang sudah Anda pelajari, segera.

 

Ngapain saya belajar keuangan, kan saya tidak kerja di bidang keuangan? Memangnya untuk mengelola keuangan rumah tangga perlu belajar?

Perlu Anda ketahui: Setiap orang yang mengelola keuangannya sendiri atau keuangan keluarganya perlu tahu cara mengelola keuangan keluarga yang benar. Bagaiamana cara membelanjakan uangnya? Bagaimana cara merencanakan masa depan keuangannya? Bagaimana melindungi keluarganya dari ancaman kebangkrutan? dan lain sebagainya.

Sebelum penutup, Finansialku punya mini-quiz untuk mengecek

Sudahkah Anda mengelola keuangan keluarga dengan benar - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Mini Quiz: Apakah Anda sudah mengelola keuangan keluarga dengan benar?

 

Kesimpulan

Pendidikan Keuangan adalah jalan menuju kesuksesan Finansial. Jadi jangan lupa belajar mengenai keuangan (personal finance) dan mempraktekan apa yang sudah Anda pelajari.

Apakah Anda setuju bahwa Pendidikan adalah jalan menuju kesuksesan?

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku