Pendidikan keuangan atau Nasihat keuangan, mana yang Anda pilih? Sebelum memilih baca selengkapnya mengenai pendidikan keuangan atau nasihat keuangan. Finansialku.com akan membahas selengkapnya mengenai pendidikan keuangan atau nasihat keuangan.

Pendidikan Keuangan atau Nasihat Keuangan

 

Pendidikan Keuangan atau Nasihat Keuangan

Apakah perbedaan antara pendidikan keuangan dan nasihat keuangan? Menurut Anda manakah yang lebih penting pendidikan keuangan atau nasihat keuangan? Berikut ini perbedaan antara pendidikan keuangan dan nasihat keuangan.

  • Pendidikan keuangan    = tell me what to study so I can learn what I need to do (beritahu saya, apa yang perlu saya pelajari agar saya dapat mengeri apa yang harus saya lakukan).
  • Nasihat keuangan = tell me what to do (beritahu saya apa yang harus saya lakukan).

Pendidikan keuangan atau nasihat keuangan, sekilas hanya memiliki sedikit perbedaan. Perbedaan yang kecil tersebut sebenarnya memiliki dampak yang besar bagi kehidupan Kita, khususnya kehidupan keuangan. Pendidikan keuangan memungkinkan seseorang untuk memiliki kebebasan dan independen atas kehidupan keuangan Kita.

 

Silakan Pilih Pendidikan Keuangan atau Nasihat Keuangan

Pernakah Anda mendengar, Beri ikan pada seseorang dan Anda akan memberi makan untuk hari itu, ajari orang tersebut cara memancing dan Anda akan memberi makan untuk sepanjang hidupnya (give a man a fish and you feed him for a day; teach a man to fish and you feed him for a lifetime). Pertanyaannya adalah jika Anda diberi pilihan mau ikan atau cara memancing, mana yang Anda pilih?

 Pendidikan Keuangan atau Nasihat Keuangan 2

[Baca juga : Belajar Keuangan Pribadi, Gimana Caranya?]

 

Hal serupa sama dengan pilihan Apakah Anda akan memilih pendidikan keuangan atau nasihat keuangan? Penulis ingin menekankan pentingnya sebuah pendidikan keuangan, agar orang menjadi melek keuangan (financial literacy).

Bukan berarti Kita tidak perlu mendengar atau meminta nasihat keuangan. Nasihat keuangan ada yang baik dan ada yang buruk. Pendidikan keuangan dan melek keuangan adalah cara untuk membedakan nasihat yang baik dan nasihat yang buruk.

Agen penjual investasi hanya boleh memberikan nasihat dan menjual. Keputusan untuk mengeksekusi atau tidak berada di tangan Anda. Jika Anda melek keuangan dan memiliki pendidikan keuangan yang baik, maka Anda akan tahu apa yang terbaik untuk kondisi keuangan Anda.

Jika Anda memilih pendidikan keuangan, selamat menjalani prosesnya. Bagaimanaca cara meningkatkan pendidikan keuangan? Silakan baca artikel berikut ini:

 

 

Sumber:

Robert T. Kiyosaki. 2013. “Why A Students Work for C Student and B Students Work for Govermment”. Scottsdale: Plata Publishing.

 

Kami akan sangat senang dan berterima kasih jika Anda mau berbagi kisah atau memberi komentar mengenai pendidikan keuangan.

 

Artikel-artikel Finansialku keuangan keluarga:

finansialkuPencurian Data Kartu Kredit di Korea SelatanBaca
finansialku6 Pertimbangan Sebelum Mengambil PinjamanBaca
finansialkuUtang Baik dan Utang Buruk menurut Robert T. KiyosakiBaca

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku Baca
finansialkuData Ekonomi Indonesia (infographic)Baca
finansialkuCara Kaya ala Chairul TanjungBaca