Banyak ahli yang mengatakan pendidikan tidak harus disekolah dan pernyataan tersebut benar. Satu hal yang perlu diingat pendidikan formal (sekolah) itu wajib. Kali ini kami ingin membahas pendidikan formal dari sudut pandang mengenai karir dan keuangan.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Fin Quotes

 

Pendidikan Tidak Harus Disekolah

Banyak ahli mengatakan bahwa pendidikan tidak harus disekolah dan memang benar bahwa kita dapat belajar dimana saja. Contoh kita dapat belajar tentang musik, olahraga, seni dan lain sebagainya. Salah seorang ahli bernama Malala Yousafzai mengatakan:

 

 

English

I will get my education, if it is in home, school or anyplace.

Malala Yousafzai

 

Pendidikan Tidak Harus Disekolah, Tetapi Pendidikan Formal itu Wajib - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Pendidikan adalah Bekal Terbaik untuk Masa Depan Anak]

 

Bahasa Indonesia

I mendapat pendidikan, di rumah, sekolah dan dimana saja.

Malala Yousafzai

 

Kami sebagai perencana keuangan sangat setuju dengan pendapat tersebut, bahwa seseorang dapat belajar di mana saja. Pendidikan formal atau pendidikan di sekolah adalah dasar atau pondasi seseorang. Pemerintah Indonesia dan pemerintah negara-negara lainnya berusaha agar masyarakatnya dapat mengenyam bangku pendidikan. Setidaknya di Indonesia sudah ada program wajib belajar 9 tahun dan terus beranjak ke program wajib belajar 12 tahun.

 

Apakah Pendidikan Formal Memberikan Jaminan?

Pertanyaan klasik yang ditanyakan anak-anak dan remaja: apakah pendidikan formal (SD, SMP, SMA dan Kuliah) memberikan jaminan ke depan bakal hidup lebih sejahtera? Coba lihat orang-orang disekitar Anda, banyak orang-orang kaya yang tidak lulus kuliah atau bahkan tidak lulus SMA. Kalau begitu kenapa pendidikan formal masih penting?

Jawabannya harus diakui tidak ada jaminan, jika Anda pandai disekolah berarti Anda akan hidup sejahtera. Tidak ada jaminan jika Anda lulus kuliah, Anda dapat hidup sejahtera. Sekali lagi, sama sekali tidak ada jaminan. Satu hal yang pasti adalah jika Anda mengenyam pendidikan formal dari SD hingga kuliah, Anda memiliki peluang lebih besar untuk diterima di perusahaan yang bagus. Anda memiliki peluang lebih besar untuk sukses dalam membangun usaha.

 [Baca Juga: Pentingnya Pendidikan di Era Modern]

 

Sebagai perencana keuangan, kami melihat bahwa pendidikan formal adalah salah satu syarat, yang harus dipenuhi. Untuk seorang anak, pendidikan formal dapat diibaratkan seperti pelajaran untuk memancing dan kail. Apakah Anda pernah mendengar pepatah: Berikan seekor ikan, maka orang tersebut dapat hidup satu hari. Jika Anda berikan kail dan ajarkan cara memancing, orang tersebut dapat hidup mandiri. 

 

Menurut Anda, seberapa penting pendidikan formal untuk anak-anak?

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang