Apakah kamu pernah merasakan tidak nyaman saat penerbangan jarak jauh? Melakukan penerbangan jarak jauh tidak selamanya mengasyikkan. Banyak orang justru merasakan hal sebaliknya.

Nah buat sobat Finansialku yang mau melakukan penerbangan jauh, kamu bisa mengikuti 10 tips ini supaya perjalananmu semakin nyaman.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Tips Tetap Nyaman Pada Penerbangan Jarak Jauh

Adanya moda transportasi pesawat terbang, tentu memungkinkan kita melakukan perjalanan yang sangat jauh. Bukan hanya antar kota melainkan antar pulau, antar negara, bahkan antar benua.

Sudah pasti penerbangan jarak jauh membutuhkan waktu yang lama sehingga banyak orang justru merasa tidak nyaman selama melakukan penerbangan tersebut.

Tentu masalah ini bukanlah hal sepele. Karena perjalanan selama di pesawat juga bisa menentukan kondisi kamu setelahnya. Apalagi jika kamu harus melakukan serangkaian kegiatan di tempat tujuan.

Oleh sebab itu, kamu perlu mengkondisikan diri agar tetap nyaman selama penerbangan. Ini akan menjadi hal yang penting.

5 Pesawat Kepresidenan Termahal yang Ada Di Dunia 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Tips Traveling Super Hemat dan Murah bagi Mahasiswa]

 

Namun bagaimana cara untuk melakukannya? Jangan khawatir karena dalam artikel ini, Finansialku akan memberikan tips-tipsnya untuk sobat Finansialku.

Tanpa berlama-lama, berikut ini kesepuluh tipsnya…

 

#1 Memilih Kursi

Tips pertama adalah memilih kursi yang tepat. Pemilihan kursi merupakan salah satu hal yang wajib dimasukkan dalam rencana perjalanan. Sobat Finansialku bisa memilih kursi yang berada di first atau business class.

Jika kehabisan, kamu dapat menyiasatinya dengan memilih kursi kelas ekonomi. Namun usahakan untuk memilih kursi di dekat pintu darurat, karena menyediakan ruang kaki yang lebih luas.

 

#2 Persiapkan Barang Bawaan dengan Baik

Tips kedua adalah kamu harus mempersiapkan semua barang bawaan dengan baik, seperti bekal pakaian, peralatan mandi, barang-barang pribadi, hingga dokumen-dokumen penting jika ada.

Minimal barang-barang tersebut sudah siap satu hari sebelum keberangkatan. Hal ini mengantisipasi adanya barang yang tertinggal dan kamu tidak perlu memikirkannya lagi selama penerbangan.

 

#3 Datang ke Bandara Lebih Awal

Selanjutnya, kamu harus bisa mengatur waktu agar sampai di bandara lebih awal. Dimulai dari mempersiapkan barang bawaan, hingga melakukan perjalanan ke bandara. Setidaknya kamu harus sampai di bandara minimal 1-2 jam sebelum keberangkatan.

Karena apabila terlambat kemungkinan besar kamu akan merasakan ketidaknyamanan selama penerbangan.

 

#4 Berpakaian Senyaman Mungkin

Berikutnya adalah berpakaian senyaman mungkin. Sebaiknya kamu tidak menggunakan pakaian yang terlalu ketat. Karena pergerakan didalam kabin pesawat akan terbatas.

Kamu bisa menggunakan pakaian longgar, layaknya pakaian tidur, namun tetap keren.

10 Tips Tetap Nyaman Saat Penerbangan Jarak Jauh 02 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Penyedia Asuransi Perjalanan Eropa (Visa Schengen) Terbaik!]

 

#5 Bawalah Alat Tidur Pribadi

Jika kamu berencana untuk tidur dalam penerbangan, usahakan untuk membawa beberapa alat tidur pribadi, seperti bantal leher dan penutup telinga.

Biasanya pesawat hanya memberikan fasilitas selimut, itupun beberapa maskapai tertentu.

 

#6 Jangan Tidur Terlalu Lama

Kamu boleh saja tidur dalam penerbangan, namun ingat jangan terlalu lama. Jika tidur terlalu lama, maka sirkulasi dalam tubuh akan terhambat.

 

#7 Hindari Minuman Beralkohol

Meski berbahaya namun beberapa maskapai penerbangan masih menyajikan minuman beralkohol.

Sebaiknya, kamu tidak mengonsumsi minuman ini saat penerbangan berlangsung karena jumlah oksigen didalam darah menjadi berkurang. Sirkulasinya pun ikut terhambat dan membuatmu menjadi lebih cepat mabuk.

 

#8 Bawa Buku Bacaan atau Gadget

Supaya sobat Finansialku tidak tertidur terlalu lama, sangat disarankan untuk membawa buku bacaan ataupun bermain game melalui gadget. Kamu juga bisa men-download film maupun musik favorit.

10 Tips Tetap Nyaman Saat Penerbangan Jarak Jauh 03 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Pesawat Kepresidenan Termahal yang Ada Di Dunia]

 

#9 Luangkan Waktu untuk Berjalan Di Lorong Pesawat

Jika kamu telah tertidur selama 2-3 jam, usahakan luangkan waktu untuk berjalan-jalan di sekitaran lorong pesawat.

Hal tersebut sangatlah penting untuk melakukan peregangan dan menghindari kondisi keram pada beberapa organ tubuh, seperti kaki maupun lengan.

 

#10 Perbanyak Mengonsumsi Air Putih

Kenyamanan selama penerbangan juga ditentukan dengan kondisi tubuh yang tetap fit. Disarankan buat kamu untuk memperbanyak konsumsi air putih. Hal ini adalah upaya untuk mencegah dehidrasi.

Kemudian kamu sebaiknya tidak mengonsumsi kopi karena kopi akan membuatmu kesulitan untuk tidur dan mempercepat stres (berlaku bagi beberapa orang).

 

Kondisikan Diri Senyaman Mungkin Selama Penerbangan

Kenyamanan selama penerbangan berlangsung akan berdampak positif. Apalagi kamu harus menghabiskan waktu yang lama didalam sebuah kabin pesawat.

Oleh sebab itu, sangat penting untuk bisa me-manage dan mengondisikan diri senyaman mungkin dalam penerbangan.

10 tips tersebut sangatlah efektif untuk membantu sobat Finansialku agar merasa tetap nyaman. Jadi mulailah menerapkannya dalam penerbangan selanjutnya….!

 

Itulah kesepuluh tips yang bisa kamu lakukan agar penerbangan tetap nyaman. Jangan lupa share artikel ini, semoga penerbanganmu menyenangkan!!!

 

Sobat Finansialku, kamu juga bisa menonton video berikut ini juga lho. Ketahui sekarang bagaimana cara mendapatkan tiket pesawat murah!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 13 Desember 2019. 6 Tips Nyaman Penerbangan Jarak Jauh. Travel.detik.com – https://tinyurl.com/tk49oqu

 

Sumber Gambar:

  • Penerbangan Jarak Jauh 01 – https://bit.ly/3ae8VX3
  • Penerbangan Jarak Jauh 02 – https://bit.ly/3ag4R8R