Mengelola keuangan pribadi adalah sebuah pekerjaan yang cukup menantang. Tidak banyak orang yang menyukai bidang keuangan, tetapi semua orang pasti berhadapan dengan keuangan pribadi. Finansialku akan berbagi sebuah kisah dari 3 orang top mengenai cara mereka mengelola keuangan pribadi, kesalahan yang mereka lakukan dan pelajaran dari cara mengelola keuangan pribadi yang baik.

Personal-Finance-Guides Mengelola Keuangan Pribadi

 

Benar dan Salah Mengelola Keuangan Pribadi

Pada artikel ini Finansialku akan membahas 5 nama orang top dan tentunya Anda akan mengenali sebagian besar nama-nama orang ini. Mereka pernah nyaris bangkrut, atau malah sudah bangkrut dan hebatnya ada yang kembali kaya setelah kebangkrutannya. Siapakah mereka?

 

Donald Trump

trump-photo1---Mengelola-Keuangan-Pribadi-Donald-Trump

“You Are Fired!” Anda pasti pernah mendengar kata-kata tersebut kan? Raja property Donald Trump pernah menyatakan bangkrut sebanyak 4 kali dalam 2 dekade yaitu pada tahun 1991, 1992, 2004, dan 2009. Beberapa terjadi karena kasus anjloknya harga-harga saham properti. Kebangkrutan yang dimaksud adalah kebangkrutan perusahaan bukan kebangkrutan pribadi. Kebangkrutan pribadi adalah hal yang asing di Indonesia, tetapi Indonesia memiliki regulasinya. Kecerdasan keuangan yang dimiliki seorang Donald Trump berhasil bangkit dari kasus-kasus kebangkrutan dan menjadi seseorang kaya lagi.

 

Pelajaran dalam Mengelola Keuangan Pribadi

Pelajaran pertama adalah pisahkan antara keuangan pribadi dan keuangan perusahaan adalah cara yang terbaik untuk mengamankan posisi keuangan pribadi. Jika terjadi sesuatu yang buruk terhadap bisnis, maka tidak akan menganggu keuangan pribadi. Praktek di Indonesia, pemisahaan kekayaan pribadi dan perusahaan dapat dilakukan dengan mendirikan sebuah perusahaan dengan badan hukum Perseroan Terbatas (PT) dan diperkuat dengan perjanjian pisah harta dengan pasangan.

Pelajaran kedua dari kisah Donald Trump adalah kemampuan seseorang untuk jatuh dan bangun. Mungkin banyak orang yang berhasil menjadi orang kaya (kaya karena warisan, harta orang tua, mendapat lotere, judi, hadiah, kaya karena menikah dengan anak orang kaya, atau bisnis yang penjualannya tiba-tiba meroket), tetapi tidak banyak orang kaya yang jatuh miskin dan bangkit kembali menjadi orang kaya.

 

Michael Jackson

michael-jackson-michael-jackson-Mengelola-Keuangan-Pribadi-Michael-Jackson

Nama besar Michael Jackson tentunya sudah pasti Anda kenal. Sampai tahun 2009 Michael Jackson dikenal sebagai entertain yang sukses, tidak hanya di Amerika tetapi juga di dunia. Pada tahun 1991 Michael Jackson menandatangani $1.000.000.000 dan menjual lebih dari 750.000.000 rekaman. Sayangnya Michael Jackson memiliki sebuah kebiasaan yang buruk, salah satunya adalah kebiasaan berbelanja. Salah satu belanja paling mahal adalah rumahnya di Neverland Ranch. Pada tahun 1998 Michael Jackson membeli rumahnya di Neverland Ranch dengan harga $17.000.000 dan  biaya perawatan tahunannya mencapai $10.000.000.

 

Michael Jackson juga gagal mewariskan kekayaan karena polis asuransinya hangus atau lapse. Hal ini disebabkan orang kepercayaannya berhenti membayarkan polis asuransinya beberapa bulan sebelum Michael Jackson meninggal.

 

Pelajaran dalam Mengelola Keuangan Pribadi

Membeli sebuah rumah tidak berarti Kita membeli sebuah asset- benar-benar asset. Coba Kita lihat bersama: Kontrak yang ditandatangani Michael Jackson adalah $1.000.000.000 dan membeli rumah dengan harga $17.000.000 dan biaya perawatan $10.000.000. Keinginan untuk show off atau mengejar 3 huruf W A H bisa jadi motivasi bagi Michael Jackson dan itu hal yang wajar. Orang-orang yang belum melek keuangan pasti akan banyak melakukan kesalahan dalam mengelola keuangan pribadi.

 

Mike Tyson

20130907073009mike-tyson-Mengelola-Keuangan-Pribadi-Mike-Tyson

Seorang petinju dunia bernama Mike Tyson – Si Leher Beton adalah salah satu kasus orang yang gagal mengelola keuangan pribadi. Selama karirnya di tinju Mike Tyson berhasil mendapatkan penghasilan sebesar $400.000.000.

 

Kasusnya mirip seperti di atas Mike Tyson dulu mengejar satu kata WAH, sehingga dia melakukan pembelian barang-barang mewah, gaya hidup yang tinggi dan pereceraian yang mahal. Hal yang menyebabkan Mike Tyson bankrupt adalah perceraiannya pada tahun 2003 dengan utang sebesar $27.000.000.

 

Pelajaran dalam Mengelola Keuangan Pribadi

Diakui atau tidak karir seseorang atlit memiliki titik puncak. Stamina seorang atlit pasti akan mengalami penurunan karena faktor U – usia. Akumulasi kekayaan pada saat karir sedan berjalan ke puncak harus dialokasikan untuk biaya hidup selanjutnya. Singkatknya adalah sebagai berikut: Seorang petinju memiliki perjalanan menuju puncak karir dari umur 17 tahun – 35 tahun (18 tahun bekerja). Setelah itu harapan hidup seseorang sampai dengan umur 75 tahun (40 tahun hidup). Apabila tidak ada rencana keuangan untuk mengelola keuangan pribadi maka yang terjadi adalah kehancuran keuangan pribadi. Rencana keuangan disini tidak hanya investasi, asuransi, tetapi juga strategi untuk mengelolla keuangan pribadi yang komprehensif.

 

Sumber Cerita:

Moneycrashers.com

 

Pelajaran dari Kegagalan Mengelola Keuangan Pribadi

Apa yang menyebabkan seseorang menjadi bankrut:

Kurangnya Pendidikan Keuangan

Seperti pembuka artikel di atas, mengelola keuangan pribadi adalah hal yang tak terhindarkan dalam kehidupan seseorang. Namun ilmu dasar ini tidak diajarkan dalam pendidikan formal di sekolah atau universitas. Oleh sebab itu banyak orang yang berhasil sampai tahap mengumpulkan uang tetapi tidak dapat mengelola keuangan pribadi dengan bijak. Bagaimana cara meningkatkan pendidikan keuangan seseorang?

cara-mahasiswa-mengatur-waktu-untuk-kuliah-kerja-dan-me-time-yang-efektif-finansialku

[Baca juga : Belajar Keuangan Pribadi, Gimana Caranya?]

 

Materialistis

Kebudayaan materialistis dan psikologi orang untuk pamer – mengejar kata WAH adalah permasalahan banyak orang. Apakah materialistis dilarang? Sebaiknya dihindari tetapi jika Anda ingin menjadi seorang yang materialistis boleh saja asal ada keseimbangan antara pendapatan dan pengeluaran. Contoh mudahnya seseorang ingin membeli mobil mewah dengan strategi cicilan bulanan. Cari sumber pendapatan lain (jangan ganggu pendapatan saat ini)

 

Gagal melakukan Perencanaan Keuangan

Perencanaan keuangan yang komprehensif dan detil adalah salah satu cara untuk mengelola keuangan pribadi dan keuangan keluarga. Perencanaan keuangan ini dapat Kita lakukan dengan sendiri, karena rencana keuangan dan keuagan pribadi adalah perpaduan antara ilmu keuangan dan sebuah seni.

5-fasilitas-kartu-kredit-yang-menguntungkan-untuk-karyawan-finansialku

[Baca juga : Perencanaan Keuangan: Paduan Ilmu Keuangan dan Seni]

 

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialkuPersiapan Budget untuk Renovasi RumahBaca
finansialkuApa itu Program Jaminan Sosial BPJS?Baca
finansialkuProfesi Pengemis Jalanan yang MenggiurkanBaca
finansialkuTrick Mengamankan Online PasswordBaca
finansialkuMengatur Keuangan Keluarga: BOCOR HALUSBaca