X

Waspadai Pengeluaran Sepele Tapi Bikin Kantong Makin Kere

Ternyata bukan cicilan yang bikin kantong jadi makin kere. Simak pengeluaran sepele yang tidak kita sadar bikin kantong jebol berikut!

 

Rubrik Finansialku

 

Pengeluaran Sepele = Latte Factor

 

Hi Sobat Finansialku!

Kalian tentu pernah lihat ban kan?

Iya, ban kendaraan yang selalu menemani perjalanan keseharian dan nganterin kita ke mana-mana.

Tapi ban itu bakalan bikin kita repot kalau pas lagi bocor.

Tahukah kalian kalau ban yang mengalami kebocoran sekecil apapun jika tidak ditangani atau diperbaiki akan bikin ban jadi makin kempes.

Layaknya ban bocor, kantong kita pun bisa saja semakin bolong karena berbagai pengeluaran sepele yang tidak terdeteksi.

[Baca Juga: 6 Tips Perencanaan Keuangan Untuk Pasangan Muda yang Harus Diketahui Agar Terhindar Utang dan Hidup Sejahtera]

 

Pengeluaran sepele yang dibelanjakan tanpa disadari itu namanya latte factor!

Nah, mungkin kalian pernah atau sedang mengalami yang namanya latte factor ini!

Belum juga akhir bulan, gaji udah habis dan rasanya kalian ga beli barang-barang dengan harga yang fantastis atau mahal.

Lalu, kemana ya larinya uang gajimu?

Oleh sebab itu, yuk pahami berbagai latte faktor atau pengeluaran receh yang kamu keluarin tiap bulan!

Siapa tahu kamu bisa kurangi atau bahkan pangkas pengeluaran dari kebiasaan tersebut!

 

#1 Ngopi di Café + Gorengan

Ngumpul bareng konco-konco tentu asyik sambil nongkrong di tempat yang cozy dan gaul seperti di café-café kopi kekinian.

Karena gengsi atau ikut-ikutan, ga sadar kalau tiap kali nongkrong selalu aja pesan kopi, belum lagi dengan berbagai embel-embel gorengan, snack dan lain sebagainya.

Eits, itu baru jajannya doang lho.

Coba deh dihitung dalam satu minggu berapa kali kamu sama temen-temen nongkrong di café atau bahkan warung sekalipun dan ngeluarin duit sepele buat ngopi atau jajan gorengan?

Kalau udah dihitung, coba deh dikalkulasi pengeluaran sepele ini selama sebulan atau setahun. Jumlahnya lumayan gede kan?

 

#2 Air Minum Kemasan

Abis ngopi, deuh…haus neeh!                                                    

Akhirnya nengok kiri kanan dan cari minimarket buat beli air mineral dalam kemasan.

Weee…udah triple kill  ini kalau main game! Ngopi, gorengan, dan air mineral.

Ini dia pengeluaran sepele yang bisa bikin kantong makin bolong.

Trus bagaimana dong saran supaya bisa ngurangin 3 pengeluaran sepele ini?

Ini sih soal mengekang keinginan guys, terutama untuk kopi dan gorengan.

[Baca Juga: 25+ Kata-kata Bijak David Ogilvy Ini Memberikan Pelajaran dalam Bisnis dan Iklan]

 

Kamu bisa membuat kopi di rumah aja, beli sesuai kebutuhan dan bikin gorengan di rumah bisa lebih bersih dan higienis.

Kalau bikinan rumah sendiri, tentu kita bisa menjamin kebersihan dari proses pembuatannya.

Selain lebih sehat, lebih hemat juga kan! Untuk air mineral, kamu bisa beli botol minum sendiri, bahkan ada yang 1,5 Liter.

Tiap mau pergi keluar rumah, jangan lupa isi botol minummu dan bawa ke manapun kamu pergi.

So, kamu bakal bisa menghemat pengeluaran lebih ketat lagi!

 

#3 Kantong Plastik Berbayar

Beberapa tahun terakhir ini kantong plastik dikenakan biaya lho!

Meski murah, tapi hitung punya hitung, kalau kita sering pergi ke minimarket dan belanja, bisa bikin bengkak pengeluaran juga kan?

Ada baiknya bawa kantong sendiri guys! Kalian bisa menggunakan tas berbahan kain yang bisa dipakai ulang dan tentu saja ramah lingkungan dibandingkan kantong plastik yang malah bikin polusi.

 

#4 Member Gym

Ga ada salahnya kok olahraga di gym atua pusat kebugaran.

Apalagi jika membership-nya bareng sama temen-teman yang punya tujuan yang sama buat hidup sehat. Tentu harga membernya bakalan lebih murah kan!

Tapi, yang jadi masalah jika semangat untuk berolahraga ini hanya di awal saja dan pada akhirnya melempem, entah karena temen-temen udah ga pada nge-gym lagi atau karena malas.

Pengeluaran untuk member gym ini tentunya jadi mubazir bukan?

Belum lagi jika waktu nge-gym cuma dipakai untuk ngobrol ngalor ngidul sama temen, malah ga olahraga juga keles!

Jadi sebelum kamu keluarin duit hingga jutaan rupiah buat jadi member di gym selama satu tahun, lebih baik kumpulkan dulu niat dan semangatmu, setelah itu buat dirimu konsisten untuk menjalani komitmenmu!

Jadi, ga ada alasan untuk tidak olahraga meski ga ada temen nge-gym atau bahkan hujan badai topan sekalipun karena kamu sedang menjalankan komitmenmu untuk hidup sehat.

 

#5 Kalap Belanja Diskonan

Lihat diskon gede-gedean siapa yang ga nahan, apalagi sekarang ini tiap bulan ada aja tawaran promo dari berbagai merchant.

Ada big sale ini lah, promo terbatas itulah, flash sale diskon hingga 90%-lah, dan berbagai tawaran promo yang bikin kita kalap buat gesek sana gesek sini, transfer sana transfer sini.

Alhasil, tagihan di kartu kredit bengkak, duit di ATM terkuran, kantong jadi bolong deh!

Belum lagi barang-barang yang udah dibeli ga bisa dibalikin dan rata-rata barangnya ga bener-bener dipakai!

Kalau udah gini, jangan salahkan bunda mengandung ya!

[Baca Juga: VIDEO: William Soeryadjaya: Seorang Yatim Piatu Sukses Mendirikan Astra]

 

Buat kamu yang suka kalap sama diskon gede-gedean, mending kamu liat lagi anggaran bulananmu. Kalau yang belum punya anggaran bulanan, bikin dulu gih pakai Aplikasi Finansialku yang bikin budget bulanan lebih simple!

Kalau udah ada budget bulanan, patuhi budget bulananmu itu sebagai panduan pengeluaran di bulan berjalan.

Jadi, kalau lihat barang yang lagi flash sale dengan tawaran harga miring parah, coba cek anggaran bulananmu ya!

Jika barang tersebut ada di anggaran yang harus dibeli, go ahead guys! Artinya ini peluang buatmu belanja barang diskon itu.

Tapi jika sebaliknya, urungkan niatmu buat melototin barang diskonan itu ya!

 

#6 Stock Makanan Ringan

Paling seneng kalau di rumah banyak makan ringan alias snack buat temen nonton video atau TV.

Tapi, pernah ga kamu sadari bahwa ada stok makanan ringan di rumah yang akhirnya tidak terjamah dan melewati batas expired date-nya alias kedaluwarsa?

Buat kamu yang sedang ngalamin ini, mungkin kamu harus lebih mengekang keinginanmu untuk belanja snack makanan ringan dan menyetoknya di lemari.

Belanja saja sesuai kebutuhanmu, ya!

 

#7 Rokok

Pengeluaran sepele ini teruntuk bagi kamu yang punya kebiasaan merokok!

Tidak ada yang salah dengan rokok, tapi kebiasaan ini bisa bikin pengeluaran jadi tidak hemat, ditambah lagi bikin badan ga sehat lho!

Tentu kamu udah tahu kan bahaya dari kebiasaan menghirup asap rokok, baik perokok pasif maupun perokok pasif!

Coba hitung lagi jika dalam sehari kamu merokok 3-5 batang, maka dalam sebulan kamu sudah menghabiskan berapa ratus ribu?

[Baca Juga: Ini Cara Mengatur Pos Pengeluaran Rumah Tangga Bagi Pasangan Muda!]

 

Jika uang untuk membeli rokok itu diakumulasi, tentu kamu bisa pakai uang itu buat jadi DP rumah atatu setidaknya kendaraan bermotor.

Selain itu, kamu jadi terbebas dari biaya rumah sakit karena penyakit paru-paru atau berbagia penyakit akibat merokok!

So… Pengeluaran sepele apa yang selama ini bikin kantong jadi makin kere?

Tiap orang tentu berbeda-beda ya, guys!

 

Siap untuk Mengurangi Pengeluaran Sepele?

Kalau sudah tahu apa pengeluaran latte factor atau pengeluaran sepele, sekarang kita perlu komitmen lebih untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan kebiasaan mengelauran uang sepele itu ya!

Selanjutnya, uang sepele yang sudah terkumpul dan berhasil ditabung mau dikemanin guys?

Yuk coba investasi dan bikin tabunganmu semakin berkembang dengan E-book Gratis dari Finansialku berikut ini!

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI REKSA DANA untuk PEMULA

 

Jangan lupa kasih tahu temen-temenmu soal latte factor ini, siapa tahu temenmu jadi semakin aware soal mengatur keuangan pribadi!

 

 

Sumber Referensi:

  • Firda Nur Asmita. Percaya atau Tidak, 5 Jenis Pengeluaran Receh Ini Bisa Bikin Bangkrut! Koinworks.com – https://bit.ly/36cuOYi
  • Christine Berliana. 29 Juni 2019. Gaji Selalu Habis Sebelum Waktunya? Hapus 7 Kebiasaan Boros yang Bikin Kantong Bolong Ini. Rimma.co – https://bit.ly/34i03P5
  • Parenting Orami. Ternyata. 1 Agustus 2017. 5 Pengeluaran Sepele Ini Paling Menguras Kantong. Parenting.orami.co.id – https://bit.ly/345BfcC
  • Admin. 5 Pengeluaran Ini Dianggap Biasa, Sayangnya Bikin Kantong Bolong. Cleo.co.id – https://bit.ly/3kOUX3g