Inilah yang menjadikan blog merupakan bagian dari passive income atau bukan juga sebagai passive income.

Kenapa begitu ya? Yuk cek bersama apakah benar penghasilan blog itu bukan atau termasuk passive income?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Apa itu Passive Income?

Sejak rilisnya The Four Hour Workweek oleh Tim Ferriss, istilah passive income telah dianggap sebagai hal mistis yang jika Anda dapat mencapainya, Anda akan bebas menjalankan hidup sesuai yang Anda inginkan.

Apabila Anda baru saja memulai atau memiliki sebuah bisnis kecil, Anda mungkin akan tergoda untuk mencoba dan bertindak pada sesuatu yang tidak mungkin.

Namun sebelum Anda melakukannya, mari mundur sejenak dan melihat apa sebenarnya passive income itu. Terdapat dua jenis income yaitu active dan passive.

Passive Income Dari Saham 1 Finansialku

[Baca Juga: Begini Caranya Mendapatkan Passive Income Dengan Modal Kecil]

 

Active income merupakan penghasilan yang Anda terima untuk apa yang telah Anda kerjakan. Misalnya Anda dibayar untuk duduk dan menuliskan artikel ini, maka Anda akan dibayar sekali dan cukup begitu saja.

Contoh lainnya jika Anda berkerja dengan gaji reguler, atau melakukan pekerjaan freelance untuk klien, maka Anda akan mendapatkan active income.

Sedangkan passive income merupakan penghasilan yang diterima sekali untuk pekerjaan yang Anda lakukan, jika Anda membuat sesuatu atau nilai maka Anda akan mendapatkan bayaran tanpa batas.

Misalnya seorang penulis seperti penulis Stephen King. Beliau menghabiskan beberapa bulan untuk menulis The Shining hampir 40 tahun yang lalu. Namun beliau tetap dibayar untuk setiap copy yang terjual.

Beliau membuat sesuatu yang bernilai yang masih tetap diinginkan orang saat ini.

 

Apakah Penghasilan dari Blog Disebut Passive Income?

Internet telah membuka banyak sekali peluang untuk orang-orang yang bukan penulis terkenal untuk mendapatkan passive income.

Jika Anda menuliskan artikel pada website Anda sendiri bukannya untuk Envato Tuts+, maka semua pendapatan iklan akan menjadi milik Anda.

Apa Benar Pengasilan dari Blog Disebut Passive Income 02 Blog 2 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapat Penghasilan Pasif (Passive Income) dari Investasi Online P2P Lending?]

 

Daripada dibayar beberapa ratus dollar sekarang, Anda akan mendapatkan beberapa sen untuk tiap orang yang mengklik iklan Anda.

Anda juga dapat menjual produk sendiri, menggunakan skema afiliasi, mengumpulkan pendapatan iklan dan banyak lagi.

Bahkan investasi jenis tradisional juga merupakan jenis passive income. Menjawab dari pertanyaan kebanyakan orang apakah penghasilan dari blog itu passive income? Jawabannya bisa iya atau juga bisa tidak.

Mengapa demikian? Karena penghasilan dari blog tidak hanya dari satu sisi saja tapi dari berbagai sisi. Berikut beberapa cara yang di dapat dari blog untuk menghasilkan passive income.

 

#1 Membuat Toko Online

Tidak bisa dipungkiri jika mempunyai toko online sendiri akan memunculkan kesempatan yang sangat besar bagi Anda untuk mendapatkan penghasilan dari blog Anda.

Kebanyakan orang menilai bahwa blog dan toko online sebaiknya dipisahkan, padahal dengan membuat toko online dan blog secara bersamaan justru memperbesar peluang Anda untuk mendapatkan pelanggan baru.

Kuncinya adalah dengan mendorong pengunjung blog Anda untuk menjadi pelanggan setia agar dapat membeli produk yang berasal dari toko online yang Anda buat.

Oleh karena itu buatlah artikel pada blog Anda yang mampu menghipnotis para pengunjungnya agar mau masuk ke dalam toko online yang telah Anda buat untuk dapat membelinya.

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#2 Menjadi Affiliate Marketer

Saat ini telah banyak platform yang menyediakan program afiliasi, dan masing-masing platform tentunya mempunyai program afiliasi yang berbeda antara satu dengan lainnya.

Seperti Niaga Hoster yang menyediakan komisi sebesar 70% dalam program afiliasinya dan berbagai platform lainnya yang tidak mau ketinggalan dengan menawarkan berbagai program afiliasi yang menguntungkan.

Jika Anda mampu mengembangkan blog Anda dengan sangat baik sehingga mempunyai basis pembaca yang besar, maka bukan tidak mungkin Anda akan mendapatkan penghasilan atau passive income dari blog Anda dengan komisi yang sangat besar.

 

#3 Menayangkan Artikel Berpromosi

Jika blog atau website yang telah Anda buat menjadi blog yang populer serta mempunyai beragam konten yang berkualitas sehingga memiliki pengunjung yang sangat banyak, tentu hal ini mampu membuat para pengiklan melirik website Anda.

Mereka akan tertarik untuk sekedar menayangkan artikel promosi di blog atau website Anda.

Pada umumnya bayaran per artikel dipatok mulai dari Rp100.000. Itu pun konten artikel disediakan oleh pihak pengiklan.

Anda selaku pemilik blog hanya mempublikasikan di blog atau website Anda dengan berbagai ketentuan atau syarat tertentu, seperti backlink harus di-follow, artikel disertai dengan gambar dan berbagai ketentuan lainnya.

 

#4 Pemasangan Iklan

Untuk mendapatkan penghasilan dari blog Anda yang paling mudah dan umumnya dilakukan oleh para blogger adalah dengan memasang iklan menggunakan pihak ketiga (Google Adsense, PayClick, dan lain-lain).

Selain itu, bisa juga dengan memasang iklan sendiri tanpa melalui pihak ketiga tersebut.

Nah, disini perlu Anda perhatikan bahwa antara memasang iklan secara mandiri atau menggunakan pihak ketiga terdapat perbedaan.

Jika Anda memutuskan untuk memasang iklan secara mandiri, Anda perlu menyediakan space khusus pada blog atau website Anda, entah itu berada pada bagian sidebar, header, footer maupun di dalam tulisan Anda.

Jika Anda mengundang pengiklan untuk menghubungi Anda dalam hal pemasangan iklan. Pada umumnya ada jangka waktu serta harga yang berbeda berdasarkan ukuran banner iklan yang akan dipasang, letak, hingga jangka waktu.

Sebaliknya jika Anda memutuskan untuk memasang iklan dari pihak ketiga, maka biasanya disediakan oleh berbagai platform periklanan, seperti Google Adsense ataupun PayClick.

Jika bergabung dengan Google Adsense dan memasang iklan darinya, hal itu sebenarnya sangat berpotensi untuk dijadikan passive income jika pengunjung blog atau website Anda mempunyai jumlah yang banyak.

Perlu Anda pahami bahwa pendapatan iklan dalam blog atau website tergantung dari banyaknya jumlah pengunjung serta penempatan iklan yang baik di website Anda.

Kebanyakan para blogger menggunakan Google Adsense sebagai pihak ketiganya, namun jangan remehkan PayClick yang telah terbit di 107 negara.

 

Yuk jadi Blogger yang Menguntungkan dengan Passive Income yang Menggiurkan

Itulah keempat metode yang efektif untuk dapat Anda lakukan guna mendapatkan penghasilan atau passive income dari blog Anda.

Nah dapat disimpulkan ya kalau blog bisa saja menjadi passive income bagi Anda asalkan Anda menerapkan keempat cara diatas pada blog Anda.

Yuk segera terapkan dan Anda dapat hidup sesuka Anda tanpa bingung tidak ada penghasilan tetap jika Anda sedang cuti bekerja.

Anda hanya perlu menerapkan salah satu dari keempat cara diatas untuk mendapat passive income dari blog. Namun bisa jadi blog bukan merupakan passive income jika Anda tidak menerapkan keempat cara di atas.

Kemudian, Anda juga harus mengatur income Anda dengan baik. Anda disarankan memiliki rencana keuangan yang jelas agar tujuan keuangan Anda bisa tercapai.

Anda bisa dengan mudah merencanakan dan mengatur keuangan dengan menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku. Aplikasi ini dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Anda juga bisa konsultasi ke Perencana Keuangan Finansialku (CFP) melalui fitur Tanya jawab pada Aplikasi tersebut. Anda hanya perlu upgrade ke versi premium dengan merogoh kocek sebesar Rp350.000 untuk satu tahun penuh.

Eitsss, tunggu dulu, Anda juga bisa menggunakan kode referral POTONG50RIBU sehingga Anda hanya perlu membayar sebesar Rp300.000 per tahun, terjangkau bukan? Ayo upgrade sekarang juga dan nikmati berbagai fitur andalan Finansialku.

Selain itu, Anda juga bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

So, selamat mencoba ya, jangan takut gagal namun ulangi terus-menerus. Jika Anda gagal dan selalu sabar ya tentunya untuk mendapat apapun tidak ada yang instan bukan? Bagikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah.

Anda juga bisa membagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Gee Jhon. Benarkah Penghasilan dari Blog Adalah Passive Income?┬áPortal-uang.com – https://goo.gl/n33KpU
  • Darmawan. Bagaimana Mendapatkan Penghasilan dari Blog Hingga Ratusan Juta Bahkan Milyaran per Bulan. Panduanim.com – https://goo.gl/fZFCP1

 

Sumber Gambar:

  • Blog 1 – https://goo.gl/xWodhc
  • Blog 2 – https://goo.gl/RqqEBu