Apa perbedaan pensiun karyawan swasta dengan pegawai negeri? Ternyata, ada aturan yang harus dipenuhi secara tertib, lho!

Ayo cari tahu lebih detail dalam ulasan Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pensiun Karyawan Swasta, Bagaimana Aturannya?

Pensiun karyawan swasta adalah orang tersebut tidak bekerja lagi karena usianya sudah seharusnya tidak melanjutkan pekerjaan di perusahaan swasta tersebut.

Dan di saat karyawan swasta sudah pensiun bisa mendapatkan hak seperti uang pensiun, uang pesangon serta uang penghargaan.

Uang pensiun adalah uang yang akan Anda dapatkan setelah masa kontrak kerja sudah selesai dan sudah memasuki usia pensiun.

Uang pensiun ini bisa Anda ambil setiap bulannya atau pun sekaligus, peraturan tersebut sesuai dengan perjanjian Anda dengan perusahaan.

Tujuan adanya persiapan pensiun karyawan swasta adalah agar Anda bisa mendapatkan uang tambahan dari kerja selama bertahun-tahun dan juga memberikan rasa aman jika sudah pensiun karena ada uang untuk memenuhi kehidupan masa tua.

 

Peraturan dan Undang-Undang Tentang Pensiun Karyawan Swasta

Peraturan pemerintah tentang pensiun pegawai swasta sebenarnya sudah diatur dalam Undang-undang dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, UU No. 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenaga Kerja, dan UU No. 11 Tahun 1969 tentang Pensiun Pegawai (Pegawai Negara Sipil) dan Pensiun Janda/Duda Pegawai.

Berikut peraturan pensiun dini karyawan swasta atau pun peraturan pensiun karyawan swasta yang sudah waktunya dan persiapan pensiun karyawan swasta yang harus Anda ketahui.

 

#1 Ketahui Isi Pasal 151 Ayat 3 UU Ketenagakerjaan

Pada peraturan pemerintah pensiun dini pada karyawan swasta ada pada pasal 151 ayat 3 Undang-undang Ketenagakerjaan.

Pasal tersebut tertulis bahwa sebenarnya UU Ketenagakerjaan tidak memberitahu jelas tentang batas usia pensiun, melainkan semua itu ditetapkan pada kontrak kerja serta peraturan perusahaan tersebut.

Jadi, Anda tetap mendapatkan uang pensiun kalau perusahaan Anda menetapkan dalam aturan perusahaannya. Itu berlaku biarpun Anda belum berusia pensiun.

Ini Daftar Peraturan dan Persiapan Pensiun Karyawan Swasta 01 - Finansialku

[Baca Juga: Pensiun Tanpa Pesangon? Hindari Dengan Tahu Jenis-Jenis Pensiun Ini]

 

#2 Aturan Tentang Pesangon

Peraturan pensiun dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan di pasar 167 UU No. 13/2003 tertulis bahwa, jika pengusaha telah mengikutkan Anda ke dalam program pensiun yang setiap iurannya dibayar penuh oleh pengusaha dan Anda tidak akan berhak mendapatkan uang pesangon di Pasal 156 ayat 2 dan uang penghargaan masa kerja di pasal 156 ayat 3.

 

#3 Aturan Tentang PHK

Pada Pasal 167 ayat 3 UU No. 13/2003, Anda akan tetap mendapatkan uang pesangon jika pengusaha telah mengikutsertakan Anda dalam program pensiun di mana iurannya dibayar oleh pengusaha dan Anda.

Uang pesangon yang didapat adalah hasil dari selisih uang pensiun dari iuran yang dibayar oleh pengusaha.

Setelah itu, jika pengusaha tidak memasukkan Anda pada program pensiun dan mengalami PHK dengan usia pensiun maka pengusaha harus memberikan kepada Anda uang pesangon 2 kali ketentuan Pasal 156 ayat 2, uang penghargaan masa kerja 1 kali dari Pasal 156 ayat 3, dan uang penggantian hak di Pasal 156 ayat 4.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

#4 Aturan Tentang JAMSOSTEK

Persiapan yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengikuti JAMSOSTEK dengan UU No. 3 Tahun 1992 tentang Jaminan Sosial Tenang Kerja. Bahwa pekerja forma di perusahaan swasta berhak atas skema jaminan hari tua.

 

Yuk Persiapkan Dana Pensiun Anda Sekarang Juga

Persiapan pensiun untuk karyawan swasta sebaiknya mengikuti program pensiun. Program pensiun merupakan program yang berusaha menyediakan uang pensiun bagi pesertanya.

Ada dua jenis program pensiun yaitu, pertama program pensiun pasti adalah program yang besar uangnya ditentukan oleh rumus tertentu yang sudah ditetapkan.

Kedua program pensiun iuran pasti di mana biaya iuran sudah ditetapkan dan akan dibayar oleh pekerja dan perusahaan.

Ini Daftar Peraturan dan Persiapan Pensiun Karyawan Swasta 02 - Finansialku

[Baca Juga: MUDAH! Contoh Perhitungan Dana Pensiun Hanya Dengan Satu Aplikasi]

 

Uang pensiun sangat penting untuk para pekerja di sektor manapun. Dengan adanya uang pensiun terutama di hari tua akan sangat membantu biaya kehidupan di tahun-tahun tersebut.

Karena itulah, diskusikan dengan perusahaan Anda dan carilah tempat-tempat untuk melakukan program pensiun. Jangan lupa siapkan dana pensiun dalam jumlah yang cukup agar kondisi keuangan tetap stabil.

Gunakan aplikasi Finansialku untuk mengetahui berapa jumlah dana pensiun yang Anda butuhkan sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan konsultasi perencanaan hari tua Anda dalam fitur Konsultasi Keuangan atau langsung melalui website Finansialku. Yuk, langsung download aplikasinya dan siapkan dana pensiun Anda sekarang.

playstore icon
appstore icon

 

Itulah penjelasan mengenai pensiun karyawan swasta. Siap untuk mempersiapkan dana pensiun sekarang juga? Ayo segera bagikan artikel ini pada orang terdekat Anda, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Samala Mahadi. 17 Mei 2019. Yuk, Mengenal Uang Pensiun Dari Sekarang Sebelum Terlambat! 99.co – https://bit.ly/2ZV9Jxx
  • Admin. Mengenai Dana/ Uang Pensiun. Gajimu.com – https://bit.ly/2GDfTve
  • Tri Jata Ayu Pramesti. 24 Juni 2016. Aturan Tentang Batas Usia Pensiun Pekerja. Hukumonline.com – https://bit.ly/3cjRBCg

 

Sumber Gambar:

  • Pensiun 1 – https://bit.ly/32PrRKY
  • Pensiun 2 – https://bit.ly/362H0KK