Para Mahasiswa, Yuk Ketahui Pentingnya Program Leadership

Program leadership memang sangat dibutuhkan di segala lini kehidupan, terutama dalam pekerjaan dan karier. Bagi kamu para mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja, yuk ketahui pentingnya program leadership!

Program ini dapat membangun personalitas atau karakter pribadimu dan tentunya kedua hal itu akan berpengaruh pada cara kerjamu kelak.

Simak pembahasannya melalui artikel berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Program Leadership Bagi Mahasiswa

Keberhasilan sebuah program pelatihan kepemimpinan atau program leadership selalu tergantung pada bagaimana program tersebut dilakukan.

Seorang pemimpin yang luar biasa tentu tidak akan pernah terlupakan.

Ingatkah kamu dengan para guru yang menjadi pemimpinmu di sekolah atau kepala sekolah atau dosenmu di kelas?

Bagaimanakah cara kepemimpinan mereka memengaruhi caramu kini bertindak dan pandanganmu tentang kepemimpinan ketika diberi kesempatan untuk memimpin sebuah kelompok?

Entah itu kelompok belajar atau ketika kamu terpilih menjadi ketua saat OSPEK di universitas.

Tahukah kamu bahwa para pemimpin selalu meninggalkan sebuah kesan bagi para anggotanya.

Terlepas dari berbagai cara yang mereka lakukan, sedikit banyak akan mengadopsi cara mereka bertindak dalam sebuah kepemimpinan.

Ketika masuk dalam dunia kerja, kepemimpinan setiap orang akan terlihat dan mereka yang memiliki soft skill sebagai pemimpin yang baik akan cepat melesat menduduki posisi strategis dan menjadi seorang pemimpin dalam organisasi.

Kemampuan menjadi pemimpin itu bisa dipelajari. Sudah banyak penelitian, metode dan juga riset yang telah dilakukan para ahli dalam bidang kepemimpinan dan mengembangkan teori dan praktik kepemimpinan di lapangan.

Pentingnya Program Leadership 02 Finansialku

[Baca Juga: Para Mahasiswa, Miliki 24 Prinsip Menjadi Orang Sukses di Usia Muda]

 

Seorang pemimpin tentu mengetahui juga pentingnya menata dan merencanakan keuangan mereka sejak dini.

Ketahui dan rancang sejak dini perencanaan keuangan dan tujuan keuanganmu dari sekarang dengan mengunduh secara gratis dari Finansialku mengenai Panduan Perencanaan Keuangan sesuai usiamu berikut ini:

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Pentingnya Program Leadership, Ini Manfaatnya!

Kamu para mahasiswa tidak perlu berkecil hati jika kamu merasa bahwa kamu tidak tahu bagaimana cara memimpin karena kamu pun bisa menjadi seorang pemimpin dengan caramu sendiri.

Untuk lebih membuatmu termotivasi mengembangkan pola pikir dan kemampuanmu dalam memimpin, berikut ini beberapa manfaat pentingnya program leadership atau kepemimpinan yang perlu kamu ketahui.

 

#1 Membangun Karakter dan Meningkatkan Kemampuan

Sudah dapat dipastikan dan telah dibuktikan bahwa program leadership akan membangun karakter dan meningkatkan kemampuan, terutama soft skill para calon pemimpin untuk memiliki jiwa kepemimpinan dalam setiap bidang pekerjaan atau usaha yang mereka lakukan kelak.

Semakin dini seorang pribadi menerima program leadership, semakin mantap mereka akan bertumbuh dan berkembang menjadi seorang pemimpin hebat di masa depan.

Kembali pada masa anak-anak, tentu kamu pernah bermain dalam sebuah kelompok dan mungkin kamu pernah mendapat kesempatan menjadi seorang pemimpin dalam kelompok bermain tersebut.

Semakin sering kamu berpengalaman dalam memimpin dan berorganisasi, kamu tentu akan mengantongi banyak pengalaman untuk bertumbuh dalam karakter seorang pemimpin.

Banyak perusahaan atau ladang pekerjaan yang mencari orang-orang dengan kemampuan sebagai seorang pemimpin.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Tingkatkan kemampuanmu dalam mengatur keuangan sebagai seorang calon pemimpin yang handal dengan mencatat secara teratur keuangan harianmu melalui Aplikasi Finansialku yang dapat kamu unduh secara gratis melalui Google Play Store.

Mencatat keuangan menjadi lebih mudah melalui fitur pencatatan keuangan dan menata anggaran bulanan.

Selain mencatat arus keuangan dan anggaran bulanan, kamu juga bisa merencanakan dana membeli barang seperti kendaraan pribadi.

Coba free trial-nya dan nikmati manfaat tambahan berupa kursus online gratis selama satu tahun yang dipandu oleh Profesional Perencana Keuangan Finansialku jika kamu berlangganan Aplikasi Finansialku selama satu tahun.

Kandidat Terbaik Generasi Milenial 04 Leadership - Finansialku

[Baca Juga: Bong Chandra: “Insting Terbentuk dari Beberapa Kali Kesalahan” Baca 40 Kata Bijak Lainnya]

 

#2 Pengalaman dalam Organisasi

Kemampuan dalam memimpin erat kaitannya dengan organisasi yang menjadi sarana di mana seseorang dapat mengantongi pengalaman berharga dalam kepemimpinan.

Dalam dunia kerja, kualitasmu sebagai seorang yang sudah dianggap matang sebagai pekerja akan diuji dan terlihat.

Itulah sebabnya banyak sekolah dan juga universitas mencanangkan berbagai program yang mengembangkan potensi para calon pemimpin melalui program leadership.

Dalam sebuah organisasi atau kelompok, kamu akan berkesempatan mempraktikkan setiap kemampuan yang kamu telah pelajari secara langsung.

Kamu akan mengerti bagaimana harus bersinergi dalam sebuah kerja sama tim dengan perbedaan yang ada dan mengenal serta menghadapi sebuah gesekan dalam sebuah tim karena perbedaan pemikiran dan latar belakang para anggotanya.

Pengalaman dalam organisasi akan banyak membentuk karaktermu menjadi calon pemimpin masa depan.

2 dari 100 Orang Bisa Mencapai 5 Level Leadership John C Maxwell, Apakah Anda Salah Satunya 02 - Finansialku

[Baca Juga:  Kata-kata Bijak Peter Drucker yang Dapat Mengubah Bisnis sekaligus Mengubah Dunia]

 

#3 Memompa Kepercayaan Diri

Menjadi seorang pemimpin tentu tidak mudah. Ketika mengawalinya, ada kemungkinan kamu tidak tahu harus bagaimana memulainya.

Kamu akan merasa tidak mengerti apa yang harus dilakukan meskipun kamu telah melihat seniormu yang telah menjadi pemimpin, atau teori kepemimpinan yang ada.

Namun, dalam praktik lapangannya, tidak semua pengalaman dapat disamakan.

Kamu tentu akan menghadapi berbagai hal baru yang menantang dirimu mengembangkan cara kepemimpinan serta mengartikulasikan cara pandangmu tentang teori kepemimpinan dalam sebuah praktik.

Semakin sering kamu mendapat kesempatan dalam sebuah organisasi untuk memimpin, kepercayaan dirimu untuk memimpin akan semakin meningkat karena pengalamanmu dalam berbagai kesempatan sebelumnya.

Ada banyak pengalaman berorganisasi yang bisa kamu dapatkan di bangku universitas yang akan semakin membentuk karakter dan jiwa kepemimpinanmu yang sangat bermanfaat dalam karier atau usahamu di masa mendatang ketika sudah lulus dari bangku perkuliahan.

Ketika kamu sudah masuk dalam dunia kerja nanti, kamu dapat melihat perbedaan antara mereka yang telah terlatih dan memiliki pengalaman kepemimpinan dan yang kurang terlatih sebelumnya dalam setiap kesempatan berorganisasi.

Inilah 10 Ciri Kepemimpinan Visioner atau Visionary Leadership yang Harus Dimiliki Setiap Orang Hebat seperti Anda 01 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Paling Ampuh untuk Para Pebisnis Menang Persaingan Dari Sun Tzu Art of War, Filsuf Tiongkok]

 

#4 Menantang Diri untuk Berkembang

Tak diragukan lagi ketika kamu masuk dalam sebuah organisasi, kamu akan mendapatkan pengalaman untuk bekerja sama dalam sebuah tim dan kamu akan belajar di dalamnya.

Mengutarakan ide bisa menjadi sebuah tantangan ketika banyak ide lainnya yang bisa saja berbeda 180 derajat dari pandangan atau idemu.

Mampu mempertahankan pendapat dengan cara yang benar dan berpegang teguh pada prinsip namun tetap fleksibel dan menerima setiap perbedaan adalah sebuah pengalaman yang tak bisa kamu dapatkan di tempat lainnya, selain sebuah pengalaman dalam organisasi kepemimpinan.

Menantang diri untuk berkembang dan keluar dari zona nyaman adalah sebuah tantangan yang dapat kamu dapatkan di dalam organisasi kepemimpinan.

Bertemu dengan orang-orang baru dan bertukar pikiran, tak jarang bergesekan karena perbedaan pandangan dan tetap menghargai sebuah harmoni dalam keberagaman.

Sebuah keindahan dari ketidakseragaman membuat kita terbuka dengan berbagai inovasi yang baru.

Cara Pemimpin Memotivasi Karyawan yang Bosan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

 

#5 Menambah Komunitas dan Jejaring Sosial

Makhluk sosial diciptakan untuk saling terkait satu dengan yang lain untuk saling berbagi dan bersinergi satu dengan yang lain.

Program leadership menawarkan setiap anak muda untuk memiliki komunitas yang saling membangun dan berjejaring membentuk sebuah satu kesatuan kerjasama yang harmoni.

Ketika masuk dalam dunia kerja, semua akan bergerak dalam sebuah komunitas yang saling membutuhkan satu dengan lainnya.

Inilah pentingnya sebuah kemampuan yang dapat kamu kembangkan dalam kepemimpinan yang ada dalam program leadership.

Kunci-Sukses-Kepemimpinan-3-Finansialku

[Baca Juga: Mengenal Smart Leadership (Kepemimpinan Cerdas) yang Dapat Anda Tiru]

 

#6 Belajar Membuat Perencanaan dalam Sebuah Tim

Bekerja dalam tim tentu berbeda ketika bekerja sendiri. Dalam sebuah tim memiliki banyak kepala yang memiliki perbedaan ide, pengalaman berorganisasi, dan juga karakter.

Seorang pemimpin perlu memiliki pembekalan tersendiri menghadapi atmosfer dalam sebuah kerja sama tim untuk mencapai target bersama.

Perencanaan yang dilakukan oleh seorang pemimpin dalam mengarahkan timnya tentu tidak mudah. Inilah pentingnya program leadership yang perlu diajarkan sejak awal.

 

Dapatkan Pengalaman Melalui Program Leadership

Terkadang, berada dalam posisi kepemimpinan bisa menjadi pemikiran yang menakutkan. Kepemimpinan menawarkan banyak tanggung jawab dan kerja keras.

Meskipun terdengar menakutkan, mencari pengalaman dan mempertahankan posisi kepemimpinan di kampus perguruan tinggi bisa menjadi salah satu pengalaman tak terlupakan dan berharga yang dapat kamu dapatkan untuk tumbuh secara pribadi, professional, dan akademis.

Jangan sia-siakan kesempatanmu ketika menjadi bagian dalam sebuah organisasi. Lakukan bagianmu dan lihat para seniormu dalam memimpin.

Hindarkan dirimu dari rasa enggan untuk bertanya kepada teman-teman anggota tim lain yang memiliki pengalaman organisasi yang berbeda.

Dapatkan ilmu dari orang-orang dalam satu tim ketika mereka menjalankan bagian mereka sehingga kamu tahu cara kerja setiap divisi.

Jika suatu waktu kamu mendapat kesempatan menjadi pemimpin, kamu sedikit banyak sudah mengerti bagaimana cara memimpin melalui pengalaman yang kamu dapatkan yang dikolaborasikan dengan karakter dan situasi yang sedang kamu hadapi.

 

Menurutmu, apakah berpengalaman dalam sebuah organisasi akan menambah banyak manfaat dalam dunia kerja kelak? Bagikan pemikiran, ide dan pengalaman berhargamu dalam sebuah kepemimpinan melalui kolom yang tersedia di bawah ini. Terima Kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 9 November 2015. Pentingkah Program Leadership? Jurnal.id – https://goo.gl/Bd5bF2
  • Nicole Andolina. 18 Oktober 2014. My Life as a Flyer. Nazstudentblog.com – https://goo.gl/ayU3T4
  • Fionnuala Courtney. 16 Oktober 2015. 6 Big Benefits Of Leadership Training. Elearningindustry.com – https://goo.gl/Pmeaq9
  • Kristine Tucker. What Are the Benefits of Student Leadership? Classroom.synonym.com – https://goo.gl/Vo6jBJ
  • Richard Greenwald. 5 Desember 2010. Today’s Students Need Leadership Training Like Never Before. Chronicle.com – https://goo.gl/13ihfH

 

Sumber Gambar:

  • Pentingnya Program Leadership 1 – https://goo.gl/59CK44
  • Pentingnya Program Leadership 2 – https://goo.gl/kpmaUa
Summary
Para Mahasiswa, Yuk Ketahui Pentingnya Program Leadership
Article Name
Para Mahasiswa, Yuk Ketahui Pentingnya Program Leadership
Description
Program leadership memang sangat dibutuhkan di segala lini kehidupan, terutama dalam pekerjaan dan karier. Bagi kamu para mahasiswa yang akan memasuki dunia kerja, yuk ketahui pentingnya program leadership!
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha
Kriswangsa Bagus Kusuma Yudha, Memiliki ketertarikan dengan kepemimpinan, pengembangan karakter, keterampilan & karier. Terbuka dengan berbagai pengetahuan, ide kreatif & input yang konstruktif. My LIFE My HIStory

Leave A Comment