Kabar baik buat Anda para debitur yang punya cicilan kredit kendaraan bermotor karena Anda dapat melakukan penundaan kredit kendaraan lho!

Simak ulasannya berikut ini ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Penundaan Kredit Kendaraan Bermotor Selama Masa Pandemi

Dalam memudahkan sektor usaha dan masyarakat di masa pendemi, Presiden Jokowi telah menyiapkan sejumlah kemudahan berupa keringanan pembayaran kredit bagi para pekerja informal seperti ojol atau ojek online, sopir taksi, para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan juga nelayan.

Presiden Joko Widodo menyatakan sebagai berikut seperti yang dilansir dari laman kompas.com:

“Prihal keringanan pembayaran kredit, bagi para pekerja informal, baik ojek online, sopir taksi dan pelaku UMKM, nelayan, dengan penghasilan harian, dengan kredit di bawah Rp 10 miliar, OJK telah menerbitkan aturan mengenai hal tersebut dan mulai berlaku bulan April ini.”

 

Tata cara pengajuan permohonan keringanan cicilan kredit kendaraan tersebut menurut Pak Jokowi dapat dilakukan oleh pemilik kredit kendaraan dengan cara menggunakan media komunikasi digital atau e-mail, sehingga tidak perlu harus datang ke bank atau perusahaan pembiayaan terkait.

Jika Anda salah satunya yang ingin melakukan penundaan kredit kendaraan, setidaknya ada 4 syarat yang harus Anda penuhi agar mendapatkan keringanan pembayaran kredit kendaraan bermotor.

Begini Ternyata Cara Dapat Penundaan Kredit Kendaraan, MUDAH Kok! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cek Dulu 5 Syarat Kredit Kendaraan di Pegadaian]

 

Peraturan tersebut tertuang dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan No.11/POJK.03/2020 yang isinya sebagai berikut.

  • Nilai pembiayaan yang diajukan pelonggaran di bawah Rp 10 miliar.
  • Debitur merupakan pekerja sektor informal atau pengusaha UMKM.
  • Nasabah tidak memiliki tunggakan sebelum 2 Maret 2020 atau pada saat Pemerintah RI mengumumkan virus corona di Indonesia.
  • Debitur adalah pemegang unit kendaraan atau jaminan, dan juga kriteria lain yang ditetapkan oleh perusahaan pembiayaan.

 

Berdasarkan penuturan Ketua Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) Suwandi Wiranto, program keringanan kredit ini hanya dapat disetujui, apabila jaminan kendaraan atau jaminan lainnya masih dalam penguasaan sesuai perjanjian pembiayaan.

Selain itu, debitur tidak memiliki tunggakan sebelum tanggal 2 Maret 2020 saat pemerintah mengumumkan kasus virus corona pertama kali.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Prosedur Penundaan Kredit Kendaraan Bermotor

Pelaksanaan program ini memang diprioritaskan bagi para debitur yang memiliki itikad baik dan terdampak kemampuan ekonominya oleh penyebaran virus Covid19 .

Menurut Deputi Komisioner Humas dan Logistik OJK Anto Prabowo, berikut ini beberapa prosedur yang harus dilalui dalam melakukan proses penundaan kredit kendaraan.

  • Debitur wajib mengajukan permohonan restrukturisasi melengkapi dengan data yang diminta oleh bank atau
  • Pengajuan dapat disampaikan secara dalam jaringan (daring/online) melalui surel (e-mail) atau laman resmi yang ditetapkan leasing tanpa harus bertatap muka.
  • Bank atau leasing tersebut akan melakukan asesmen debitur secara menyeluruh. Faktor yang menjadi pertimbangan, apakah debitur termasuk yang terdampak langsung atau tidak langsung wabah covid-19, historis pembayaran pokok atau bunga, serta kejelasan penguasaan kendaraan saat ini.
  • Debitur harus berkomunikasi dengan leasing untuk menyampaikan permasalahan dan keberadaan kendaraan yang menjadi obyek leasing. Hal ini penting agar leasing masih dapat bekerja sama dengan pihak kepolisian melakukan tindakan hukum apabila terdapat unsur melawan perbuatan hukum secara perdata maupun pidana.
  • Bank atau leasing tersebut memberikan restrukturisasi berdasarkan profil debitur untuk menentukan pola restrukturisasi atau perpanjangan waktu, jumlah yang dapat direstrukturisasi termasuk jika masih ada kemampuan pembayaran cicilan yang nilainya melalui penilaian atau diskusi antara debitur dengan bank atau leasing.
  • Untuk memperoleh lanjutan informasi mengenai restrukturisasi kredit leasing disampaikan OJK lewat informasi ringkas yang di-posting di media resmi melalui media sosial seperti instagram, facebook, twitter, dan informasi melalui website OJK di www.ojk.go.id atau kontak Layanan OJK nomor telepon 157 atau WhatsApp 081 157 157 157. Selama Working from Home, layanan tatap muka di setiap kantor OJK di Jakarta dan di daerah ditutup.

 

Kondisi ekonomi Anda kian sulit akibat pandemi? Coba cek kesehatan finansial Anda melalui fitur financial check-up Finansialku. Unduh aplikasinya sekarang!

playstore icon
appstore icon

 

Percayakah bahwa dengan gaji UMR Anda tetap bisa dapat beli motor sport tanpa kredit? Cari tahu caranya pada video Finansialku ini!

 

Bagikan juga setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan ya! Terima Kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Husen Miftahudin. 26 Maret 2020. Prosedur Penundaan Kredit dan Cicilan Kendaraan. Medcom.id – https://bit.ly/2NMsjkF
  • Ruly Kurniawan. 1 April 2020. Syarat Mengajukan Permohonan Penundaan Kredit Motor dan Mobil. Kompas.com – https://bit.ly/2Bmwam5
  • 6 April 2020. OJK : Sebanyak 110 Perusahaan Leasing Sudah Berikan Penundaan Bayar Kredit. Pasardana.id – https://bit.ly/2BeKpJP
  • CNN Indonesia. 3 April 2020. Syarat Penundaan Cicilan Kredit Motor Ojol dan UMKM. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/2Vveuvo
  • Dani M Dahwilani. 8 April 2020. Penundaan Pembayaran Kredit Kendaraan 3 sampai 6 Bulan, Begini Prosesnya. https://bit.ly/3idnYVO

 

Sumber Gambar:

  • Kredit 01 – https://bit.ly/3dL6SLv
  • Kredit 02 – https://bit.ly/2ZspV87