Apakah ketika pandemi seperti ini perayaan 17 Agustus tetap digelar? Bagaimana dengan upacara di Istana Negara?

Cari tahu jawaban lengkapnya di artikel Finansialku kali ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Perayaan 17 Agustus Saat Pandemi: Seperti Apa?

Perayaan 17 Agustus pasti selalu diadakan setiap tahunnya, berlangsung di Istana Negara dengan beberapa rentetan acara kenegaraan. Namun, apa yang terjadi pada saat pandemi datang?

Apakah acara tahunan Negara Indonesia ini tetap digelar atau harus diberhentikan sementara. Bagaimana para petinggi kenegaraan menjalani perayaan jika tetap digelar? Itulah yang akan dibahas sekarang ini.

 

Cara Menjalani Perayaan 17 Agustus Saat Pandemi

Dalam perayaan 17 Agustus pada saat pandemi pasti akan sedikit berbeda, karena ada beberapa kebiasaan yang tidak bisa dilakukan.

Oleh karena itu, pemerintah memberikan kemudahan dengan cara unik tapi tetap bisa dilakukan dengan rasa nasionalisme. Adapun caranya adalah sebagai berikut.

 

 

#1 Upacara Negara dengan Peserta Terbatas

Hal pertama yang selalu dilakukan di Istana Negara adalah upacara perayaan kemerdekaan. Namun untuk kondisi ini upacara di Istana Negara tetap dilakukan dengan peserta yang sangat dibatasi.

Bahkan, peserta paskibraka pun juga dibatasi dan dikurangi. Untuk sementara, perekrutan anggota paskibraka tidak diadakan. Upacara hanya dihadiri oleh Presiden dan istri, Wapres dan istri, serta beberapa pejabat yang terlibat dalam upacara.

Perayaan 17 Agustus Saat Pandemi, Upacara di Istana Tetap Digelar 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Tempat Bersejarah di Indonesia Untuk Wisata Edukasi]

 

#2 Upacara Virtual

Tidak hanya upacara di Istana Negara, di beberapa instansi pemerintah ataupun kantor-kantor pemerintah juga rutin mengadakan upacara. Untuk hal yang satu ini bisa dilakukan secara virtual, sebagai wujud partisipasi bangsa Indonesia.

Protokol upacara bisa disamakan dengan upacara 17 Agustus pada umumnya. Bahkan, untuk anak-anak momen ini juga akan berkesan.

Untuk pengibaran bendera merah putih, petugas paskibra mengambil tempat di sebuah lapangan yang prosesinya bisa menerapkan social distancing atau bisa juga hanya dilakukan penghormatan bendera dan untuk prosesi pengibaran dilakukan secara prememori.

 

#3 Menyanyi Bersama

Salah satu cara merayakan momen 17 Agustus pada saat pandemi adalah dengan melakukan salah satu kebiasaan baru dalam hal menyanyikan lagu kebangsaan, yaitu dengan cara yang terkini.

Setiap masyarakat diharapkan bisa menyanyikan lagu kebangsaan bersama-sama di manapun mereka berada, pada saat perayaan 17 Agustus tersebut.

Setelah terdengar bunyi sirine pengingat pada pukul 10 pagi, maka lagu kebangsaan akan dikumandangkan pada pukul 10.15 pagi. Dengan berdiri tegap di mana pun Anda berada, langsung dengan khidmat menyanyikan lagu Indonesia Raya.

Untuk kegiatan ini, bisa juga Anda melakukan secara virtual. Jadi, ada beberapa opsi yang bisa menyesuaikan dengan situasi dan kondisi masing-masing orang.

 

#4 Melakukan Perlombaan Virtual

Selain mengumandangkan lagu, kita juga akan disajikan perlombaan 17 Agustus yang sudah biasa semua masyarakat Indonesia lakukan dengan cara virtual.

Seperti lomba video digital mengenai perayaan hari kemerdekaan tersebut di masing-masing tempat tinggal warga Indonesia.

Lomba tersebut akan dinilai oleh juri melalui video, dan ini merupakan solusi untuk kondisi yang sedang tidak kondusif tapi masyarakat tetap bisa merasakan kemerdekaan dengan cara yang berbeda.

Perayaan 17 Agustus Saat Pandemi, Upacara di Istana Tetap Digelar 02 - Finansialku

[Baca Juga: Simak Sejarah Pos Indonesia Dari Zaman VOC Hingga Sekarang]

 

#5 Membuat Logo Kemerdekaan

Setiap tahunnya, di setiap wilayah pasti membuat aksesoris penghias sebagai ciri perayaan kemerdekaan. Untuk yang satu ini mungkin akan tetap terus dilakukan, agar semangat bangsa Indonesia tetap membara tercermin dalam gambar-gambar dan logo kemerdekaan.

 

Pandemi Takkan Mengurangi Makna Perayaan 17 Agustus

Perayaan 17 Agustus memang memiliki makna tersendiri bagi bangsa Indonesia, hal tersebut tidak boleh hilang dari diri seluruh masyarakat agar kita tetap memiliki semangat kemerdekaan.

Makna perayaan 17 Agustus diantaranya adalah memiliki jiwa kebersamaan antar bangsa Indonesia, sehingga harus tetap diperjuangkan walaupun terhalang oleh pandemi.

Semua usaha dan solusi dari pemerintah memang membuat seluruh masyarakat semakin bersemangat dalam merayakan kemerdekaan, bahkan membuat bangsa Indonesia semakin kreatif bukan mati gaya.

Oleh karena itu, bagi bangsa Indonesia yang masih tetap ingin berjuang inilah saatnya berjuang melawan kondisi yang sudah menghancurkan rasa Nasionalisme kita.

Jangan sampai berhenti di sini perjuangan kita, karena sedang dijajah dengan situasi yang sangat rumit. Itulah makna perayaan 17 Agustus sebenarnya.

Perayaan 17 Agustus Saat Pandemi, Upacara di Istana Tetap Digelar 03 - Finansialku

[Baca Juga: Ngaku WNI? Yuk Ketahui Sejarah Singkat Kemerdekaan Indonesia]

 

Dalam segi keuangan pun kita harus mencapai kemerdekaan. Mencapai kemerdekaan atau kebebasan keuangan adalah suatu yang kita perlu dapatkan agar kehidupan kita tetap aman.

Anda bisa mulai dengan mencatat dan merencanakan keuangan Anda. Nah, untuk memudahkan, Anda bisa menggunakan aplikasi Finansialku. Aplikasi ini bisa membantu Anda untuk mencatat keuangan, mengecek Kesehatan finansial, berkonsultasi, dan lain-lain.

Download aplikasinya dan manfaatkan promo potongan Rp 50 ribu dengan memasukkan kode CUAN50 untuk menjadi member premium. Ayo, kita capai kemerdekaan.

playstore icon
appstore icon

 

Bagaimana ide Anda terkait perayaan 17 Agustus di tengah pandemi? Ayo bagikan artikel ini pada teman-teman agar lebih banyak orang tahu bagaimana alternatifnya, terima kasih.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Dessy Suciati Saputri. 06 Juli 2020. Pandemi Covid, Upacara 17 Agustus di Istana Digelar Terbatas. republika.co.id – https://bit.ly/2PIswqj
  • Ihsanudin. 07 Juli 2020. HUT RI di Tengah Pandemi, Dijanjikan Tetap Meriah meski Terbatas. kompas.com – https://bit.ly/3kD8V95
  • Rangga Pandu Asmara Jingga. 06 Juli 2020. Ada kebiasaan baru saat peringatan 17 Agustus 2020. antaranews.com – https://bit.ly/3kH4GcS

 

Sumber Gambar:

  • Perayaan 1 – https://bit.ly/33TSYFM
  • Perayaan 2 – https://bit.ly/31Qwq6e
  • Perayaan 3 – https://bit.ly/3kCpdPs