Perencana Keuangan Berlisensi CFP di Indonesia -1

Profesi perencana keuangan dapat dikatakan adalah profesi baru di Indonesia. Tiba-tiba ada banyak perencana keuangan dengan titel pendidikan yang beragam. Salah satu gelar yang diakui oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) adalah perencana keuangan berlisensi CFP (Certified Financial Planner).

PlannerSearch Perencana Keuangan Berlisensi CFP

 

Apa Itu Perencana Keuangan?

Perencana Keuangan adalah profesi yang membantu klien untuk mencapai tujuan hidup client melalui manajemen keuangan secara terencana. Apa yang dimaksud dengan tujuan hidup? Tujuan hidup adalah: membeli rumah, membeli mobil, dana darurat, dana pendidikan anak, dana pensiun, dana untuk perjalanan ibadah, rencana investasi, rencana asuransi, waris dan lainnya.

 

Skope Kerja Perencana Keuangan Berlisensi CFP

Skope kerja seorang perencana keuangan terdiri dari beberapa area, antara lain:

financial-planning Perencana Keuangan Berlisensi CFP

 

Pengaturan Arus Kas (Cashflow Management)

cash_scope_sm cek kesehatan keuangan

[Baca juga : Cek Kesehatan Keuangan Anda dan Keluarga]

 

Perencana keuangan berlisensi CFP seringkali memulai dari pengaturan arus kas. Perencana keuangan harus memastikan arus kas bulanan clientnya positif (pendapatan – pengeluaran harus lebih besar dari nol). Hal ini mudah dikatakan, tetapi banyak orang yang terjebak (contoh pada utang konsumtif, utang kartu kredit dan lainnya). Tidak banyak orang yang berpendapatan tinggi malah tidak bisa menabung atau berinvestasi. Oleh sebab itu salah satu skope dari perencanaan keuangan adalah membantu client untuk mengatur arus kas.

Pada bagian pengaturan arus kas, seorang perencana keuangan juga sering kali melakukan pengecekan kesehatan keuangan (financial health check up) dari kliennya. Pengecekan kesehatan keuangan dilakukan dengan analisa rasio keuangan pribadi dan keadaan client sekarang

 

Mengelola Utang (Debt Management)

Perencana keuangan berlisensi CFP seringkali memulai dari pengaturan arus kas. Perencana keuangan harus memastikan arus kas bulanan clientnya positif (pendapatan – pengeluaran harus lebih besar dari nol). Hal ini mudah dikatakan, tetapi banyak orang yang terjebak (contoh pada utang konsumtif, utang kartu kredit dan lainnya). Tidak banyak orang yang berpendapatan tinggi malah tidak bisa menabung atau berinvestasi. Oleh sebab itu salah satu skope dari perencanaan keuangan adalah membantu client untuk mengatur arus kas.

 

 

Persiapan Dana Darurat

k-bigpic

[Baca juga : Rencana Keuangan Pertama: Dana Darurat]

Dana darurat atau emergency fund adalah sejumlah dana yang dianggarkan atau dipersiapkan untuk keperluan-keperluan genting. Dana darurat boleh dibilang dana pengaman. Ada baiknya sebelum berinvestasi seseorang sebaiknya memiliki dana darurat. 

 

 

 

Manajemen Risiko – Rencana Asuransi

aneh-kok-bisa-harga-saham-bisa-rp-0-berarti-ada-saham-gratisan-1-finansialku

[Baca juga : Rencana Keuangan Kedua: Manajemen Risiko Pribadi]

 

Manajemen Risiko Pribadi adalah salah satu bagian dari rencana keuangan pribadi. Risiko pribadi terjadi karena adanya ketidakpastian (uncertainty) dalam hidup tentunya dengan kemungkinan terjadi. Risiko tentu saja tidak dapat dihilangkan, tetapi risiko dapat dikelola.

Perencana keuangan berlisensi CFP harus dapat memberikan saran kepada clientnya nilai dari sebuah risiko yang harus di lindungi oleh clientnya. Perhitungan ini berfungsi agar client tidak kelebihan asuransi (over insurance) atau malah kurang asuransinya (punya banyak polis asuransi tetapi jika dijumlahkan uang pertanggungannya, jumlahnya masih kurang dari yang dibutuhkan).

 

Persiapan Dana Pendidikan

college-fund

[Baca juga : Rencana Keuangan Ketiga: Dana Pendidikan]

 

Dana Pendidikan atau education plan adalah salah satu tujuan keuangan yang perlu direncanakan. Hal ini disebabkan karena harga pendidikan di Indonesia menjadi semakin mahal. Tiap tahun kenaikan dana pendidikan atau biaya sekolah bisa sampai 20% (biasanya sekolah swasta) dan 15% (untuk universitas swasta). Perencana keuangan berlisensi CFP dapat membantu clientnya menghitung biaya yang harus disimpan atau diinvestasikan setiap tahunnya (atau setiap bulannya) untuk memenuhi dana pendidikan. Selengkapnya mengenai dana pendidikan:

 

Persiapan Dana Pensiun

begini-cara-klaim-asuransi-kebakaran-rumah-yang-perlu-anda-tahu-1-finansialku

[Baca juga : Rencana Keuangan Keempat: Dana Pensiun]

 

Dana Pensiun atau retiremen plan adalah salah satu tujuan keuangan yang fungsi utamanya adalah memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari ketika kita memasuki masa pensiun. Fenomena yang terjadi adalah banyak orang yang tidak terlalu memikirkan masa pensiun pada saat masih muda. Ketika sudah detik-detik menjelang pensiun orang tersebut bingung menghadapi masa pensiunya. Para perencana keuangan berlisensi CFP akan membantu clientnya mempersiapkan dana pensiun untuk kebutuhan masa depannya.

Rencana Investasi

Investment-1

Rencana investasi adalah sarana, alat, metode yang digunakan untuk memenuhi tujuan keuangan. Jadi sebelum berinvestasi sebaiknya Kita perlu tahu tujuan yang hendak dicapai. Seorang perencana keuangan berlisensi CFP akan membantu clientnya dalam melakukan investasi, misal membantu mengenali profil risiko client, berapa yang harus diinvestasikan, berapa imbal hasil minimum yang dibutuhkan.

 

Pembelian Mayor

Pembelian barang-barang mayor maksudnya adalah pembelian rumah pertama, pembelian kendaraan atau mobil pertama, dana pernikahan, dana bulan madu, persiapan dana berlibur, persiapan dana Perjalanan Ibadah, dan lainnya. Perencana keuangan berlisensi CFP dapat membantu clienntnya mempersiapkan atau merencanakan untuk pembelian-pembelian mayor.

 

Perencanaan Waris

besarnya-kerugian-jika-anda-para-karyawan-tidak-mulai-berinvestasi-2-finansialku

[Baca juga : Rencana Waris Penyelamat Keluarga]

 

Tahapan dalam perencanaan keuangan seseorang adalah kegiatan untuk mendistribusikan atau memindahkan kekayaan dari seseorang ke generasi selanjutnya (anak-anaknya). Tidak semua proses distribusi kekayaan berjalan dengan mulus. Perencana keuangan berlisensi CFP dapat membantu clientnya untuk mempersiapkan perencanaan waris untuk clientnya.

Perencanaan Pajak

Perencanaan pajak (tax planning) adalah kegiatan edukasi dan perencanaan pajak agar client tidak salah dalam melakukan pembayaran pajak. Salah disini maksudnya adalah membayar kurang dan/atau membayar lebih. Perencana keuangan berlisensi CFP dapat membantu kliennya untuk merencanakan pajak sesuai dengan aturan-aturan pajak yang berlaku di Indonesia.

 

Rencana Keuangan Lainnya

Perencana keuangan mampu membantu clientnya untuk mengurus rencana keuangan atau permintaan-permintaan khusus dari kliennya, misal pembuatan rencana bisnis (business plan) dan lain-lainnya.

Artikel selanjutnya akan membahas mengenai langkah-langkah dalam perencanaan keuangan yang dijalankan oleh perencana keuangan berlisensi CFP dan artikel mengenai kode etik, prinsip-prinsip seorang perencana keuangan berlisensi CFP.

 

Kesimpulan

Perencana Keuangan adalah profesi yang membantu klien untuk mencapai tujuan hidup client melalui manajemen keuangan secara terencana.

Bidang-bidang dalam kajian perencana keuangan adalah

  1. Perencanaan Pajak
  2. Perencanaan Waris
  3. Pembelian Mayor
  4. Rencana Investasi
  5. Persiapan Dana Pensiun
  6. Persiapan Dana Pendidikan
  7. Manajemen Risiko – Rencana Asuransi
  8. Persiapan Dana Darurat
  9. Mengelola Utang (Debt Management)
  10. Pengaturan Arus Kas (Cashflow Management)
  11. Perencanaan Keuangan lainnya

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku Pertimbangan sebelum Memiliki Binatang Peliharaan Baca
finansialku Solusi Kredit: Take Over Kredit Baca
finansialku Membeli Mobil Pertama, Mobil LCGC Baca
finansialku iPhone 5s antara Butuh atau Ingin? Baca
finansialku 5 Cara Menghemat Uang Baca

 

 

By |2016-12-15T15:25:17+07:00October 8th, 2013|Categories: Perencana Keuangan|0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment