Perencana keuangan CFP® adalah profesi yang membantu kliennya membuat sebuah rencana keuangan dan memberikan nasehat keuangan keluarga. Apakah ada perencana keuangan yang bukan CFP®? Mengapa memilih perencana keuangan CFP®? Perencana keuangan independen Finansialku akan membahas lebih dalam mengenai perencana keuangan CFP®.

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Peran Perencana Keuangan

Memilih seorang perencana keuangan boleh jadi salah satu keputusan penting yang Anda buat, untuk Diri Sendiri dan orang-orang yang Anda Sayangi. Seorang perencana keuangan dapat membantu Anda dan keluarga untuk membimbing keuangan secara komprehensif (banyak aspek) atau satu kasus tertentu.

Perencana Keuangan CFP® Kompeten dan Terpercaya

Seorang perencana keuangan memainkan peran untuk membantu Anda memenuhi tujuan-tujuan keuangan dan mencapai kondisi keuangan yang Anda inginkan. Pertanyaannya bagaimana cara mencari perencana keuangan yang kompeten dan terpercaya untuk membantu Anda dan keluarga mengelola keuangan? Masa depan keuangan Anda dan keluarga bergantung pada pilihan yang Anda buat saat ini. Artikel ini berisi informasi mengenai perencana keuangan sebagai pertimbangan sebelum bekerja sama dengan perencana keuangan.

 

CFP® Simbol Kualitas?

CERTIFIED FINANCIAL PLANNER (CFP®) dan di Indonesia dimiliki oleh Financial Planning Standards Board Indonesia (FPSB Indonesia). Simbol tersebut sebagai penanda profesi perencana keuangan yang memiliki komitmen untuk bekerja dengan kompeten, terpercaya dan tunduk pada kode etik perencana keuangan.

 

CFP Certified Financial Planner FPSB Indonesia Financial Planning Standards Board

 

Seseorang yang berhasil tersertifikasi CFP® telah melewati beberapa tahapan untuk menjadi seorang profesi. Seorang perencana keuangan CFP® harus memiliki pendidikan keuangan (education), pengalaman di industri keuangan (experience), ujian (examination) dan patuh terhadap kode etik (ethical). Tahapan tersebut dikenal dengan sebutan 4E dan menjadi salah satu hal yang harus diperhatikan ketika Anda memilih perencana keuangan.

 

Mengapa Sertifikasi Perencana Keuangan CFP® Penting?

Sertifikasi CFP® berasal dari Amerika dan telah diakui oleh Negara Indonesia, melalui Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Di dunia banyak sertifikasi perencana keuangan, tetapi hingga saat ini (tahun 2015) Indonesia hanya mengakui CFP® sebagai profesi perencana keuangan.

Ketika Anda memilih perencana keuangan, Anda dan keluarga harus merasa yakin orang yang Anda pilih memiliki kompetensi, terpercaya dan memiliki etika untuk membantu merencanakan keuangan Anda dan keluarga.

4E Perencana Keuangan CFP Kompeten dan Terpercaya Perencana Keuangan Independen Finansialku

Lisensi CFP® memberikan jaminan keamanan, karena hanya orang yang memenuhi kriteria 4E yang dapat menyandang gelarn CFP®.

[/fusion_builder_column]

Perencana Keuangan CFP® professional harus meningkatkan pendidikan teoritis dan praktikal mengenai perencanaan keuangan dengan menyelesaikan pendidikan komprehensif dari universitas yang ditunjuk.

Di Indonesia calon Perencana Keuangan CFP® professional harus memiliki pengalaman dalam industry keuangan. Pengalaman ini bertujuan untuk memberikan pemahaman, produk-produk keuangan dan kondisi nyata dalam industri keuangan di Indonesia.

Seorang calon Perencana Keuangan CFP® harus lulus ujian CFP® yang diselenggarakan selama 2 hari. Materi yang diujikan adalah materi-materi yang berhubungan dengan teknis perencanaan keuangan (mengelola keuangan, cashflow, investasi, asuransi, pajak) dan kode etik.

Perencana Keuangan CFP® harus tunduk pada kode etik yang diatur oleh Financial Planning Standards Board (FPSB) Indonesia. Kode etik tersebut juga telah disahkan oleh BNSP.

Kesimpulan

Perencana Keuangan CFP® adalah profesi yang telah diakui oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP). Gelar profesi CFP® memberikan jaminan keamanan dan kepastian bahwa orang tersebut tunduk pada kode etik perencana keuangan CFP®.

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Febuari 2015

Baca E Magazine Sekarang!