X

5+ Pertimbangan Menerima Tawaran Kerja yang Harus Dipahami

Sebelum menerima pekerjaan, sebaiknya perhatikan pertimbangan menerima tawaran kerja berikut ini. Yuk, cari tahu dalam artikel berikut!

Siapa sih yang tidak bahagia ketika menerima tawaran pekerjaan? Namun, sebaiknya jangan terburu-buru menerimanya. Ada beberapa pertimbangan yang perlu kamu pikirkan sebelum menerima tawaran kerja. Apa saja itu?

 

Rubrik Finansialku

 

Pertimbangan Menerima Tawaran Kerja

Keputusan bekerja di suatu perusahaan harus dipikirkan dengan matang. Pasalnya, pekerjaan tersebut bisa jadi kita tekuni dalam waktu yang lama. Jangan sampai menyesal.

Nah, sebelum menerima tawaran kerja, ada 9 pertimbangan yang perlu kamu pikirkan.

 

#1 Gaji

Biasanya, gaji menjadi faktor utama yang dilihat seseorang ketika mendapat tawaran pekerjaan. Bagaimana tidak? Dengan gaji, seorang karyawan bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari.

Namun tetap saja ada orang yang merasa gajinya tak cukup walau gajinya sudah selangit. Itu karena kurang bisa mengatur keuangan.

Nah, supaya tidak seperti itu, kamu perlu membaca ebook Finansialku berjudul Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan. GRATIS hanya dengan klik link di bawah ini, lho!

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

 

Ingat, orang yang kaya bukanlah orang yang memiliki gaji atau harta yang banyak. Justru, orang yang kaya adalah orang yang merasa cukup dan bersyukur dengan apa yang didapatnya.

 

#2 Tunjangan Selain Gaji

Selain gaji, kamu perlu mempertimbangkan tentang tunjangan. Tunjangan ini merupakan bentuk kepedulian perusahaan untuk menyejahterakan karyawannya.

Tunjangan bisa berupa uang makan siang, transportasi, tunjangan dan parsel saat hari raya, pesangon, sampai bonus bulanan saat perusahaan mencapai target.

[Baca Juga: Kembali Bekerja Selepas Resign Saat Hamil? Pertimbangkan 5+ Hal Ini]

 

#3 Asuransi

Untuk melindungi beberapa aspek kehidupan karyawannya, sebuah perusahaan memberikan fasilitas asuransi. Asuransi dapat berupa asuransi kesehatan dan asuransi ketenagakerjaan.

 Ini merupakan hal yang wajib dan telah diatur dalam UU Ketenagakerjaan.  

 

#4 Hari Libur dan Cuti

Pertimbangan menerima tawan kerja berikutnya adalah bertanyalah lebih dahulu apakah perusahaan yang memberikan hari libur dan cuti tersebut.

Tidak hanya tanggal merah, tetapi juga masa-masa di mana seorang karyawan membutuhkan cuti seperti cuti tahunan, cuti hamil, cuti menikah, cuti melahirkan, urusan pribadi, hingga urusan keluarga.

 

#5 Jenjang Karir

Seorang calon karyawan memiliki hak untuk mengetahui apakah ia memiliki kesempatan untuk mengembangkan karirnya.

Oleh karena itu, jenjang karir merupakan hal penting untuk dipertimbangkan sebelum memutuskan akan bekerja di perusahaan tersebut atau tidak.

Mendapatkan jenjang karir pasti ada di pikiran seorang karyawan setelah beberapa lama bekerja. Selain karena telah berkontribusi, hal ini juga berpengaruh pada perkembangan karyawan dan juga perusahaan.

[Baca Juga: Ini Nih Prospek Kerja Jurusan Psikologi, Gak Melulu Jadi Tempat Curhat]

 

#6 Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja pasti berpengaruh pada produktivitas kerja seorang karyawan. Hal ini dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti tata ruang, pencahayaan, rekan kerja, sanitasi, hingga beberapa peraturan yang menjadi kultur perusahaan.

Selain bertanya pada HRD, kamu juga bisa mencari informasi tersebut di internet. Jangan sampai lingkungan kerja membuatmu tidak produktif, stres, atau depresi.

 

#7 Jarak Lokasi

Pertimbangan menerima tawaran kerja selanjutnya adalah jarak tempat tinggal ke tempatmu bekerja. Semakin jauh lokasi kantor, semakin besar biaya transportasi yang harus kamu keluarkan. Hal ini tentu saja tidak baik untuk keuanganmu.

Selain itu, semakin jauh juga semakin memakan waktu dan tenaga. Akses transportasi yang sulit menjadi hambatan untuk sampai ke kantor dengan tepat waktu. Tentu saja hal ini akan berpengaruh pada produktivitasmu.

 

#8 Jumlah Uang untuk Ditabung

Tentu kamu harus memikirkan jumlah uang yang bisa kamu tabung setiap bulannya. Jangan sampai kerja banting tulang tapi hasilnya nihil. Tabungan ini bisa kamu gunakan untuk dana darurat atau dana pensiun.

Jika kamu tidak menyisihkan untuk menabung, pasti uang itu kamu pakai untuk belanja, jalan-jalan, dan sebagainya. Akibatnya, ketika kamu benar-benar membutuhkan uang untuk keperluan darurat, kamu akan kelimpungan.

Dengan gaji yang kamu dapat, kamu bisa merencanakan keuangan selama sebulan ke depan. Termasuk dana untuk tabungan. Supaya lebih mudah dan terukur, kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini dapat membantumu mengelola keuangan. Pasalnya, aplikasi ini memiliki berbagai fitur yang mendukung tujuan keuanganmu. Kamu bisa mengunduhnya dengan klik tautan di bawah ini, ya!

 

#9 Keseimbangan Work-Life

Ingatlah bahwa hidupmu bukan untuk bekerja saja. Kamu juga punya kehidupan pribadi yang perlu diperhatikan.

Oleh karena itu, ada baiknya untuk mengetahui waktu kerja yang berlaku di perusahaan itu, misalnya hari dan jam kerjanya. Tanyakan juga tugas, kewajiban, dan tanggung jawabmu.

Hal tersebut penting untuk diketahui supaya beban kerja-mu berlebih, sehingga waktumu benar-benar habis tersita untuk bekerja. Pastikan kamu masih punya waktu untuk keluarga, teman-teman, dan tentunya diri sendiri.

[Baca Juga: Kerja Banting Tulang, Hasil Nihil! 4 Hal ini yang Bikin Gagal Menabung]

 

Kira-Kira Pilih yang Mana, ya?

Semua pekerjaan pasti memilki kekurangan dan kelebihannya masing-masing. Tidak ada pekerjaan yang sempurna. Tapi setidaknya, pekerjaan tersebut bisa membawa kebahagiaan dan manfaat untuk orang-orang sekitar.

Oleh karena itu, pertimbangkan hal-hal yang tersebut di atas supaya kamu tidak menyesal di kemudian hari. Diri kamu sendirilah yang bisa menentukan tawaran kerja mana yang cocok dengan prinsipmu.

 

Itu dia beberapa pertimbangan yang perlu kamu pahami sebelum menerima tawaran kerja. Jangan lupa share artikel ini di media sosialmu.

Siapa tahu ada teman yang sedang galau apakah menerima pekerjaan yang ditawarkan atau tidak. Terima kasih.

 

 

Sumber Referensi:

  • Luciana. 19 Agustus 2016. 5 Pertimbangan Sebelum Menerima Tawaran Kerja. Cantik.tempo.co – https://bit.ly/3h9SVbH
  • Nur Lella Junaedi. 22 Januari 2020. 4 Pertimbangan menerima tawaran kerja yang harus diperhatikan. Ekrut.com – https://bit.ly/3igr8HZ
  • Bivisyani Questibrilia. 9 November 2019. 5 Pertimbangan Sebelum Menerima Tawaran Kerja. Jojonomic.com – https://bit.ly/32bJHHF
  • Dita Nurliani. 29 Maret 2019. 7 Hal yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Menerima Tawaran Pekerjaan. Journal.sociolla.com – https://bit.ly/3k016t8

 

Sumber Gambar:

  • Tawaran 1 – https://bit.ly/33fLECa
  • Tawaran 2 – https://bit.ly/3m6nKSv
  • Tawaran 3 – https://bit.ly/2Ff9TZf
Categories: Karir Mindset