Sobat Finansialku tahu tidak, kalau ada perusahaan besar Indonesia milik keluarga? Perusahaan apa saja itu?

Kepoin yuk! Selamat membaca…

Artikel ini dipersembahkan oleh Merdeka.com

 

Perusahaan Besar Indonesia Milik Keluarga

Membangun sebuah bisnis bisa dilakukan bersama orang-orang terdekat. Tak usah jauh-jauh, kerabat maupun sanak keluarga bisa dijadikan sebagai mitra bisnis yang potensial.

Banyak sekali perusahaan besar Indonesia ternyata adalah miliki keluarga. Perlu kita ketahui nih Sobat Finansialku, salah satu perusahaan raksasa tersebut berawal dari bisnis rumahan.

Sebelum akhirnya terus berkembang dan menjadi sebuah perusahaan besar dengan nilai pendapatan yang tinggi serta serapan tenaga kerja yang tinggi pula.

Lalu perusahaan besar Indonesia milik keluarga itu, perusahaan apa saja? Mari kita simak di bawah ini.

 

Perusahaan Besar Indonesia Milik Keluarga, Sampoerna

Perusahaan pertama adalah PT. HM Sampoerna Tbk. Perusahaan ini bergerak dalam bidang produksi rokok. Sampoerna awalnya dirintis oleh Liem Seeng Tee.

Kondisi ekonomi yang sulit membuat dirinya memberanikan diri merantau ke Indonesia. Pertama kali datang ke Indonesia, Liem bekerja sebagai buruh restoran di Kota Surabaya.

Setelah itu, ia pun bekerja sebagai di sebuah pabrik Rokok di Kota Lamongan. Berbekal pengalaman tersebut, Liem memutuskan untuk mendirikan usahanya sendiri bersama keluarga.

Ada banyak sekali rintangan yang harus ia hadapi, salah satu yang terberat adalah ketika dirinya tertimpa musibah kebakaran. Meski begitu kesulitan tersebut tidak sama sekali membuatnya berhenti untuk berusaha.

Akhirnya bisnis rokok milik Liem sekeluarga resmi berdiri sebagai badan usaha pada tahun 1913. Hingga kini Sampoerna masih terus menjalankan bisnis dan dikelola oleh keluarga Liem dari generasi ketiga.

 

Perusahaan Besar Indonesia Milik Keluarga, Indofood Sukses Makmur

Indofood tentu saja dikenal sebagai salah satu perusahaan yang bergerak pada industri pangan terbesar di Indonesia. Salah satu yang paling terkenal adalah produk me instant ‘Indomie’. Bahkan penjualan Indomie sudah sampai go Internasional.

Akan tetapi tahukah Anda bahwasanya PT. Indofood Sukses merupakan perusahaan yang didirikan oleh keluarga? Pendirinya tak lain adalah keluarga Salim. Awalnya perusahaan ini dirintis oleh Soedono Salim sejak tahun 1990 lalu.

Tentu saja dalam perjalanannya ia harus menghadapi berbagai rintangan. Bahkan Soedono Salim terpaksa menjual beberapa perusahaan untuk mempertahankan dua perusahaan terbesarnya yakni Indofood serta Bogasari.

Kini PT. Indofood Sukses Makmur telah dijalankan oleh sang anak, Anthony Salim. Sobat Finansialku bisa baca juga artikel mengenai perusahaan ini, Emiten Group Indofood, INDF dan ICBP Raih Kenaikan Laba Usaha

 

Djarum

Salah satu keluarga terkaya di Indonesia yang sangat terkenal dan cukup berpengaruh adalah keluarga Hartono.

Mereka berhasil mendirikan perusahaan rokok terbesar yakni PT. Djarum. Nah siapa yang tak kenal dengan perusahaan besar Indonesia yang satu ini?

Awalnya perusahaan ini dirintis oleh Oei Wie Gwan di tahun 1951. Dan kini, PT. Djarum dikelola oleh sang anak, Budi Hartono dan sempat dinobatkan sebagai orang terkaya di Indonesia oleh majalah Forbes.

 

Bakrie Group

Keluarga Bakrie adalah salah satu keluarga pengusaha yang cukup berpengaruh di Indonesia. Bahkan perusahaan Bakrie Group menjadi salah satu perusahaan terbesar di Tanah Air.

Bakrie Group didirikan pada tahun 1942 lalu. Mereka menjalankan bisnis dari berbagai sektor seperti properti, pertambangan, telekomunikasi, perkebunan, metal, hingga media.

 

Perusahaan Besar Indonesia Milik Keluarga, Ciputra

Salah satu perusahaan raksasa ternama di Indonesia yang fokus bergerak di sektor properti ialah Ciputra Group.

Perusahaan ini dimiliki oleh keluarga Ciputra dan telah melakukan ekspansi di hampir seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga, Prospek Industri Properti: PT Ciputra Development Tbk. (CTRA)

 

 

Peran Perusahaan Keluarga Bagi Ekonomi Dunia

Fakta menunjukkan bahwasanya perusahaan keluarga memiliki andil yang sangat penting dalam perekonomian global. Menurut McKinsey 80 persen Produk Domestik Bruto (PDB) negara-negara di dunia ternyata berasal dari perusahaan keluarga.

Sementara itu, 60 persen perusahaan di seluruh dunia ternyata dimiliki oleh keluarga. Di sisi lain, rata-rata perusahaan keluarga mampu membukukan pendapatan mencapai 1 Miliar Dollar.

Pernyataan tersebut disampaikan langsung oleh Rektor PresUniv, Jony Oktavian Haryanto…

 

Jadi Pacuan

Nah Sobat Finansialku, kalau saat ini Anda sedang berjuang membangun bisnis Anda, jangan patah semangat ya apa pun kendala yang sedang Sobat Finansialku alami.

Mungkin suatu saat nanti bisnis Anda jadi perusahaan raksasa Indonesia, seperti perusahaan besar Indonesia milik keluarga yang baru saja Sobat Finansialku baca. Semoga jadi pacuan kita bersama, untuk membangun bisnis keluarga.

Perlu juga, kita sebagai pebisnis untuk mengatur keuangan bisnis. Lewat audiobook ini Sobat Finansialku bisa belajar tentang mengatur keuangan bisnis dengan benar.

Selamat mendengarkan.

banner_pebisnis,_ini_cara_mengatur_keuangan_bisnis_yang_benar

 

Itulah beberapa perusahaan raksasa Indonesia yang dimiliki oleh keluarga.

Share artikel ini kepada kerabat maupun sanak saudara, supaya mereka mendapatkan informasi serta termotivasi juga.

Terima kasih

Artikel ini merupakan hasil kerja sama Finansialku.com dengan Merdeka.com, isi dan data yang tertera dalam artikel ini merupakan tanggung jawab Merdeka.com

 

Editor: Rincani Sinaga

Sumber Referensi:

Sumber Gambar:

  • Cover -https://bit.ly/31TIqbb