Sudahkah Anda membeli saham pertama Anda? Investasi saham termasuk unik karena kita berinvestasi pada nilai sesungguhnya sebuah perusahaan.

Nah, seperti apa sih cara perusahaan memberikan keuntungan pada kita sebagai pemegang saham? Yuk simak artikel berikut oleh Rivan Kurniawan. Selamat membaca!

 

Artikel ini dipersembahkan oleh:

 

Mengingat Kembali Bedanya Price vs Value

Beberapa waktu yang lalu, kita membahas sebuah konsep sederhana mengenai Price VS Value, yang artikelnya dapat Anda baca kembali di Prinsip Dasar Price vs Value.

Dalam artikel tersebut, saya menyebutkan bahwa apabila sebagai seorang Investor yang bijak, kita jangan berpatokan pada harga saham (Price) yang ditawarkan oleh Mr. Market, melainkan kita perlu mengetahui berapa nilai intrinsik (Value) dari perusahaan tersebut.

Nah pertanyaannya, tahu dari mana Nilai / Value dari perusahaan tersebut? Well, untuk mengetahui Nilai perusahaan tersebut akan memerlukan penjelasan yang sangat panjang dan tidak mungkin cukup untuk dijabarkan dalam sebuah artikel.

Memahami Bedanya Price vs Value Dalam Investasi Saham

 

Namun dalam tahap ini, Anda perlu mengetahui bahwa setiap perusahaan dan lembar sahamnya memiliki nilai.

Masih berhubungan dengan Nilai, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana perusahaan memberikan keuntungan berupa nilai bagi para pemegang sahamnya? Nah inilah yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

 

Memahami Proses Perusahaan Memberikan Keuntungan

Kebanyakan investor atau trader pemula yang gagal memahami pentingnya hal ini, hanya berpatokan pada satu hal: yang penting harga sahamnya naik.

Akibatnya, ketika harga saham mengalami penurunan, yang terjadi adalah PANIK. Kebanyakan orang tidak memahami mengapa harga saham naik dan turun, serta hanya mengandalkan berita sebagai sumber informasi.

Tak terelakkan, panic selling seringkali terjadi di pasar saham, yang membuat harga saham menjadi turun demikian cepatnya.

Waspadai Panic Selling yang sering terjadi di Bursa Saham

 

Namun, sebagai seorang investor yang bijaksana, Anda juga perlu mengetahui bagaimana sebuah perusahaan menciptakan value bagi Anda, para pemegang sahamnya, sehingga dapat memberikan keuntungan jangka Panjang bagi Anda.

Ketika harga sahamnya kemudian turun sekalipun, Anda tidak menjadi panik seperti kebanyakan investor / trader. Sebaliknya, Anda bisa tetap tenang dan melihat hal tersebut sebagai opportunity.

 

Proses Perusahaan Menciptakan Value bagi Pemegang Saham

Oke langsung kita mulai bagaimana perusahaan menciptakan value bagi Anda:

 

#1 Memberikan Keuntungan Ke Dalam Perusahaan

Pertama, sebuah perusahaan menciptakan nilai bagi Anda dengan memberikan keuntungan ke dalam perusahaannya.

Tidak hanya sekedar menciptakan laba, namun laba ini diharapkan meningkat dari waktu ke waktu. Semakin tinggi sebuah perusahaan mencetak laba, maka semakin besar value yang diberikan kepada Anda pemegang sahamnya.

Misalkan di tahun ini perusahaan mencetak laba Rp 100 miliar, dan di tahun berikutnya perusahaan mencetak laba Rp 110 miliar, maka value yang diberikan kepada Anda juga ikut meningkat.

Sebaliknya apabila ternyata di tahun berikutnya perusahaan mencetak laba Rp 90 miliar, maka value yang diberikan kepada Anda ikut menurun.

 

#2 Meningkatkan Ekuitasnya

Kedua, sebuah perusahaan tidak hanya menciptakan nilai bagi Anda dengan memberikan keuntungan yang lebih besar ke dalam perusahaan, perusahaan juga memberikan nilai yang lebih besar kepada pemegang saham dengan meningkatkan ekuitas.

Pahami Definisi Ekuitas dan Book Value / Nilai Buku dalam Pasar Saham

 

Bagaimana cara perusahaan meningkatkan ekuitas? Salah satunya adalah dengan memutarkan kembali laba bersih yang didapatkan pada tahun sebelumnya sebagai Laba Ditahan.

Laba ditahan ini biasa disebut sebagai retained earnings. Dengan ekuitas yang semakin besar, perusahaan dapat melakukan ekspansi usaha yang lebih besar, dan dalam jangka yang lebih Panjang diharapkan akan mencatatkan kembali keuntungan yang lebih besar.

 

#3 Membagikan Dividen

Ketiga, sebuah perusahaan bisa menciptakan nilai bagi Anda dengan memberikan dividen.

Ketika perusahaan mencetak keuntungan, perusahaan tidak hanya memutarkan kembali keuntungan tersebut sebagai Laba Ditahan (Retained Earnings), melainkan juga membagikan sebagian keuntungannya kepada pemegang saham dalam bentuk dividen.

Definisi Dividend Payout Ratio Adalah 01 - Finansialku

Memahami Definisi Dividend Payout Ratio

 

Bedanya, dividend ini dapat langsung Anda nikmati sesuai dengan jadwal pembagian dividend yang telah ditetapkan oleh perusahaan. Namun perlu dicatat, porsi pembagian dividend yang terlalu besar justru dapat memperlambat langkah perusahaan dalam berekspansi.

 

Apakah Value Berhubungan Langsung Dengan Harga Saham?

Setelah Anda mengetahui bagaimana proses perusahaan meningkatkan Value bagi para pemegang saham, mungkin Anda bertanya: Apakah ketika Value meningkat, maka harga sahamnya PASTI meningkat juga? Jawabannya adalah: belum tentu.

Lah kalau begitu, untuk apa saya perlu repot-repot tahu tentang bagaiamana proses perusahaan menciptakan nilai bagi para pemegang saham?

Perusahaan Terbuka Memberikan Keuntungan

Pelajari 8 Cara Investasi Saham Jangka Panjang yang Bisa Anda Praktekkan

 

Kembali lagi, harga saham ditentukan oleh banyak faktor. Dalam jangka pendek, harga saham akan bergerak bergerak secara fluktuatif, entah itu naik ataupun turun.

Namun perlu diingat dalam jangka yang lebih panjang, harga saham akan bergerak sesuai dengan fundamental perusahaannya. Hal ini disampaikan oleh Leon Shirman dalam bukunya, 42 Rules of Sensible Investing:

“In short term, there is often no correlation between a company’s fundamentals and its stock price. However, in long-term, there is 100% correlation.”

Leon Shirman

 

Jika Anda tertarik untuk mengenal apa itu investasi saham, Silahkan download Gratis ebook: Panduan Berinvestasi Saham Untuk Pemula.

Gratis Download Ebook Panduan Berinvestasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Berinvestasi Dengan Bijak

Sekarang, Anda sudah selangkah lebih maju lagi untuk menjadi seorang investor saham yang professional. Semoga setelah membaca artikel ini, Anda tidak hanya berpikiran bahwa ketika Anda berinvestasi yang penting harga sahamnya naik.

Seorang investor saham yang bijaksana perlu untuk memahami bagaimana sebuah perusahaan menciptakan dan meningkatkan Value bagi pemegang sahamnya, sehingga Anda tidak panik ketika harga sahamnya mengalami penurunan.

Sebaliknya, Anda tetap bisa makan enak dan tidur enak karena mengetahui bahwa Price yang Anda bayarkan lebih murah dibandingkan Value yang Anda dapatkan. Selamat Berinvestasi!

 

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi Anda dan please share ke teman-teman Anda jika dirasa artikel ini bermanfaat. Terima Kasih.

 

Sumber Referensi:

 

Sumber Gambar:

  • Shakehand – https://goo.gl/LF2wqx
  • Cartoon – https://goo.gl/K8kQXG
  • Silhouette – https://goo.gl/EjbybB
  • Building – https://goo.gl/up7ixJ