Sebelum mendaftar PPDB Jatim, peserta didik harus punya PIN terlebih dahulu. Cari tahu cara mendapatkan PIN di sini!

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

PPDB Jatim

Pendaftaran PPDB Jatim 2020 akan di buka mulai 15-16 Juni 2020. Sebelum memulai pendaftaran tersebut, peserta didik harus melakukan verifikasi rapor dan pengambilan Personal Identification Number (PIN) terlebih dahulu.

Nah, untuk pengambilan PIN bisa dilakukan mulai hari ini, Senin 8 Juni 2020 sampai 12 Juni 2020 melalui website ppdbjatim.net.

“Bagi Calon Peserta Didik yang akan mendaftar Jalur Afirmasi, Jalur Perpindahan Tugas Orang Tua, dan Jalur Prestasi Perlombaan, DIMOHON untuk melakukan proses pengambilan PIN paling lambat tanggal 12 Juni 2020,” sebagaimana tertulis di portal PPDB Jatim.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jatim Wahid Wahyudi mengatakan cara untuk mendapat pin dimulai dengan mengakses ppdbjatim.net. Setelah itu, calon siswa akan mendaftarkan dirinya di web tersebut.

“Calon siswa setelah masuk website ppdbjatim.net, pilih di menu pojok atas ada pendaftaran, lalu pilih ambil pin. Setelah itu ada 3 opsi calon siswa apakah lulusan Jatim 2020, lulusan Jatim tahun sebelumnya atau lulusan luar Jatim,” kata Wahid mengutip dari Detik, Senin (08/06).

Moms, Dana Pendidikan Itu Penting, Tapi Jangan Boros Dengan 5 Hal Berikut Ya 03 Sekolah Mahal - Finansialku

[Baca Juga: Resmi! PPDB Jawa Barat Dimulai Hari ini Secara Daring]

 

Setelah itu, lanjut Wahid, calon siswa diminta untuk log in menggunakan nomor ujian nasional dan nomor induk siswa nasional.

“Setelah itu calon siswa baru bisa log in. Di setiap opsi lulusan siswa ada tata cara sendiri,” terangnya.

 

Cara Mendapatkan PIN

Seperti yang sudah dijelaskan di atas, peserta didik wajib melakukan pengambilan PIN terlebih dahulu sebelum mulai pendaftaran PPDB Jatim. Adapun kategorisasi berbeda dari setiap tahap pengambilan PIN.

Berikut tata cara pengambilan PIN bagi calon peserta didik baru di Jawa Timur;

  1. Login ke situs ppdbjatim.net dengan menggunakan Nomor Peserta Ujian Nasional yang diberikan sekolah asal dan NISN;
  2. Melihat Data Nilai Rapor semester 1 sampai semester 5;
  3. Mengunggah Ijazah atau Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal;
  4. Mengisi data dan mengunggah Kartu Keluarga (KK) dan/atau Surat Keterangan Domisili;
  5. Menentukan titik lokasi rumah;
  6. Saat login selanjutnya (setelah 2-3 hari), jika data sudah diverifikasi oleh sekolah maka calon peserta didik dapat mengunduh PIN.

 

Sedangkan tata cara pengambilan PIN bagi siswa lulusan Jatim tahun 2020 yang tidak/belum diisikan oleh sekolahnya adalah sebagai berikut;

  1. Login ke situs ppdbjatim.net dengan menggunakan Nomor Peserta Ujian Nasional yang diberikan sekolah asal dan NISN.
  2. Mengisi nilai rapor semester 1 sampai dengan semester 5 dan mengunggah foto rapor per semester.
  3. Mengunggah Ijazah atau Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal.
  4. Mengisi data dan mengunggah Kartu Keluarga (KK) dan/atau Surat Keterangan Domisili.
  5. Menentukan titik lokasi rumah.
  6. Saat login selanjutnya (setelah 2-3 hari), jika data sudah diverifikasi oleh sekolah maka calon peserta didik dapat mengunduh PIN.

 

Untuk tata cara pengambilan PIN bagi siswa luar Jatim atau lulusan Jatim tahun lalu sebagai berikut;

  1. Untuk Siswa Lulusan SMP luar Jatim, mengisi identitas pribadi: NISN, Nama siswa sesuai ijazah dalam kapital, nama sekolah asal sesuai ijazah.
  2. Untuk Siswa Lulusan SMP Jatim tahun lalu, mengisi identitas pribadi: NISN, Nomor Peserta Ujian Nasional sesuai Ijazah/SHUN, Nama siswa sesuai Ijazah dalam huruf kapital, pilih sekolah asal yang ada dalam sistem.
  3. Mengisi nilai rapor semester 1 sampai semester 5 dan mengunggah foto rapor per semester.
  4. Untuk lulusan SMP luar Jatim, mengisi nilai rata-rata nilai ujian nasional sekolah tahun 2019 dari sekolah asal dengan melihat di situs: https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/ dan diverifikasi oleh operator dari SMA/SMK.
  5. Mengunggah Ijazah atau Surat Keterangan Kelulusan yang dikeluarkan oleh sekolah asal.
  6. Mengisi data dan mengunggah Kartu Keluarga (KK) dan/atau Surat Keterangan Domisili.
  7. Menentukan titik lokasi rumah.
  8. Sistem memberikan akun dan password untuk login selanjutnya (setelah 2-3 hari) agar dapat melihat hasil verifikasi petugas.
  9. Saat login selanjutnya (setelah 2-3 hari), jika data sudah diverifikasi oleh sekolah maka calon peserta didik dapat mengunduh PIN.

 

Bagaimana Caranya Menyekolahkan Anak dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Pandemi, Bagaimana Nasib Dana Pendidikan?

Meski di tengah pandemi, pendidikan anak tetap harus terus berjalan. Namun, tidak bisa dipungkiri pula kondisi ekonomi sedang tidak menentu. Lantas, apa yang harus kita lakukan untuk mengamankan dana pendidikan?

Secepatnya dari sekarang, atur keuanganmu supaya setiap rupiah yang keluar bisa dipakai dengan tepat guna.

Jika kamu bingung caranya, kamu bisa gunakan aplikasi Finansialku yang memiliki fitur-fitur lengkap untuk mengatur keuanganmu.

Ada fitur pencatatan keuangan; anggaran; rencana keuangan; kelas online; artikel, video, dan podcast edukasi keuangan; cek kesehatan keuangan; hingga Konsultasi dengan Perencana Keuangan.

Kamu bisa coba aplikasinya sekarang dan dapatkan free trial akun Premiumnya selama 30 hari.

Aplikasi ini akan sangat berguna buat Sobat Finansialku semua, apalagi di tengah pandemi ini. Tidak ada salahnya untuk mencoba sesuatu yang baik bukan?

Yuk, coba download aplikasinya di Google Play Store maupun Apple Apps Store berikut ini. Dapatkan juga potongan Rp 50 ribu bagi Sobat Finansialku yang ingin upgrade akun ke premium dengan memasukkan kode CUAN50!

 

Perhatikan baik-baik tata cara pendaftaran PPDB, ya, Sobat Finansialku.

Setelah itu, sebarkan informasi ini lewat berbagai platform yang tersedia kepada kawan atau sanak-saudara, agar mereka tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Dipna Videlia Putsanra. 08 Juni 2020. Syarat Ambil PIN PPDB Jatim 2020: SKL/Ijazah, KK, Surat Domisili. Tirto.id – https://bit.ly/3dM0GDX
  • Dian Effendi. 08 Juni 2020. Simak Cara Pengambilan PIN Untuk Calon Siswa Baru PPDB Jatim 2020. Ringtimesbanyuwangi.com – https://bit.ly/30nHsjW
  • Luthfia Ayu Azanella. 08 Juni 2020. PPDB Jatim 2020: Tahapan, Jadwal, dan Cara Mendapatkan PIN. Kompas.com – https://bit.ly/2AjuCc3
  • Faiq Azmi. 08 Juni 2020. Masih Bingung, Begini Cara Mendapatkan PIN PPDB SMA/SMK Jatim. Detik.com – https://bit.ly/3dMl0VB

 

Sumber Gambar:

  • PPDB – https://bit.ly/2UoZrmB