BPJS Kesehatan mendapatkan bantuan dari Ping An Insurance berupa sistem Informasi. Seperti apa profil perusahaan asuransi penyelamat BPJS Kesehatan ini?

Kali ini Finansialku akan membahasnya. Yuk simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Asuransi Terbesar China ‘Ping An Insurance’

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan untuk mengatasi defisitnya BPJS Kesehatan.

Perusahaan asuransi asal China, Ping An menawarkan bantuan ke BPJS Kesehatan menghadapi masalah defisit keuangan. Bantuan yang ditawarkan bukan berupa investasi atau semacamnya, melainkan perbaikan sistem IT.

Defisit BPJS Kesehatan Bisa Terselamatkan oleh ‘China’ 01 - Finansialku

[Baca Juga: Defisit BPJS Kesehatan Bisa Terselamatkan oleh ‘China’?]

 

Luhut mengatakan:

“Jadi, kemarin itu Ping An menawarkan, mungkin mereka membantu evaluasi sistem IT-nya. BPJS juga melihat beberapa kelemahan yang perlu diperbaiki.”

 

Mengutip dari Forbes, Ping An Insurance merupakan asuransi terbesar di China dengan kapitalisasi pasar US$180 miliar. Angka tersebut setara dengan Rp2.520 triliun (kurs Rp14.000/US$).

Pada tahun 2014, Ping An Insurance mendapatkan penjualan sebesar US$59 miliar dengan profit US$4,6 miliar.

Ping An Insurance Group menempati peringkat ke-62 dalam daftar Global 2000, sebuah daftar perusahaan terbesar di dunia yang diperingkat oleh majalah bisnis Forbes, dengan total nilai pasar (market value) US$66,1 miliar dan total aset sebesar US$552,8 miliar.

Ping An Insurance merupakan subsidiari dari PA, holding jasa keuangan asal China. Perusahaan ini memiliki layanan asuransi, perbankan, investasi, dan bisnis teknologi

Perusahaan ini menjadi salah satu pelopor penerapan teknologi canggih di bidang asuransi. Ping An Good Doctor merupakan portal kesehatan miliknya dan memiliki pengguna aktif 30 juta per bulan.

Ping An Healthcare and Technology aplikasi seluler untuk pemesanan berobat ke rumah sakit telah digunakan oleh 800 juta pelanggan di 70% kota di China.

Tak hanya terkenal sebagai perusahaan asuransi, Ping An Insurance juga dikenal sebagai salah satu pelopor penerapan teknologi kecerdasan buatan (artificial intelligence) dalam dunia asuransi.

Ping An sendiri telah mengembangkan Al untuk influenza, diabetes hingga penyakit lainnya. Ping An memiliki sistem IT facial recognition technology sampai voiceprint recognition technology.

CEO Ping An Technology, Ericson Chan mengatakan jika perusahaannya juga telah mengembangkan sistem AI yang bisa memprediksi kemungkinan seorang pasien menderita penyakit kronis tertentu bahkan sebelum gejala fisik muncul.

Sistem ini juga dapat mengidentifikasi penyakit menular dengan akurasi tinggi. Ericson Chan mengatakan:

“Kita bisa memprediksinya dalam lima menit, jadi jauh lebih efisien, jauh lebih akurat. Setelah itu, kita bahkan bisa meminta teknologi AI menindaklanjutinya dengan pasien.”

 

Oh iya, Anda perlu untuk merencanakan keuangan Anda dengan matang sejak dini. Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini agar Anda bisa merencanakan keuangan dengan tepat dan menjaga kondisi keuangan tetap sehat.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Bagaimana tanggapan Anda setelah membaca artikel di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 23 Agustus 2019. Siapa Ping An Insurance, Calon Penyelamat BPJS Kesehatan. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2L7otRr
  • Admin. 23 Agustus 2019.Luhut: Asuransi China Tawarkan Benahi TI BPJS Kesehatan. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/2Z9Nohc

 

Sumber Gambar:

  • Ping An Insurance – http://bit.ly/2zhlTTE