Profesi perencana keuangan di Indonesia adalah profesi yang boleh di bilang baru. Tidak semua orang mengenal dengan profesi perencana keuangan (independent financial planner). Finansialku akan membagikan informasi mengenai profesi perencana keuangan di Indonesia.

 

Rubrik Finansialku:

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Profesi Perencana Keuangan di Indonesia

Profesi perencana keuangan sebenarnya sudah ada sejak lama, namun dikenal dengan istilah konsultan keuangan keluarga. Sekitar tahun 2000an, muncul sertifikasi profesi di bidang perencanaan keuangan. Sertifikasi profesi ini bertujuan agar para perencana keuangan (konsultan keuangan keluarga) lebih professional dalam bekerja, memiliki standar pengetahuan, pengalaman dan kompetensi, patuh terhadap regulasi dan etika.

 

CFP Certified Financial Planner FPSB Indonesia Financial Planning Standards Board

 

Hingga tahun 2015, sertifikasi profesi perencana keuangan yang diakui pemerintah Indonesia adalah sertifikasi CFP (Certified Financial Planner). Lisensi CFP adalah lisensi yang diakui dunia untuk bidang perencanaan keuangan. Ada banyak tahapan yang harus dilalui untuk menjadi seorang CFP, seperti pendidikan keuangan, pengalaman di bidang keuangan, memahami dan patuh pada kode etik dan lulus ujian sertifikasi profesi.

 

Profesi perencana keuangan di Indonesia saat ini jumlahnya masih belum banyak. Kurang lebih jumlah perencana keuangan aktif sekitar 1.000an orang. Mayoritas dari mereka adalah perencana keuangan yang terikat pada perusahaan keuangan, seperti agen asuransi, tenaga penjual di sekuritas dan bank.

 Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan yang independen. Kami tidak menjual produk keuangan apapun, kami hanya menawarkan jasa konsultasi, seminar dan pelatihan serta aplikasi untuk mengelola dan merencanakan keuangan keluarga (sedang kami kembangkan). Jika teman-teman berkonsultasi dengan Finansialku atau perencana keuangan independen lainnya, teman-teman akan mendapatkan sebuah buku yang berisi rencana keuangan (book plan).

 Apa saja isi sebuah book plan? Book plan tersebut isinya mengenai profil Anda dan keluarga, data-data pribadi Anda dan keluarga, kondisi keuangan saat ini, tujuan-tujuan keuangan Anda dan bagaimana strategi untuk mendapatkan tujuan keuangan Anda (investasi apa, berapa jumlah yang harus diinvestasikan, kapan harus investasi, bagaimana strategi dan rencana investasinya).

 

Mengapa Profesi Perencana Keuangan Penting untuk Keluarga Saya?

Masyarakat Indonesia saat ini dihadapkan dengan banyak tantangan dalam mengelola keuangan keluarga, contoh: cara memulai dp rumah, melunasi utang rumah, memiliki kendaraan, menyiapkan dana pendidikan anak, mengelola risiko kesehatan, mempersiapkan dana pensiun (dana hari tua) dan lain sebagainya.

Disisi lain tidak semua orang mengenal pendidikan keuangan, bagaimana mengelola keuangan, investasi, asuransi dan perhitungan keuangan. Profesi perencana keuangan hadir untuk membantu Anda mengelola keuangan keluarga.

Semua orang sukses selalu punya rencana untuk menjadi sukses. Begitu pula dengan Anda, tentu saja ingin memenuhi tujuan-tujuan keuangan Anda. Anda perlu sebuah rencana yang matang.

 

Kesimpulan

Profesi perencana keuangan di Indonesia adalah profesi yang baru dan mungkin belum semua orang mengenal. Profesi perencana keuangan sangat dibutuhkan oleh masyarakat Indonesia untuk membantu mencapai tujuan-tujuan keuangan – #IndonesianDreams.

 

Sumber Gambar:

  • Financial Planner – http://goo.gl/JG04JH

 

Download Ebook Perencanaan Keuangan

dan ayo mulai menetapkan tujuan keuangan Anda! 

Ebook Perencanaan Keuangan (Menetapkan Tujuan dan Mewujudkannya)

Download Sekarang

Baca E-Magazines #IndonesianDreams

Edisi Febuari 2015

Baca E Magazine Sekarang!