Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Kota Bogor diperpanjang selama satu bulan. Kenapa?

Ketahui informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

PSBB Bogor Resmi Diperpanjang Satu Bulan

Kamis (04/06), Bima Arya Sugiarto, Wali Kota Bogor, melalui konferensi pers secara virtual di youtube menyatakan rencana untuk memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Bogor diperpanjang selama satu bulan ke depan.

“Kami menyepakati melanjutkan penerapan PSBB proporsional di masa transisi ini.” Kata Bima Arya, dikutip laman metro.tempo.co, Kamis, (04/06).

Tapi Bima Arya menyebutkan, PSBB kali ini akan berbeda dengan PSBB di periode sebelumnya.

“Jadi, ini masih era PSBB tetapi tidak sama dengan PSBB sebelumnya. Dan belum juga memasuki normal baru seperti yang sering disampaikan. Karena itu, ini adalah PSBB di masa transisi menuju normal baru dengan penguatan-penguatan pada aspek pengawasan dan edukasi, penguatan pada wilayah seperti RT dan RW siaga.” Jelasnya, dikutip dari laman news.detik.com, Kamis (04/06).

PSBB Bogor Resmi Diperpanjang Satu Bulan! Kenapa 02

[Baca Juga: 4 Aturan KRL Baru Selama New Normal yang Perlu Diketahui]

 

Bima Arya mengatakan, hal ini dilakukan dengan alasan kalau pihaknya masih perlu waktu untuk mengkaji Kota Bogor apakah bisa melangkah ke tahap selanjutnya, yaitu new normal.

“Kami melihat perlu waktu yang cukup untuk melakukan kajian review berdasarkan data-data yang disampaikan oleh tim pakar epidemiologi. Dua minggu adalah waktu yang terlalu singkat, dua minggu selama ini merujuk pada masa inkubasi yang selama ini 14 hari. Tapi saya kira kami bisa mematok waktu yang lebih lebar lagi dan sepakati selama satu bulan.” Sambungnya.

Selain itu, selama satu bulan PSBB ini juga akan diberlakukan fase kedua, yaitu tahapan-tahapan yang masih mungkin untuk dibuka dengan berpedoman pada zonasi yang ditentukan oleh Pemprov Jawa Barat.

“Kami akan segera menyusun Perwali yang di dalamnya ada tahapan-tahapan selama satu bulan. Sektor-sektor yang akan dibuka bisa mall misalnya, ataupun bisa sektor-sektor lain tergantung dari status yang akan diputuskan atau diterapkan oleh provinsi malam ini (Kamis, red). Setelah itu, kita akan terus mengevaluasi bersama-sama dengan unsur Forkopimda, mengawasi ke lapangan, berkoordinasi. Pak Sekda juga akan koordinasikan kebutuhan budget-nya, karena otomatis segala perubahan kebijakan akan ada konsekuensinya dalam hal budget.” Tutur Bima, dikutip laman news.detik.com, Kamis (04/06).

 

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

PSBB Bekasi Juga Diperpanjang

Selain Kota Bogor, Kota Bekasi juga turut memperpanjang masa Pembatasan Sosial Berskala Besar.

Berbeda dengan Kota Bogor, Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi tidak menyebutkan lama masa PSBB periode saat ini.

“PSBB pasti diperpanjang, hanya pada pola adaptasi.” Kata Rahmat melalui pesan tertulis yang dikutip laman megapolitan.kompas.com, Kamis (04/06).

Adapun alasan kenapa PSBB Bekasi diperpanjang, adalah karena kasus Covid-19 di Bekasi masih belum melandai dan masih ada zona merah yang jumlahnya fluktuatif.

“Kalau darurat bencananya, ‘kan Pak Kepala BNPB bilang sekarang daruratnya di Nasional, tidak per daerah. Tapi kalau PSBB-nya tentunya diperpanjang karena virusnya masih ada, hanya namanya PSBB-nya saat ini sudah beradaptasi dengan new normal atau dengan tatanan baru. Nah ini lagi digodok bahasanya yang tepat apa.” Lanjut Rahmat dikutip dari laman serupa.

Sementara itu, sedikit berbeda dengan Kota Bekasi, Pemerintah Kabupaten Bekasi sudah mulai menerapkan PSBB parsial mulai hari ini, Jumat (05/06).

“PSBB parsial sebagai bentuk penyesuaian menuju New Normal. Mulai besok (Jum’at, red), Kabupaten Bekasi menerapkan PSBB parsial. Penyesuaian secara parsial, karena untuk menuju New Normal itu enggak bisa langsung bebas sebebas-bebasnya, masih kita batasi.” Kata Eka Supria Atmadja selaku Bupati Bekasi, dikutip laman jabar.sindonews.com, Kamis (04/06).

Pada PSBB parsial ini, akan ada beberapa spesifikasi zona atau sektor yang diperbolehkan untuk beroperasi, di antaranya adalah industri, perdagangan, pemukiman, dan sosial kemasyarakatan.

Adapun sektor industri yang sudah diperbolehkan untuk beroperasi selama PSBB parsial antara lain, pabrik otomotif, dan elektronik.

Sementara sektor industri yang masih dibatasi operasionalnya salah satunya adalah garmen, karena jarak para pekerja yang berdekatan.

Sementara itu, hotel, restoran, dan mal sudah boleh dibuka selama penerapan PSBB parsial.

Meskipun untuk mal sendiri, nantinya akan ada peraturan khusus, di mana toko-toko yang ada di dalamnya akan diberikan nomor yang nantinya akan digunakan untuk pembukaan aturan ganjil genap.

 

Yakin Sudah Siap New Normal?

Meski beberapa wilayah belum menunjukkan tanda-tanda untuk menghentikan PSBB secara penuh, tapi ada bentuk adaptasi secara perlahan pada tatanan kehidupan baru yang mengharuskan kita berdampingan dengan virus corona.

Fix! Rabu Depan Bodebek Akan Terapkan PSBB, Wargi Siap_ 02

[Baca Juga: Daftar Peluang Bisnis yang Menjanjikan Saat New Normal]

 

Bukan hanya kesehatan dan mental yang penting diperhatikan saat new normal benar-benar diterapkan, tapi juga kesiapan anggaran keuangan kita.

Karena dengan adanya new normal, berarti ada perubahan pos dalam anggaran yang harus ditambah atau dikurangi.

Untuk itu, sebelum terlambat, mari kita sama-sama membenahi anggaran keuangan kita dan menyesuaikan semuanya dengan kehidupan dan kebutuhan di masa new normal nanti.

Lalu, bagaimana caranya? Sobat Finansialku bisa mengetahui cara selengkapnya di artikel kami, dengan menekan tombol di bawah ini!

Saya Mau Tahu Tips Mempersiapkan Keuangan Saat New Normal

 

Bagaimana pendapat Sobat Finansialku mengenai informasi di atas? Mari kita diskusikan di kolom komentar!

Jika dirasa penting, Sobat Finansialku bisa menyebarkan berita ini lewat pilihan platform yang tersedia di bawah kepada rekan atau keluarga tercinta. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Abdullah M Surjaya. 4 Juni 2020. Kabupaten Bekasi Mulai 5 Juni Terapkan PSBB Parsial, Pabrik Boleh Beroperasi Kembali. Jabar.sindonews.com – https://bit.ly/371JasJ
  • Cynthia Lova. 4 Juni 2020. Kota Bekasi Juga Perpanjang PSBB tetapi Mulai Adaptasi New Normal. kompas.com – https://bit.ly/30ecoDh
  • Solihin. 4 Juni 2020. Ini Alasan Bima Arya Perpanjang PSBB Kota Bogor Selama 1 Bulan. News.detik.com – https://bit.ly/2za9TqE
  • Husnul Khatimah. 04 Juni 2020. Resmi, PSBB Kota Bogor Diperpanjang Satu Bulan. Ayobogor.com – https://bit.ly/2XywJ4l

 

Sumber Gambar:

  • PSBB Bogor 01 – https://bit.ly/2Y1VuFf
  • PSBB Bogor 02 – https://bit.ly/3eUvh22