PSBB DKI diperpanjang pemerintah hingga 27 Agustus mendatang lantaran adanya penambahan kasus Covid-19 yang signifikan.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

PSBB DKI Diperpanjang

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta kembali memperpanjang Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama 14 hari ke depan hingga 27 Agustus mendatang.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan keputusan itu diambil dengan mempertimbangkan segala kondisi dan setelah berkonsultasi dengan pakar kesehatan khususnya epidemiolog, serta berkoordinasi dengan jajaran Forkopimda pada Kamis (13/08) kemarin.

“Kami memutuskan untuk kembali memperpanjang PSBB masa transisi di fase pertama ini untuk keempat kalinya hingga tanggal 27 Agustus 2020,” ujar Anies sebagaimana mengutip dari Kompas.com, Jumat (14/08).

Anies mengatakan bahwa setiap aktivitas sosial yang menyebabkan kerumunan akan dihentikan sementara, khususnya Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB) atau Car Free Day (CFD).

Bukan hanya itu saja, peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus mendatang, seluruh lomba dan perayaan juga ditiadakan di DKI Jakarta.

Anies memaparkan jumlah terkonfirmasi positif bertambah sebanyak 621 kasus baru sehingga total akumulasi kasus positif di DKI Jakarta menjadi 27.863.

Pemerintah Mulai Wacanakan Relaksasi PSBB Untuk Jaga Keseimbangan 01

[Baca Juga: Eureka! Rusia Temukan Vaksin Corona Bernama Sputnik V]

 

Adapun kasus Aktif di DKI Jakarta, atau pasien yang sedang menjalani perawatan di RS maupun isolasi mandiri, saat ini bertambah 119, sehingga total kasus aktif menjadi 9.044 orang.

“Alhamdulillah masyarakat yang telah dinyatakan sembuh di DKI Jakarta bertambah 489 orang, sehingga total secara kumulatif mencapai 17.838. Dengan kata lain, 64% dari kasus konfirmasi positif di DKI Jakarta telah kembali beraktivitas,” kata Anies mengutip dari cnbcindonesia.com.

“Adapun kasus terkonfirmasi positif yang meninggal dunia bertambah 13 orang, sehingga total menjadi 981 orang. Berdasarkan data itu, tingkat kematian Jakarta sebesar 3,5% dan masih di bawah Nasional yaitu 4,5%,” lanjut Anies.

Sementara itu, Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memaparkan pengetesan memakai alat PCR sangat membantu pemerintah dalam menekan wabah Covid-19 di Ibu Kota.

Selain itu pengetesan dilakukan sebagai upaya untuk menekan penularan Covid-19 secara masif. Terutama bagi yang terjangkit Covid-19 tanpa gejala klinis, mereka akan diminta isolasi mandiri di rumah.

 

Pendidikan Anak: Bagaimana Caranya MENYEKOLAHKAN ANAK dari TK sampai Sarjana, Tanpa Utang!

Silakan Download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Ebook Sekarang

 

Sebagai informasi, PSBB transisi telah diberlakukan sejak 5 Juni 2020. PSBB transisi mulanya dilaksanakan selama 28 hari atau sampai 2 Juli 2020.

Namun, Anies memutuskan untuk memperpanjang PSBB transisi selama 14 hari hingga 16 Juli. Karena jumlah kasus yang belum melandai, PSBB transisi kembali diperpanjang hingga hari ini.

 

Tetaplah tingkatkan kesadaran dan kewaspadaan dalam kondisi seperti ini, terapkan protokol kesehatan jika sedang di luar rumah, ya!

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:              

  • Ryana Aryadita Umasugi. 13 Agustus 2020. Anies Kembali Perpanjang PSBB Transisi Selama 14 Hari hingga 27 Agustus. Megapolitan.kompas.com – https://bit.ly/33ZyH1h
  • Fitriyandi Al Fajri. 13 Agustus 2020. Sore Ini Gubernur Anies Umumkan Perpanjangan PSBB Transisi Keempat Kalinya. Wartakota.tribunnews.com – https://bit.ly/3fTBNGr
  • Redaksi. 13 Agustus 2020. PSBB DKI Jakarta Diperpanjang Sampai 27 Agustus. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/33TyPj4