Rabobank Indonesia yang telah berdiri selama 29 tahun akhirnya tutup operasi. Apa penyebab Rabobank Indonesia berhenti operasi?

Agar lebih jelas mari simak penjelasannya berikut ini. Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Rabobank Berhenti Operasi

PT Bank Rabobank International Indonesia atau Rabobank Indonesia telah mengumumkan penghentian operasional di Indonesia secara bertahap, yang telah dimulai pada April ini.

Sebelumnya Rabobank telah beroperasi selama 29 tahun di Indonesia yang dimulai pada tahun 1990.

Dalam surat pemberitahuan kepada para nasabah loyal perusahaan per 22 April 2019, manajemen Rabobank Indonesia menegaskan bahwa penghentian operasional tersebut akan dilakukan secara bertahap.

Dalam suratnya tersebut, Presiden Direktur Rabobank Indonesia Jos Luhukay mengatakan:

“Setelah puluhan tahun Rabobank Indonesia, sebagai bagian dari Rabobank Group, telah bertumbuh dan berkembang bersama para nasabah, mitra, dan seluruh karyawan.”

 

Surat tersebut telah ditanda tangani oleh Jos Luhukay dan Sheky Lemasona selaku Business Banking Director Rabobank Indonesia. Jos mengatakan:

“Dengan berat hati kami sampaikan bahwa, pemegang saham pengendali telah memutuskan untuk menghentikan operasional Rabobank Indonesia.”

Rabobank Indonesia Berhenti Operasi, Beginilah Sejarahnya 02 Rabobank 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Dia Bank Terbaik dan Terbesar di Indonesia]

 

Menurut pihak Rabobank, keputusannya dalam menghentikan operasi ini merupakan keputusan yang sulit, meski begitu hal ini dilakukan karena bagian dari strategi global dari Rabobank Group terkait dengan visi Banking for Food.

Visi ini berfokus pada rantai pasokan internasional untuk sektor pangan dan agrikultur.

“Kami berkomitmen untuk menjalankan keputusan dari seluruh pemegang saham dengan sebaik mungkin dan memastikan proses pengembalian izin perbankan dan izin usaha kepada otoritas terkait Otoritas Jasa Keuangan berjalan dengan baik, lancar, dan sesuai dengan peraturan yang berlaku di Indonesia.”

 

Langkah pertama yang dilakukan dalam penghentian ini dengan menutup kantor cabang perusahaan yang hingga saat ini surat permohonan izin penutupan kantor cabang sudah disampaikan kepada OJK.

Selain itu, Rabobank Indonesia juga secara bertahap akan mengurangi layanan produk dan jasa perbankan yang selama ini diberikan kepada nasabah.

Pemberitahuan lebih rinci akan disampaikan dalam surat terpisah. Terkait dengan layanan Safe Deposit Box yang juga akan dihentikan.

Surat ini berfungsi sebagai pemberitahuan awal 3 bulan sebelumnya terhadap penghentian layanan tersebut. Dalam situs resminya, Rabobank Indonesia mulai beroperasi pada tahun 1990 dengan memberikan layanan perbankan korporasi.

 

Sejarah Rabobank

Rabobank Indonesia merupakan anak perusahaan dari Rabobank Group yang berpusat di Utrecht, Belanda. Sebagai anak perusahaan Rabobank Group, Rabobank Indonesia berfokus pada pembiayaan sektor dan agribisnis.

Pada mulanya Rabobank berdiri pada tahun 1898, dua bank koperasi yang berbeda yakni Cooperatieve Centrale Raiffeisen Bank di Utrecht dan Cooperatieve Centrale Boerenleenbank di Eindhoven didirikan oleh beberapa orang berjiwa wirausaha dari perdesaan.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Dimana kedua bank tersebut melayani komunitas pedesaan secara terpisah dan selama tiga perempat abad mempraktikkan prinsip koperasi dalam perbankan.

Di tahun 1972 kedua bank bergabung dan sepakat untuk menggunakan nama Rabobank Nederland, lalu Rabobank Internasional yang kemudian membuat kantor cabang di Eropa, Amerika Utara, Asia dan Amerika Selatan.

Pada 2008, Rabobank Indonesia mengembangkan bisnis dengan masuk ke pembiayaan ritel dan UKM. Pada akhir 2010, jaringan perusahaan mencakup 92 kantor cabang, cabang pembantu, dan kantor kas di 30 kota di Indonesia.

Pada 2017, Rabobank Indonesia melayani nasabah perbankan korporasi dan perbankan bisnis melalui 34 kantor cabang dan cabang pembantu di Jawa, Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi. 

Jika dilihat dari sisi neraca, aset Rabobank Indonesia mengalami penurunan 9% dari Rp13,1 triliun pada 2016 menjadi Rp11,9 triliun pada 2017.

Penurunan aset ini terjadi karena turunnya jumlah kredit yang disalurkan seiring dengan fokus kepada perbaikan proses internal dan pendekatan yang lebih berhati-hati dalam penyaluran kredit untuk mengurangi risiko kredit.

Berbagai risiko tentunya dapat terjadi apalagi berkaitan dengan keuangan. Oleh karena itu penting untuk Anda merencanakan keuangan dengan baik agar siap dalam menghadapi berbagai risiko.

Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Bagaimana pendapat Anda setelah membaca berita di atas? Berikan tanggapan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Tahir Saleh. 30 April 2019. Perhatian! Rabobank Indonesia Setop Operasi. Cnbcindonesia.com – http://bit.ly/2V5E9MW

 

Sumber Gambar:

  • Rabobank 1 – http://bit.ly/2IU8GHi
  • Rabobank 2 – http://bit.ly/2J8NnRl